Roboguru

Menurut para ahli yang mendasari pembentukan lempeng-lempeng bumi, yang terus bergerak dan memicu gempa di berbagai wilayah, termasuk gempa-gempa di berbagai wilayah di Indonesia adalah teori ....

Pertanyaan

Menurut para ahli yang mendasari pembentukan lempeng-lempeng bumi, yang terus bergerak dan memicu gempa di berbagai wilayah, termasuk gempa-gempa di berbagai wilayah di Indonesia adalah teori ....undefined

Pembahasan Soal:

Pembentukan lempeng-lempeng bumi merupakan proses pembentukan bumi karena kulit bumi selalu mengalami perubahan. Teori apungan dan penggeseran benua (Continental Drift Theory) oleh Alfred Lothar Wegener merupakan salah satu teori perkembangan lapisan bumi yang mengemukakan bahwa pada awalnya benua-benua yang ada sekarang berasal dari satu benua yaitu benua Pangea. Setelah 200 juta tahun,  benua itu pecah menjadi dua yaitu benua Gondwana dan benua Laurasia.  Teori inilah yang mendasari pembentukan lempeng-lempeng bumi yang masih terus bergerak dan memicu terjadinya gempa-gempa yang terjadi di muka bumi. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Z. Silvia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan: (1) gerak penurunan suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut naik; (2) gerak naiknya suatu daratan, sehingga seolah-olah permukaan air laut turun; (3) penurunan Benua Selatan...

Pembahasan Soal:

Bukti pergerakan lempeng tektonik pada daerah yang luas dalam waktu yang lama sebenarnya sudah terbukti dalam teori-teori pembentukan permukaan bumi seperti berikut ini :

a.   Teori pembentukan bumi yang berasal dari lempeng besar Pangea.

b.   Teori pembentukan bumi yang berasal dari dua lempeng besar yaitu Gondwana dan Leurasia.

c.   Teori pembentukan bumi menurut Alfred Wegener yang berisi lima bukti mengenai pergeseran lempeng.

Teori diatas berlangsung sangat lama dan cakupannya sangat luas. Pada pernyataan (1) dan (2) kurang tepat karena pergerakan tersebut bisa sangat cepat tergantung beban berat pada permukaan bumi, begitu juga tergantung jumlah air yang mengairi permukaan bumi, oleh karena itu dua pernyataan diatas sangatlah cepat berlangsung. Jawaban yang tepat untuk nomor 5 adalah pernyataan (3), (4), dan (5)

Roboguru

Pergerakan lempeng tektonik dunia dipengaruhi oleh arus konveksi Bumi, misalnya pertemuan antara Lempeng Amerika Utara dan Lempeng Pasifik. Salah satu bukti adanya aktivitas lempeng tersebut yaitu ter...

Pembahasan Soal:

Pergerakan lempeng tektonik merupakan gerakan kerak bumi yang dapat menimbulkan retakan, lipatan, lekukan, dan patahan. Terdapat tiga macam pergerakan lempeng teknonik yakni:

  1. Gerakan divergen adalah gerakan lempeng-lempeng tetonik yang saling menjauh. Karena gerakan yang menjauh, timbul retakan-retakan yang menjadi jalan keluar magma, seperti punggung laut.
  2. Gerakan konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehinggga menimbulkan tumbukan. Salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya. Contohnya palung jawa dan mariana.
  3. Gerakan sesar adalah gerakan lempeng kulit bumi yang saling bergesekan dalam posisi yang sama datar dan sejajar, dengan berlawanan arah. Contohnya adalah sesar San Andreas di California, Amerika Serikat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Pernyataan: (1) Madagaskar menjauhi Afrika; (2) Greenland bergerak menjauhi daratan Eropa; (3) pantai barat Afrika memiliki lekuk yang sesuai dengan pantai timur Amerika Selatan; (4) benua Eropa d...

Pembahasan Soal:

Dalam teori pergerakan lempeng yang dikemukakan oleh Alfred Wagener ada beberapa bukti yang menyatakan Pergerakan Lempeng dunia, sebagai berikut:

  1. Adanya kesamaan garis pantai antara Benua Amerika Selatan dengan Benua Afrika.
  2. Jalur pegunungan yang terpotong oleh Samudra. Pegunungan Appalanchia yang terpotong oleh Pantai Newfoundland.
  3. Gerak pulau Madagaskar yang menjauh dari Benua Afrika.
  4. Gerak pulau Greenland yang menjauh dari Benua Eropa.

Oleh karena itu diambil jawaban yang tepat dengan teori pergerakan lempeng diatas adalah pernyataan nomor 1,2, dan 3 tepat pernyataan yang ada di soal.

Roboguru

Perhatikan gambar berikut. Coba jelaskan perkembangan benua-benua di dunia berdasarkan gambar di atas!

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar tersebut, benua di dunia berkembang sebagai berikut.

  1. Pada mulanya, seluruh benua yang ada saat ini menyatu dalam sebuah benua tunggal yang bernama Pangea.
  2. Kemudian, karena ada arus konveksi atau tenaga tektonik, benua Pangea tersebut terpecah menjadi dua, yaitu Laurasia dan Gondwana.
  3. Arus konveksi atau tenaga tektonik yang terus berlangsung di bumi menyebabkan benua Laurasia dan Gondwana terus terpecah dan bergerak seperti keadaan benua saat ini. Benua Laurasia merupakan cikal bakal dari benua Eropa, benua Asia, dan Amerika Utara. Sementara itu, benua Gondwana merupakan cikal bakal dari benua Australia, benua Antartika, India, dan Amerika Selatan. 
Roboguru

Jelaskan teori pembentukan muka bumi menurut Ed Suess.

Pembahasan Soal:

Edward Zuess (1884) mencetuskan teori dua benua (Laurasia-Gondwana Theory) yang berbunyi awalnya bumi terdiri dari dua benua yang sangat besar (Supercontinent) yaitu Laurasia dan Gondwana. Laurasia berada di kutub utara dan Gondwana di kutub selatan. Kedua benua ini bergerak perlahan mendekati ekuator hingga mengalami perpecahan yang membentuk benua-benua yang lebih kecil. Rotasi bumi menyebabkan sebagian benua terpencar di daerah ekuator dan belahan bumi barat. Laurasia terpecah menjadi benua Asia, Eropa, dan Amerika Utara, sedangkan Gondwana terpecah menjadi benua Afrika, Australia, dan Amerika Selatan.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved