Roboguru

Menurut Paul H. Landis, desa adalah suatu wilayah yang penduduknya kurang dari 2.500 jiwa dengan ciri-ciri sebagai berikut .... Mempunyai pergaulan hidup yang saling mengenal. Adanya ikatan perasaan yang sama tentang kebiasaan. Cara berusaha bersifat agraris dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor alam. Merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat.

Pertanyaan

Menurut Paul H. Landis, desa adalah suatu wilayah yang penduduknya kurang dari 2.500 jiwa dengan ciri-ciri sebagai berikut ....

  1. Mempunyai pergaulan hidup yang saling mengenal.
  2. Adanya ikatan perasaan yang sama tentang kebiasaan.
  3. Cara berusaha bersifat agraris dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor alam.
  4. Merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat. 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Paul H. Landis mengungkapkan bahwa desa adalah suatu wilayah yang penduduknya kurang dari 2.500 jiwa. Desa memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Mempunyai pergaulan hidup yang saling mengenal, dengan hubungan kekeluargaan atau keakraban yang masih tinggi
  2. Adanya ikatan perasaan yang sama tentang kebiasaan, misal gotong-royong dan saling membantu
  3. Cara berusaha agraris dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor alam, dengan mata pencaharian utamanya dalam bidang pertanian

Sedangkan opsi nomor 4 bukan merupakan ciri desa, karena organisasi pemerintahan terendahnya berada di bawah kepala desa, bukan camat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Paul H. Landis mendefinisikan suatu desa memiliki hubungan pergaulan yang ditandai dengan derajat intensitas yang tinggi dengan jumlah penduduk kurang dari ...

Pembahasan Soal:

Menurut Paul H. Landis desa adalah daerah di mana hubungan pergaulannya ditandai dengan derajat intensitas yang tinggi dengan jumlah penduduk kurang dari 2500 orang. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Menurut P.H. Landis, penduduk desa tinggal bersama di suatu tempat dengan lahan pertanian di sekitarnya merupakan karakteristik permukiman dengan pola ....

Pembahasan Soal:

Persebaran desa sangat bergantung pada keadaan fisiografis alamnya sehingga bentuknya akan sangat bervariasi di tiap daerah. Menurut Pane H. Landis seorang sosiolog pedesaan menjelaskan bahwa pola sebaran lokasi pemukiman teurama di desa dibedakan menjadi empat kategori diantaranya:

  • The Farm Village Type
    Tipe desa ini penduduknya tinggal bersama di suatu tempat dengan lahan pertanian di sekitarnya. Masyarakat berkegiatan ekonomi di lahan pertanian tersebut.
  • The Nebulous Farm Type
    Tipe desa yang sebagian besar penduduknya tinggal bersama di suatu tempat dengan lahan pertanian di sekitarnya. Sebagian keil penduduk tersebar di luar pemukiman pokok.
  • The Arranged Isolated Farm Type
    Tipe desa yang penduduknya bermukim di sepanjang jalan utama desa yang terpusat pada pusat perdagangan dan lahan pertanian berada di sekitar pemukiman.
  • The Pure Isolated Type
    Tipe desa ini penduduknya tinggal secara terpisah dengan lahan pertanian dan masing-masing berpusat pada pusat perniagaan. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka penduduk desa tinggal bersama di suatu tempat dengan lahan pertanian di sekitarnya merupakan karakteristik permukiman dengan pola the farm village type.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Mayoritas warga Desa Dayakan di Gunung Kidul, Yogyakarta, memiliki mata pencarian sebagai petani. Setiap hari mereka berangkat pukul lima pagi untuk menggarap lahan. Tidak jarang mereka harus melewati...

Pembahasan Soal:

Menurut Landis, pada fenomena tersebut termasuk ke dalam the farm village type. Farm village type yaitu suatu desa dimana orang bermukim secara besama-sama dalam suatu tempat dengan sawah ladang yang berada di sekitar tempat mereka.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Berdasarkan tingkat perkembangannya, desa dengan ciri-ciri : Potensi desa sudah dikembangkan secara optimal, lapangan kerja sudah beragam, interaksi dengan wilayah lain makin intensif, tata kehidupan ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tingkat perkembangannya, desa dengan ciri-ciri : Potensi desa sudah dikembangkan secara optimal, lapangan kerja sudah beragam, interaksi dengan wilayah lain makin intensif, tata kehidupan yang digunakan berupa aturan hukum tertulis, adat sudah mulai pudar adalah desa dengan tipe swasembada. Desa seperti ini biasanya berada di kota kecamatan atau dekat dengan kota tapi bukan kelurahan. Perikehidupan warga desa ini sudah sangat maju dan bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Sudah menguasai teknologi dan memiliki berbagai alat untuk mendukung aktivitas ekonomi mereka karena warga desa ini memiliki pendidikan tinggi, pekerjan yang beragam dan pola berpikir yang udah sangat rasional. Warga desa Swasembada sudah tidak terikat adat-istiadat dan tidak lagi terisolir. Lokasinya yang dekat dengan kota membuat desa ini memiliki berbagai pilihan bagi warga untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERTANYAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Di Kepulauan Maluku penduduk pada umumnya bermukim di sepanjang pantai. SEBAB Pada awalnya penduduk yang...

Pembahasan Soal:

Penduduk di wilayah Kepulauan Maluku umumnya bermukim di sepanjang pantai, terutama di sepanjang pantai Kepulauan Ambon dan Pulau Seram. Maluku dikenal sebagai daerah yang kaya akan rempah terutama pala dan cengkeh. Orang yang pertama kali datang di Kepulauan Maluku adalah bangsa Austronesia-Melanesia, mereka merupakan pendatang yang menggantungkan hidupnya sebagai nelayan. Sedangkan, pedagang/ pencari rempah-rempah yang berasal dari China (abad ke-7), Arab (abad ke-9), ataupun Eropa (abad ke-14) hanya singgah untuk mengambil rempah-rempah, tidak menetap di wilayah Kepulauan Maluku.

Pernyataan benar, alasan salah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved