Roboguru
SD

Menurut Anda, mengapa Sukarno menganggap Declaration of Independence adalah kakek imperialisme dan bapaknya kapitalisme?

Pertanyaan

Menurut Anda, mengapa Sukarno menganggap Declaration of Independence adalah kakek imperialisme dan bapaknya kapitalisme?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 mengapa Sukarno menganggap Declaration of Independence adalah kakek imperialisme dan bapaknya kapitalisme adalah karena kemerdekaan Amerika menekankan paham liberalisme baik dari segi ekonomi maupun politik, yang mana paham ini nantinya akan berkembang menjadi sistem ekonomi kapitalisme dan imperialisme.

Pembahasan

Dalam Sidang Umum XV Perserikatan Bangsa-Bangsa, Sukarno menyampaikan pidato sepanjang 47 halaman, berjudul "To Build the World A New" (Membangun Tatanan Dunia Baru). Pidato itu sarat perlawanan. Perwakilan dari suara jutaan manusia tertindas dari negerinya, bangsa Asia, dan juga Amerika, selaku negara pemenang Perang Dunia II, yang mengusung demokrasi, ia kritik. Presiden pemberani itu mengatakan bahwa nasionalisme yang digemakan Declaration of Independence, adalah kakek imperialisme dan bapaknya kapitalisme.  Ia menuding Amerika yang tak adil dengan menolak keanggotaan Tiongkok di PBB. Ia pun mempertanyakan Amerika yang terus meniup gelora Perang Dingin dengan Uni Soviet.

Dengan demikian, mengapa Sukarno menganggap Declaration of Independence adalah kakek imperialisme dan bapaknya kapitalisme adalah karena kemerdekaan Amerika menekankan paham liberalisme baik dari segi ekonomi maupun politik, yang mana paham ini nantinya akan berkembang menjadi sistem ekonomi kapitalisme dan imperialisme.

402

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Deklarasi kemerdekaan Amerika pada 4 Juli 1776 menunjukkan . . . .

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia