Roboguru

Pertanyaan

Beberapa media massa, baik cetak maupun elektronik sering memberitakan kasus penipuan dengan modus operan di penggandaan uang. Artinya, korban secara sadar menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku dengan tujuan agar uang tersebut dalam kurun waktu tertentu jumlahnya menjadi berlipat ganda.

Di tengah himpitan krisis yang berkepanjangan serta berbagai kesulitan hidup, fenomena penggandaan uang menjadi salah satu alternatif mencari kemudahan jalan hidup. Orang hanya berpikir secara sempit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, schingga rasio atau akal ditinggalkan. Hal yang menarik dari kasus tersebut adalah adanya suatu kenyataan bahwa orang-orang yang tertipu dengan gaya pelipatgandaan uang ternyata bukan hanya berasal dari golongan orang-orang yang tidak berpendidikan, melainkan juga banyak dari orang-orang yang menurut kacamata pendidikan sudah cukup memadai dan secara ekonomi juga sudah dapat dikatakan mapan.

Dalam kenyataannya, tidak ada satu orang pun yang berhasil menjadi kaya raya dengan jalan menggandakan uang. Justru malah sebaliknya, mereka yang mencari alternatif penggandaan uang sebagai pemecahan permasalahan hidup akhimya malah menjadi orang yang sangat merugi, baik kerugian secara material maupun secara moral. Kerugian secara material adalah hilangnya sejumlah uang yang diharapkan akan menjadi banyak, sedangkan kerugian secara moral adalah perasaan malu terhadap teman serta lingkungan sekitarnya.

Menurut Anda mengapa orang yang secara ekonomi sudah dapat dikatakan cukup, masih memiliki keinginan untuk mencari rezeki dengan cara yang tidak benar?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disumpulkan bahwa seseorang yang sudah mapan tetapi tetap mengikuti penggandaan uang dikarenakan penyebab sugesti berupa otoritas dan mayoritas

Pembahasan

Poin yang ditanyakan pada soal adalah terkait sugesti sebagai faktor pendorong interaksi sosial. Ketika seseorang yang sudah mapan namun masih memiliki keinginan untuk mencari rezeki dengan cara yang tidak benar karena terdapat beberapa faktor yaitu bisa otoritas dan mayoritas.

  1. Otoritas merupakan sugesti dapat diterima apabila yang memberikan sugesti telah ahli dalam bidangnya. Pada kasus ini seseorang yang meskipun telah mapan tetap percaya untuk ikut penggandaan uang karena menganggap sang pelaku telah ahli dalam penggandaan uang sehingga membuat mereka percaya.
  2. Mayoritas merupakan sugesti mudah diterima jika bersumber dari mayoritas atau kelompok terbesar kepada kelompok yang lebih kecil. Dalam kasus ini adanya banyak testimoni dari pelaku membuat masyarakat menjadi tergiur untuk mengikuti penggandaan uang meskipun sudah mapan.

Sehingga dapat disumpulkan bahwa seseorang yang sudah mapan tetapi tetap mengikuti penggandaan uang dikarenakan penyebab sugesti berupa otoritas dan mayoritas

108

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Akhir-akhir ini masalah-masalah sosial sering terjadi. Jelaskan menurut kalian apakah ada hubungan antara kemiskinan, kriminalitas dan pengangguran ?

40

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia