Iklan

Iklan

Pertanyaan

Menurut proses pembentukannya, batuan pembentuk kulit bumi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu ....

Menurut proses pembentukannya, batuan pembentuk kulit bumi dibedakan menjadi 3 jenis yaitu ....  

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

batuan malihan disebut juga batuan metamorfosis.

batuan malihan disebut juga batuan metamorfosis.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Berdasarkan proses pembentukannya, batuan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan/metamorf. Batuan pertama adalah batuan beku. Batuan beku merupakan batuan keras yang terbentuk dari magma yang keluar dari perut bumi dan membeku karena mengalami proses pendinginan. Karena itu, batuan beku juga disebut sebagai bekuan. Batuan kedua adalah batuan sedimen. Batuan sedimen terbentuk dari batuan beku atau zat padat yang mengalami erosi di tempat tertentu kemudian mengendap dan menjadi keras. Batuan sedimen biasanya berlapis-lapis secara mendatar. Di antara batuan ini, seringkali ditemukan fosil-fosil. Batuan sedimen dapat dibagi berdasarkan proses pembentukannya, yaitu sedimen klastis, kimiawi, dan organik. Batuan ketiga adalah batuan malihan/metamorf. Batuan malihan terbentuk dari batuan beku atau batuan sedimen yang telah berubah wujud. Karena itu, batuan malihan disebut juga batuan metamorfosis.

Berdasarkan proses pembentukannya, batuan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yakni batuan beku, batuan sedimen, dan batuan malihan/metamorf.

Batuan pertama adalah batuan beku. Batuan beku merupakan batuan keras yang terbentuk dari magma yang keluar dari perut bumi dan membeku karena mengalami proses pendinginan. Karena itu, batuan beku juga disebut sebagai bekuan.

Batuan kedua adalah batuan sedimen. Batuan sedimen terbentuk dari batuan beku atau zat padat yang mengalami erosi di tempat tertentu kemudian mengendap dan menjadi keras. Batuan sedimen biasanya berlapis-lapis secara mendatar. Di antara batuan ini, seringkali ditemukan fosil-fosil. Batuan sedimen dapat dibagi berdasarkan proses pembentukannya, yaitu sedimen klastis, kimiawi, dan organik. Batuan ketiga adalah batuan malihan/metamorf.

Batuan malihan terbentuk dari batuan beku atau batuan sedimen yang telah berubah wujud. Karena itu, batuan malihan disebut juga batuan metamorfosis.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

nazcwa p xe3

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan proses pembentukannya batuan dibedakan menjadi tigamacam. Jelaskan ketiga proses pembentukan batuan tersebut!

188

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia