Iklan

Iklan

Pertanyaan

Menurut Brandes terdapat 10 unsur budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sebelum adanya pengaruh India, ketika pengaruh agama dan budaya India di Indonesia berlangsung damai, tidak menghilangkan budaya asli bangsa justru menyuburkan. Satu di antara unsur budaya asli Indonesia tersebut terlihat pada seni wayang dibuktikan dengan ...

Menurut Brandes terdapat 10 unsur budaya asli bangsa Indonesia yang sudah ada sebelum adanya pengaruh India, ketika pengaruh agama dan budaya India di Indonesia berlangsung damai, tidak menghilangkan budaya asli bangsa justru menyuburkan. Satu di antara unsur budaya asli Indonesia tersebut terlihat pada seni wayang dibuktikan dengan ...

  1. cerita dalam pertunjukan wayang

  2. adanya tokoh punakawan

  3. penggunaan bahasa Sanskerta

  4. kitab Ramayana dan Mahabharata

  5. dewa-dewa di kahyangan

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut: Jan Laurens Andries Brandes merupakan seorang ahli bahasa dari Belanda. Brandes merumuskan teorinya mengenai sepuluh unsur kebudayaan asli atau local genius Indonesia yang telah berkembang sebelum masuknya kebudayaan India. Kebudayaan asli Indonesia tersebut adalah sebagai berikut. Kemampuan untuk berlayar dan mengenal arah angin. Kepandaian bersawah dan bercocok tanam. Mengenal prinsip dasar pertunjukan wayang. Kemampuan dalam seni gamelan. Kemampuan membatik dan membuat pola seni ornamen. Telah terbentuk susunan masyarakat yang teratur. Mengenal sistem astronomi. Mengenal alat tukar uang logam dalam perdagangan. Kemampuan mengerjakan barang dari logam. Menggunakan aturan metrik atau alat ukur. Kebudayaan asli Indonesia tersebut kemudian berakulturasi dengan kebudayaan India dan menghasilkan bentuk-bentuk kebudayaan Hindu-Buddha di Nusantara. Bentukakulturasi tersebut seperti pertunjukan wayang kulit yang menggunakan cerita dari naskah Ramayana dan Mahabarata dari India. Unsur-unsur lokal asli Indonesia juga berpengaruh dalam kedua naskah dari India tersebut dengan adanya tokoh punakawan dalam pementasan wayang, di mana tokoh Punakawan tidak ditemukan dalam kedua naskah itu.

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut:

Jan Laurens Andries Brandes merupakan seorang ahli bahasa dari Belanda. Brandes merumuskan teorinya mengenai sepuluh unsur kebudayaan asli atau local genius Indonesia yang telah berkembang sebelum masuknya kebudayaan India. Kebudayaan asli Indonesia tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kemampuan untuk berlayar dan mengenal arah angin.
  • Kepandaian bersawah dan bercocok tanam.
  • Mengenal prinsip dasar pertunjukan wayang.
  • Kemampuan dalam seni gamelan.
  • Kemampuan membatik dan membuat pola seni ornamen.
  • Telah terbentuk susunan masyarakat yang teratur.
  • Mengenal sistem astronomi.
  • Mengenal alat tukar uang logam dalam perdagangan.
  • Kemampuan mengerjakan barang dari logam.
  • Menggunakan aturan metrik atau alat ukur.

Kebudayaan asli Indonesia tersebut kemudian berakulturasi dengan kebudayaan India dan menghasilkan bentuk-bentuk kebudayaan Hindu-Buddha di Nusantara. Bentuk akulturasi tersebut seperti pertunjukan wayang kulit yang menggunakan cerita dari naskah Ramayana dan Mahabarata dari India. Unsur-unsur lokal asli Indonesia juga berpengaruh dalam kedua naskah dari India tersebut dengan adanya tokoh punakawan dalam pementasan wayang, di mana tokoh Punakawan tidak ditemukan dalam kedua naskah itu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alasan bangsa Indonesia mendapat julukan sebagai bangsa pelaut adalah...

26

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia