Roboguru

Menurut Koppen, wilayah Indonesia dapat dibedakan menjadi wilayah iklim Af, Am, dan Aw. Contoh tersebut termasuk ke dalam ….

Pertanyaan

Menurut Koppen, wilayah Indonesia dapat dibedakan menjadi wilayah iklim Af, Am, dan Aw. Contoh tersebut termasuk ke dalam ….space

  1. Delimitasi kualitatifspace 

  2. Klasifikasi wilayahspace 

  3. Delimitasi kuantitatifspace 

  4. Generalisasi wilayahspace 

  5. Pewilayahan regionalspace 

Pembahasan Soal:

Perwilayahan (regionalisasi) adalah suatu proses penggolongan wilayah berdasarkan kriteria tertentu. Klasifikasi atau penggolongan wilayah dapat dilakukan secara formal maupun fungsional. Dalam perencanaan pembangunan, pemerintah harus memahami kondisi suatu wilayah karena setiap wilayah memiliki kondisi yang berbeda-beda. Penggolongan wilayah secara garis besar terbagi atas:

  1. Natural Region (Wilayah Alamiah atau Fisik); berdasarkan ketampakan alami, seperti wilayah pertanian dan kehutanan.
  2. Single Feature Region (Wilayah Ketampakan Tunggal); berdasarkan pada satu ketampakan, seperti wilayah berdasarkan iklim, hewan, atau iklim saja.
  3. Generic Region (Wilayah Berdasarkan Jenisnya); didasarkan pada ketampakan jenis atau tema tertentu. Misalnya di wilayah hutan hujan tropis yang ditonjolkan hanyalah flora tertentu seperti anggrek.
  4. Specific Region (Wilayah Spesifik atau Khusus); dicirikan kondisi grafis yang khas dalam hubungannya dengan letak, adat istiadat, budaya, dan kependudukan secara umum. Misalnya wilayah Asia Tenggara, Eropa Timur, dsb.
  5. Factor Analysis Region (Wilayah Analisis Faktor); berdasarkan metoda statistik-deskriptif atau dengan metoda statistik-analitik. Penentuan wilayah berdasarkan analisis faktor terutama bertujuan untuk hal-hal yang bersifat produktif, seperti penentuan wilayah untuk tanaman jagung dan kentang.

Berdasarkan soal diatas, wilayah iklim Af, Am, dan Aw termasuk kedalam Natural Region (Wilayah Alamiah atau Fisik), karena wilayah tersebut didasarkan ilkim yang bersifat alamiah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Ridha

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel berikut ini!   Perbedaan antara kawasan dan wilayah yang tepat ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Kawasan merupakan bagian dari wilayah yang terbentuk karena tujuan tertentu. Sementara itu, wilayah merupakan bagian dari permukaan bumi yang terbentuk karena adanya persamaan fenomena di dalamnya yang bisa membedakannya dengan wilayah lain di sekitarnya.space 

Jadi ,pilihan jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berdasarkan karakteristik pewilayahan formal dan fungsional, mana tingkat kesulitan yang lebih tinggi dalam penentuan batas wilayah di antara keduanya? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Perwilayahan dapat dilakukan melalui berbagai pertimbangan, seperti melihat hubungan antarunit wilayah maupun kesamaan karakteristik di dalamnya.

  • Pewilayahan formal dilakukan berdasarkan homogenitas fenomena/keseragaman karakteristik tertentu yang ditinjau berdasarkan kondisi fisik (alam) maupun sosial budaya. Homogenitas dalam perwilayahan formal dapat dilihat dengan menggunakan satu kriteria atau lebih. Meskipun ada lebih dari satu kriteria yang digunakan, tetapi hasil penentuan batas wilayah formal cenderung statis dan sulit untuk berubah.
  • Pewilayahan fungsional merupakan wilayah yang didasarkan pada unit-unit wilayah yang saling berhubungan, dan mereka punya fungsi & karakteristiknya masing-masing. Hubungan antarunit wilayah dicirikan dengan adanya arus transportasi dan komunikasi. Batas wilayah fungsional bersifat dinamis karena hal ini tergantung pada kekuatan interaksi antarunit dan fungsi dari tiap-tiap unit.

Dari penjelasan tersebut, penentuan batas wilayah fungsional dapat dikatakan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi  karena sifat batas dan luas wilayahnya yang dinamis atau mudah berubah.

0

Roboguru

Jika proses regionalisasi dilakukan melalui pemanfaatan data curah hujan, temperatur dan kelembapan udara maka region yang terbentuk merupakan ....

Pembahasan Soal:

Regionalisasi dikenal juga dengan istilah perwilayahan, merupakan proses penggolongan wilayah menurut suatu kriteria. Regionalisasi yang dilakukan dengan memanfaatkan data curah hujan, temperatur dan kelembapan udara akan membentuk combined topic region. Combined topic region merupakan wilayah yang didasarkan pada gabungan dari beberapa variabel dalam satu dimensi yang sama. Curah hujan, temperatur dan kelembapan udara merupakan variabel pembentuk iklim, sehingga regionalisasi berdasarkan data tersebut akan menghasilkan wilayah iklim dan tergolong pada combined topic region.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Pewilayahan secara formal melalui delimitasi kualitatif seperti dalam pembuatan peta penggunaan lahan, dilakukan dengan cara.....

Pembahasan Soal:

Delimitasi kualitatif merupakan cara penentuan batas terluar suatu wilayah berdasarkan kenampakan-kenampakan yang dominan pada suatu tempat. Di dalam konsep ini, cara yang ditekankan bukan batas-batas wilayah, melainkan inti wilayah tersebut, seperti lahan apa saja yang digunakan. Hal itu disebabkan wilayah tersebut merupakan bagian yang dianggap mewakili wilayah yang bersangkutan.

0

Roboguru

Berikut ini contoh wilayah buatan yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Wilayah buatan adalah wilayah yang komponen penyusunnya dihasilkan dari aktivitas manusia. Salah satu contohnya adalah pecinan atau kampung Cina. Pecinan adalah sebuah kawasan permukiman yang mayoritasnya dihuni oleh orang-orang Cina. Sementara itu, wilayah hutan alam, perbukitan karst, Kepulauan Mentawai, dan Pegunungan Meratus termasuk dalam jenis wilayah alamiah. space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved