Roboguru

Menurut Anda, sudah optimalkah penerapan pengetahuan sosiologi dalam menangani berbagai persoalan sosial di Indonesia? Berikan alasan!

Pertanyaan

Menurut Anda, sudah optimalkah penerapan pengetahuan sosiologi dalam menangani berbagai persoalan sosial di Indonesia? Berikan alasan!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Soal tersebut merujuk pada materi upaya penyelesaian masalah sosial. 

Masalah sosial adalah gejala-gejala yang berlangsung secara tidak normal di masyarakat. Suatu gejala sosial dikatakan tidak normal apabila unsur-unsur masyarakat dan kebudayaan tidak berfungsi secara harmonis, sehingga menimbulkan kekecewaan-kekecewaan dan penderitaan. Masalah sosial mengganggu kelestarian fungsi-fungsi dalam masyarakat, berlawanan dengan hukum, dan bersifat merusak, sehingga perlu diatasi.

Pada kenyataannya, masalah sosial tidak hanya bisa diselesaikan dengan menerapkan pengetahuan sosiologi saja, akan tetapi harus melihat dari berbagai aspek yang terlibat seperti dampak ekonomi, dampakt psikis pelaku, dan berbagai macam hal. Sehingga, dalam menangani berbagai persoalan sosial di Indonesia, penerapan pengetahuan sosiologi saja belum cukup optimal karena masih membutuhkan berbagai macam aspek yang lain. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Alasan yang menyebabkan sosiologi sangat dibutuhkan dalam menyusun kebijakan adalah

Pembahasan Soal:

Salah satu kegunaan sosiologi dapat terlihat melalui peran sosiolog sebagai ahli riset. Seperti ilmuwan lainnya, para sosiolog berfokus pada pengumpulan dan penggunaan data. Oleh karena itu, para sosiolog melakukan riset ilmiah. Tujuannya adalah untuk mencari data kehidupan sosial masyarakat. Data itu kemudian diolah menjadi karya ilmiah yang berguna bagi pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah-masalah di masyarakat. Permasalahan yang menjadi fokus kajian sosiolog merupakan masalah-masalah aktual yang terjadi di masyarakat karena membutuhkan penanganan yang tepat dan cepat agar segera diselesaikan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dianalisis bahwa jawabaan yang paling relevan adalah B. bidang penelitian sosiologi adalah permasalahan-permasalahan yang sangat aktual.

Roboguru

Sosiolog bisa memberikan data bagi para pengambil keputusan tentang faktor-faktor penyebab keresahan masyarakat, agar penanganan kebijakan dapat berfungsi maksimal. Fungsi sosiologi dalam kasus terseb...

Pembahasan Soal:

Sosiolog dapat memberikan data bagi para pengambil keputusan tentang faktor-faktor penyebab keresahan masyarakat, agar penanganan kebijakan dapat berfungsi maksimal. Berarti, fungsi sosiologi salah satunya adalah untuk pemecahan masalah sosial.

Roboguru

Tujuan sosiologi adalah meningkatkan kemampuan adaptasi manusia terhadap lingkungan sosialnya. Hal ini dilakukan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah tujuan mempelajari sosiologi

Tujuan Mempelajari Ilmu sosiologi  adalah Untuk menghasilkan pengertian-pengertian dan pola-pola umum, karena sosiologi meneliti dan mencari apa yang menjadi prinsip atau hukum-hukum umum dari interaksi antar manusia dan juga perihal sifat hakekat, bentuk, isi dan struktur masyarakat. Oleh karena itu diharapkan ilmu sosiologi dapat memberikan wawasan akademis maupun praktis. di dalam kehidupan bersosial,sehingga individu dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

Jadi jawaban yang tepat adalah mengembangkan pengetahuan objektif tentang gejala sosial dalam masyarakat yang dapat dimanfaatkan secara efektifspace space(A)

Roboguru

Bagaimana penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi berbagai masalah sosial?

Pembahasan Soal:

Penerapan ilmu sosiologi untuk mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan yaitu dengan cara melakukan penelitian ilmiah dan pemahaman yang mendalam terhadap masalah tersebut. Dengan pemahaman yang mendalam maka tercipta penerapan kebijakan tepat sasaran. Pemahaman terhadap masalah contohnya adalah menganalisa faktor-faktor yang menjadi penyebab kemiskinan. Setelah melakukan penelitian dan pemahaman terhadap masalah, ilmu sosiologi selanjutnya mengkaji solusi-solusi atau kebijakan yang tepat untuk menanggulangi kemiskinan.space space  

Roboguru

Berikan contoh penerapan pengetahuan sosiologi dalam mengatasi pencemaran lingkungan!

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi masalah sosial : Lingkungan hidup

Gangguan terhadap lingkungan hidup yang sering menjadi masalah sosial adalah polusi atau pencemaran, baik pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, maupun pencemaran suara. Kehidupan sosial manusia yang tidak terlepas dari keberadaan lingkungan hidup akan sangat terpengaruh jika terjadi pencemaran di lingkungannya. Oleh karena itu, pencemaran lingkungan dianggap sebagai bagian dari masalah sosial. Setiap persoalan lingkungan hidup membutuhkan kajian sosiologis sebelum ditentukan cara terbaik untuk mengatasinya.

Contoh penerapan sosiologi dalam bidang lingkungan misalnya, penanganan korban tsunami di Aceh maupun gempa bumi di Yogyakarta dan Klaten. Penyebab kedua bencana itu murni faktor alam. Akan tetapi, kerusakan dan penderitaan yang diakibatkannya menimpa manusia. Bencana tersebut mengakibatkan berupa pemukiman penduduk, kerusakan prasarana transportasi pendidikan dan kesehatan, sarana perekonomian, dan hilangnya mata pencaharian warga masyarakat. Untuk memperbaiki itu semua diperlukan kajian sosiologis yang mendalam.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved