Roboguru

Menurut pendapatmu, bagaimana cara Pemerintah Jepang berkomunikasi dengan rakyat Indonesia sehingga mereka mendapat simpati dari rakyat Indonesia, padahal kita berbeda bahasa dengan mereka?

Pertanyaan

Menurut pendapatmu, bagaimana cara Pemerintah Jepang berkomunikasi dengan rakyat Indonesia sehingga mereka mendapat simpati dari rakyat Indonesia, padahal kita berbeda bahasa dengan mereka?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Setelah bangsa Indonesia lepas dari penderitaan akibat penjajahan Belanda selama kurang lebih tiga setengah abad, kini bangsa Indonesia memasuki penderitaan baru yakni dalam cengkeraman penjajahan Jepang. Namun, berbeda dengan penjajahan Belanda yang langsung ditentang bangsa Indonesia, Jepang mampu melakukan propaganda untuk menarik simpati rakyat Indonesia.

Dengan demikian, berikut ini cara Jepang menarik simpati masyarakat Indonesia, yaitu:

  1. Menyebarkan propaganda antara lain bahwa kedatangan Jepang bertujuan untuk membebaskan bangsa Indonesia dari penjajah Belanda karena Jepang merupakan “Saudara Tua” bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia oleh Jepang diajak bersama-sama membentuk “Kemakmuran bersama di kawasan Asia Timur Raya (Dai Toa)”.
  2. Mengijinkan penggunaan bahasa Indonesia di samping bahasa Jepang sebagai bahasa resmi.
  3. Mengikutsertakan tokoh-tokoh Indonesia dalam organisasi-organisasi resmi pemerintah Jepang, misalnya dalam Gerakan 3A yang dipimpin oleh Mr. Syamsuddin. Gerakan ini mempropagandakan peranan Jepang sebagai  Cahaya Asia,  Pelindung Asia, dan  Pemimpin Asia. Contoh lainnya adalah bahwa pemerintah Jepang juga mengangkat tokoh-tokoh nasional sebagai pemimpin Pusat Tenaga Rakyat (PUTERA).
  4. Menarik simpati umat Islam di Indonesia dengan mengizinkan organisasi Majelis Islam A’la Indonesia tetap berdiri.
  5. Mengijinkan Bendera Merah Putih dikibarkan berdampingan dengan bendera Jepang Hinomaru. Begitu juga lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan di samping lagu kebangsaan Jepang Kimigayo.
  6. Jepang membentuk beberapa badan kemiliteran untuk membantu para tentara Jepang dengan alasan, "Agar tidak ada bangsa lain lagi yang mau menjajah negara kalian, bantulah kami untuk mengusir mereka". Padahal Jepang hanya mau menyingkirkan saingan.
  7. Pada beberapa bulan menjelang kemerdekaan, Jepang membentuk beberapa badan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia namun juga mengawasi jalannya badan pembentukan tersebut dengan memasukkan beberapa anggota militer asal Jepang ke dalam badan tersebut. Mereka akan hadir dalam tiap rapat untuk mengawasinya.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pemerintah Jepang ingin menggunakan tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam rangka...

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa kedatangan Jepang ke Indonesia bertujuan untuk mendapatkan cadangan logistik dan bahan industri perang, seperti minyak tanah, timah, dan aluminium. Kedatangan Jepang di Indonesia disambut dengan senang hati oleh rakyat Indonesia. Jepang dielu-elukan sebagai “Saudara Tua” yang dipandang dapat membebaskan dari kekuasaan Belanda. Tentara Jepang juga mempropagandakan bahwa kedatangannya ke Indonesia untuk membebaskan rakyat dari cengkeraman penjajahan bangsa Barat. Jepang juga akan membantu memajukan rakyat Indonesia. Melalui program Pan-Asia Jepang akan memajukan dan menyatukan seluruh rakyat Asia. Untuk lebih meyakinkan rakyat Indonesia, Jepang menegaskan kembali bahwa Jepang tidak lain adalah “saudara tua”, jadi Jepang dan Indonesia sama. Bahkan untuk meneguhkan progandanya tentang Pan-Asia, Jepang berusaha membentuk perkumpulan yang diberi nama “Gerakan Tiga A”. akan tetapi, Gerakan Tiga A ini kurang mendapat simpati dari rakyat. Gerakan Tiga A hanya berumur beberapa bulan saja. Jepang menilai perhimpunan itu tidak efektif. Bulan Desember 1942 Gerakan Tiga A dinyatakan gagal.

Kegagalan Gerakan Tiga A ini membuat Jepang berusaha mengajak tokoh pergerakan nasional untuk melakukan kerjasama dalam menarik simpati rakyat Indonesia agar mendukung Jepang. Dukungan ini diperlukan karena perkembangan Perang Asia Timur Raya mulai tidak menggembirakan. Kekalahan Jepang di berbagai medan pertempuran telah menimbulkan rasa tidak percaya dari rakyat. Oleh karena itu, Jepang harus segera memulihkan keadaan. Jepang harus dapat bekerja sama dengan tokoh-tokoh nasionalis terkemuka, seperti Sukarno dan Moh. Hatta. Hal ini bertujuan agar  Jepang dapat menggerakkan seluruh rakyat melalui tokoh-tokoh nasionalis. Kemudian, Jepang membentuk organisasi massa yang dapat bekerja untuk menggerakkan rakyat. Akhirnya, pada bulan Desember 1942 dibentuk panitia persiapan untuk membentuk sebuah organisasi massa. Kemudian Sukarno, Hatta, K.H. Mas Mansur, dan Ki Hajar Dewantara dipercaya untuk membentuk gerakan baru. Gerakan itu bernama Pusat Tenaga Rakyat (Putera) dibentuk tanggal 16 April 1943. Tujuan Putera adalah untuk membangun dan menghidupkan kembali segala sesuatu yang telah dihancurkan oleh Belanda. Menurut Jepang, Putera bertugas untuk memusatkan segala potensi masyarakat Indonesia guna membantu Jepang dalam perang. Di samping tugas di bidang propaganda, Putera juga bertugas memperbaiki bidang sosial ekonomi.

Dengan demikian, pemerintah Jepang ingin menggunakan tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia dalam rangka menarik simpati rakyat Indonesia agar mendukung Jepang di Perang Asia dan juga agar Jepang dapat dengan mudah memobilisasi rakyat melalui para tokoh pergerakan nasional Indonesia. 

Roboguru

Lagu kemerdekaan Jepang yang wajib dinyanyikan di seluruh negara jajahanya berjudul ….

Pembahasan Soal:

Kedatangan Jepang pada umumnya diterima dengan penuh semangat. Rakyat percaya bahwa Jepang datang untuk memerdekakan dan Jepang makin disenangi karena segera mengizinkan dikibarkannya bendera nasional bangsa Indonesia dan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dua hal penting tersebut merupakan hal yang dilarang pada masa kolonial Belanda. Dukungan rakyat kemudian berubah seiring dengan berubahnya sikap Jepang, seperti larangan mengibarkan bendera Merah Putih dan hanya boleh mengibarkan bendera Hinomaru, serta mengganti lagu Indonesia Raya dengan lagu kebangsaan Jepang, Kimigayo.space 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.undefined 

Roboguru

Tokoh indonesia yang pernah bekerja di sendenbu adalah

Pembahasan Soal:

Sendenbu  adalah sebuah badan yang dibentuk oleh Kekaisaran Jepang dibawah struktur Departemen Propaganda Kekaisaran Jepang . Sendenbu adalah badan propaganda yang ditugaskan khusus di Pulau Jawa oleh Kekaisaran Jepang selama Perang Dunia II, badan ini berdiri pada Agustus 1942. Sendenbu juga bertugas pada bidang propaganda dan menyediakan informasi mengenai pemerintahan sipil bagi Kekaisaran Jepang di Pulau Jawa. Meskipun tugasnya berkenaan dengan urusan sipil, Sendenbu selalu dikepalai oleh seorang perwira Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Jawatan ini terbagi atas tiga seksi atau bagian, yaitu: Administrasi, Berita dan Pers, serta tentu saja yang utama Propaganda. Tokoh indonesia yg pernah bekerja di Sendenbu adalah: Soekarni, Mohammad Yamin, Chaerul Shaleh .Soekarni pada masa itu menjabat sebagai penasehat Sendenbu, sedangkan Muhammad Yamin dan Chaerul Shaleh menjadi Staff atau pegawai Sandenbu pada masa Pendudukan Jepang di Indonesia.undefined

Dengan demikian, Tokoh indonesia yang pernah bekerja di sendenbu adalah Soekarni, Mohammad Yamin, Chaerul Shaleh.

Roboguru

Kedatangan pasukan Jepang disambut gembira rakyat Indonesia karena ....

Pembahasan Soal:

Kedatangan Jepang disambut baik karena Jepang dianggap telah membebaskan Indonesia dari belenggu Pemerintah Hindia Belanda. Jepang berusaha menampilkan kebenciannya terhadap bangsa kulit putih dengan menyiksa tawanan Belanda di depan umum. Sebaliknya, Jepang membebaskan rakyat pribumi yang jadi tawanan politik Belanda. Sebelum bala tentara Jepang mendarat di Indonesia, mereka telah melakukan propaganda bahwa Jepang akan membebaskan rakyat Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Di awal kedatangannya pun, Jepang memutarkan lagu Indonesia Raya setiap hari lewat radio. Bendera Merah Putih juga dikibarkan oleh Jepang di samping bendera Jepang. Jepang mengenalkan diri sebagai "saudara tua" bangsa Indonesia karena sama-sama dari benua Asia.

Dengan demikian, kedatangan pasukan Jepang disambut gembira rakyat Indonesia karena Jepang dianggap telah membebaskan Indonesia dari belenggu Pemerintah Hindia Belanda.

Roboguru

Kedatangan Jepang di Indonesia pada awalnya disambut dengan senang hati oleh rakyat Indonesia. Jepang yang dipandang dapat membebaskan bangsa Indonesia dari kekuasaan Belanda. Hal itu disebabkan Jepan...

Pembahasan Soal:

Kedatangan Jepang di Indonesia pada awalnya disambut dengan senang hati oleh masyarakat. Hal tersebut karena Jepang dianggap dapat membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda. Jepang kemudian dielu-elukan sebagai "Saudara Tua". Hal tersebut juga tidak terlepas dari kepercayaan terhadap ramalan Jayabaya. Tentara Jepang selanjutnya mempropagandakan bahwa kedatangan mereka ke Indonesia adalah untuk membebaskan rakyat dari cengkraman penjajahan barat. Jepang selanjutnya membentuk sebuah organisasi yang diberi nama Gerakan 3A. Semboyan dari Gerakan 3A adalah Nippon Pelindung Asia, Nippon Pemimpin Asia, dan Nippon Cahaya Asia.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved