Roboguru

Menurut Fisher ada empat tahapan dinamika konflik. Susunlah tahapan dinamika konflik dengan benar! konfrontasi krisis prakonflik pascakonflik

Pertanyaan

Menurut Fisher ada empat tahapan dinamika konflik. Susunlah tahapan dinamika konflik dengan benar!

  1. konfrontasi
  2. krisis
  3. prakonflik
  4. pascakonflik
  1. 1, 2, 3, dan 4space 

  2. 3, 1, 2, dan 4space 

  3. 2, 1, 4, dan 3space 

  4. 2, 3, 4, dan 1space 

  5. 3, 2, 1, dan 4space 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan dinamika konflik menurut Simon Fisher,

Pada kehidupan sosial masyarakat terdiri dari banyak komponen-komponen sehingga mengakibatkan perbedaan-perbedaan yang akan memicu sebuah konflik yang ada di masyarakat. Yang mana konflik merupakan pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Sehingga terjadinya konflik ini dapat mengakibatkan perpecahan dan disintegrasi dilingkungan masyarakat karena kehilangan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat. 

Dalam sebuah konflik terjadi memiliki dinamika atau tahapan-tahapan konflik, salah satu tokoh sosiologi  Simon Fisher , tahapan dinamika konflik meliputi hal-hal berikut.

  1. Prakonflik, adalah periode pada saat terdapat suatu ketidaksesuaian sasaran di antara dua pihak atau lebih, sehingga timbul konflik. Konflik masih relatif tersembunyi dari pandangan umum, meskipun satu pihak atau lebih mungkin telah mengetahui potensi terjadinya konfrontasi. Pada tahap ini, biasanya terdapat ketegangan hubungan di antara sejumlah pihak dan/atau keinginan untuk menghindari kontak satu sama lain.
  2. Konfrontasi, memperlihatkan suatu tahap di mana konflik mulai terbuka. Jika hanya satu pihak yang merasa ada masalah, mungkin para pendukungnya berangsur melakukan aksi demonstrasi atau perilaku konfrontatif lainnya. Arena pertikaian atau kekerasan pada tingkat rendah lainnya terjadi di antara kedua pihak.
  3. Krisis, yang merupakan puncak konflik. Di tahap krisis, konflik pecah menjadi bentuk aksi-aksi kekerasan yang dilakukan secara intens dan melibatkan sejumlah besar orang (massal). Konflik skala besar ini biasanya merupakan periode perang, ketika orang-orang dari kedua belah pihak terbunuh dan terjadi kerusakan harta benda yang parah.
  4. Pasca konflik, terjadi ketika situasi konflik diselesaikan dengan cara mengakhiri berbagai konfrontasi kekerasan, mengurangi ketegangan, hingga hubungan mulai pulih kembali antara pihak-pihak yang berkonflik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah nomor B 3, 1, 2, dan 4space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konflik sosial muncul karena adanya benturan antara dua unsur dalam masyarakat yang mengharuskan salah satunya berakhir. Pernyataan ini berasal dari …..

Pembahasan Soal:

Kata konflik berasal dari Bahasa Latin yaitu "configere" yang memiliki arti saling memukul.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik diartikan sebagai pertentangan, percekcokan, perselisihan.
Secara sosiologis, konflik didefinisikan sebagai proses sosial antara dua orang atau lebih yang berusaha untuk menyingkirkan pihak lawannya dengan cara menghancurkan.
Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia munculnya konflik karena adnaya benturan antara dua unsur dalam masyarakat yang mengharuskan salah satunya berakhir. space

0

Roboguru

Faktor penyebab konflik sosial menurut teori fungsional struktur adalah...

Pembahasan Soal:

Menurut teori fungsionalisme struktural, konflik sosial terjadi karena tidak berfungsinya suatu struktur dalam sistem sosial. Dalam hal ini suatu kelompok tidak menjalankan fungsinya masing-masing sehingga menimbulkan konflik.

0

Roboguru

Perhatikan macam-macam konflik di bawah ini dengan seksama! Konflik ekonomi Konflik rasial Konflik politik Konflik internasional Konflik terbuka Konflik pribadi Berdasarkan macam-macam konfl...

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto menyebutkan ada lima bentuk konflik yang terjadi dalam masyarakat, yaitu:

  1. Konflik pribadi, yaitu konflik yang terjadi di antara individu yang disebabkan karena masalah pribadi. Masalah tersebut terjadi karena adanya perbedaan cara pandang antarindividu terkait persoalan yang sama. 
  2. Konflik politik, yaitu konflik yang terjadi akibat adanya kepentingan atau tujuan politis yang berbeda antara seseorang atau kelompok. Hal ini bisa dilihat dari perbedaan pandangan antarpartai politik karena perbedaan ideologi, asas perjuangan, dan kepentingan politik masing-masing. 
  3. Konflik rasial, yaitu konflik yang terjadi di antara kelompok ras yang berbeda karena adanya kepentingan dan kebudayaan yang saling berbenturan. 
  4. Konflik antarkelas sosial, yaitu konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara kelas-kelas yang ada di masyarakat. 
  5. Konflik yang bersifat internasional, yaitu konflik yang melibatkan beberapa kelompok negara karena perbedaan kepentingan masing-masing negara.

Sehingga, bentuk-bentuk konflik menurut Soerjono Soekanto adalah nomor 

  1. Konflik ekonomi
  2. Konflik rasial (Benar)
  3. Konflik politik (Benar)
  4. Konflik internasional (Benar)
  5. Konflik terbuka
  6. Konflik pribadi (Benar)

Jadi, jawabannya adalah D (2), (3), (4), dan (6) space 

1

Roboguru

Konflik sosial yang ada di masyarakat sangat beragam. Adanya konflik tersebut membuat para ahli sosiologi memiliki beberapa pandangan. Salah satunya ialah pandangan tradisional yang dikemukakan oleh R...

Pembahasan Soal:

Pandangan tradisional (The Traditional View). Pandangan ini menyatakan bahwa konflik itu hal yang buruk, sesuatu yang negatif, merugikan, dan harus dihindari. Konflik disinonimkan dengan istilah violence, destruction, dan irrationality. Konflik ini merupakan suatu hasil disfungsional akibat komunikasi yang buruk, kurang kepercayaan, keterbukaan di antara orang – orang,

Berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah C

1

Roboguru

Masyarakat Desa Randuaji mengalami konflik dengan geng motor yang berkeliaran di lingkungan desa. Konflik bermula Ketika geng motor menggunakan jalan desa sebagai area balapan. Aktivitas tersebut meng...

Pembahasan Soal:

undefinedPemetaan konflik menurut Amr Abdalla dari konflik tersebut adalah

  1. Source :  Sumber konflik adalah Masyarakat Desa Randuaji mengalami konflik dengan geng motor yang berkeliaran di lingkungan desa. 

    2. Issue :  Permasalahannya adalah  geng motor menggunakan jalan desa sebagai area balapan. Aktivitas tersebut mengganggu warga.

    3. Parties : pihak yang terlibat konflik adalah masyarakat desa Randuaji dengan geng motor

    4. Attitude :  anggota geng motor tidak jera dengan peringatan warga, akhirnya timbul konflik.

     5. Behavior : masyarakat Desa Randuaji merasa tidak suka kemudian melakukan tindakan koersif

     6. Outcome : Masyarakat Desa Randuaji sepakat melakukan penjagaan jalan desa secara bergantian untuk mencegah geng motor kembali beraksi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved