Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati teks eksplanasi berikut!


Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang berupa busur spektrum besar. Pelangi dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit setelah hujan ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.

Pelangi terlihat karena adanya pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Hal tersebut juga terjadi pada efek cahaya lainnya, misalnya warna kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.

Karena merupakan efek pembiasaan cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau saat sedang mendung.

Pelangi hanya akan tampak apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan pelangi harus berada dalam satu garis lurus. Jika tidak demikian maka pelangi tidak dapat terlihat.space 

Menurut pembagian strukturnya,paragraf ke-1 termasuk bagian struktur yang disebut ....

Menurut pembagian strukturnya, paragraf ke-1 termasuk bagian struktur yang disebut ....space 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

paragraf ke-1 merupakan bagian pernyataan umum.

paragraf ke-1 merupakan bagian pernyataan umum.space 

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi. Sebuah peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta juga proses. Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut. Pernyataan umum, berisikan pernyataan umum mengenai/tentang topik yang akan dijelaskan pada proses proses terjadinya/proses keberadaan. Urutan kejadian, berisi mengenai atau tentang detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan dengan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir. Interpretasi, berisi tentang atau mengenai kesimpulan dari topik yang telah dijelaskan. Menurut pembagian strukturnya,paragraf ke-1 termasuk bagian struktur yang disebutpernyataan umum karena berisi paparan umum tentang topik yang akan dijelaskan yaitu pelangi. Dengan demikian, paragraf ke-1 merupakan bagian pernyataan umum.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi. Sebuah peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta juga proses.

Struktur teks eksplanasi adalah sebagai berikut.

  • Pernyataan umum, berisikan pernyataan umum mengenai/tentang topik yang akan dijelaskan pada proses proses terjadinya/proses keberadaan.
  • Urutan kejadian, berisi mengenai atau tentang detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan dengan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai akhir.
  • Interpretasi, berisi tentang atau mengenai kesimpulan dari  topik yang telah dijelaskan.

Menurut pembagian strukturnya, paragraf ke-1 termasuk bagian struktur yang disebut pernyataan umum karena berisi paparan umum tentang topik yang akan dijelaskan yaitu pelangi.

Dengan demikian, paragraf ke-1 merupakan bagian pernyataan umum.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksplanasi

Kebahasaan Teks Eksplanasi

Menganalisis Teks Eksplanasi

Menyusun Teks Eksplanasi

500

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat berikut ini yang menyatakan pernyataan umum dalam sebuah teks eksplanasi adalah ....

899

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia