Roboguru

Menurut Anda, dapatkah perubahan sosial dihentikan dalam kehidupan masyarakat?

Pertanyaan

Menurut Anda, dapatkah perubahan sosial dihentikan dalam kehidupan masyarakat?space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah bisa atau tidaknya perubahan sosial dihentikan dalam kehidupan masyarakat.

Perubahan sosial tidak dapat dihentikan dalam kehidupan masyarakat, selain karena sifat masyarakat yang dinamis, perubahan sosial akan terus berlangsung karena adanya faktor internal (dalam masyarakat) dan faktor eksternal (dari luar masyarakat). Faktor internal penyebab perubahan sosial terus berlangsung, antara lain:

  1. Perubahan jumlah penduduk, bertambah atau berkurangnya penduduk dalam suatu wilayah menyebabkan terjadinya perubahan sosial, baik di daerah tujuan maupun daerah yang ditinggalkan.
  2. Penemuan baru, hal ini sangat memengaruhi perubahan atau perkembangan masyarakat.
  3. Konflik sosial, terjadinya konflik sosial dapat mendorong terjadinya perubahan sosial di masyarakat karena terciptanya tatanan sosial baru.

Sedangkan, faktor eksternal perubahan sosial, antara lain:

  1. Perubahan lingkungan alam, terjadi akibat bencana alam sehingga memaksa manusia untuk mengungsi atau berpindah tempat.
  2. Peperangan, peperangan yang dimenangkan oleh pihak lawan menyebabkan terjadinya perubahan sosial di wilayah yang mengalami kekalahan.
  3. Pengaruh budaya masyarakat lain, masuknya budaya asing melalui proses pertukaran budaya maupun media massa dapat memengaruhi eksistensi budaya asli di suatu wilayah.

Dengan demikian, perubahan sosial tidak dapat dihentikan dalam kehidupan masyarakat karena adanya faktor internal (dinamika penduduk, penemuan baru, dan konflik sosial) dan eksternal (perubahan lingkungan alam, peperangan, dan pengaruh budaya masyarakat lain). 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puji

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor-faktor dibawah ini merupakan penyebab perubahan sosial, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Menurut Horton (2000), faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan sosial terdiri atas :undefined

  1. Faktor internal, yaitu kondisi atau perkembangan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat yang bersangkutan yang mendorong perubahan sosial. Faktor-faktor ini yang mencakup faktor demografis (kependudukan), adanya penemuan baru, serta adanya konflik internal dalam masyarakat.undefined
  2. Faktor eksternal, yaitu kondisi atau perkembangan yang terjadi di luar lingkungan masyarakat yang bersangkutan, tetapi secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perubahan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Dalam faktor eksternal, yang terpenting di antaranya adalah pengaruh lingkungan alam, pengaruh unsur kebudayaan maupun aktualisasi, dan adanya peperangan.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Perhatikan beberapa faktor penyebab perubahan sosial berikut! 1) Penemuan helm antimengantuk oleh pelajar mendapat apresiasi dari kepala sekolah. 2) Bencana gempa yang melanda Palu menimbulkan peruba...

Pembahasan Soal:

Faktor eksternal penyebab perubahan sosial merupakan faktor yang berasal dari luar masyarakat. Faktor eksternal penyebab perubahan sosial, antara lain bencana alam, peperangan, dan pengaruh budaya lain. Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka 2), 3), dan 5). Sementara angka 1) dan 4) merupakan faktor internal penyebab perubahan sosial. Jadi, jawaban yang tepat adalah D. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Pertentangan antarkelompok atau golongan dalam negara. (2) Urbanisasi di perkotaan membuat jumlah penduduk kota meningkat. (3) Produk buatan asing membanjiri pasa...

Pembahasan Soal:

Faktor eksternal penyebab perubahan sosial merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar masyarakat sehingga menyebabkan masyarakat mengalami suatu perubahan sosial. Berdasarkan pernyataan yang termasuk dalam faktor eksternal penyebab perubahan sosial yaitu:

  • Produk buatan asing membanjiri pasar dan mall di kota besar. Hal ini sesuai dengan faktor pengaruh kebudayaan masyarakat lain
  • Perang saudara antara tentara pemerintah dan tentara oposisi. Hal ini sesuai dengan faktor peperangan.
  • Bencana banjir bandang merubah struktur sosial masyarakat. Hal ini sesuai dengan faktor alam atau bencana alam.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah E. 

1

Roboguru

Faktor penyebab perubahan sosial dan kebudayaan digolongkan menjadi dua, yaitu faktor dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat. Berikut bukan faktor dari dalam masyarakat adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor internal

  1. Adanya penemuan baru. Penemuan baru berupa gagasan, alat yang apabila benar-benar baru disebut dengan invention. Adanya penemuan baru di dorong adanya kesadaran individu dengan adanya keterbatasan fungsi nilai di masyarakat baik nilai material maupun immaterial.
  2. Demografi penduduk. Perubahan jumlah penduduk dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, maupun migrasi.
  3. Konflik di masyarakat. Munculnya konflik di masyarakat yang disebabkan oleh perbedaan kepentinga, perubahan sosial mempengaruhi perubahan di masyarakat.
  4. Pemberontakan/revolusi. Pemberontakan dan revolusi dapat mempengaruhi perubahan sosial di masyarakat karena mempengaruhi tata nilai di masyarakat. 

Faktor eksternal

  1. Pengaruh budaya masyarakat luar. Hubungan yang dilakukan dengan masyarakat luar akan menimbulkan adanya pengaruh timbal balik sehingga mempengaruhi tersebut secaa langsung maupun tidak langsung akan menyebakan terjadinya peruahan sosial di masyarakat.
  2. Perubahan kondisi fisik. Terjadinya perubahan bencana alam seperti tsunami, banjir, gempa bumi menyebabkan masyarakat harus beradaptasi dengan lingkungan barunya baik fisik maupun sosial yang menyebabkan perubahan pada lembaga kemasyarakatan.
  3. Peperangan. Peperangan menyebabkan masyarakat menjadi ketakutan, cemas, dan menderita akibat harta benda yang hancur hingga menyebabkan kemiskinan dan perubahan pada masyarakat yang bersangkutan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. space 

0

Roboguru

Manakah dari pernyataan di atas yang merupakan faktor endogen perubahan sosial ?

Pembahasan Soal:

Penyebab perubahan sosial sendiri dibagi menjadi dua, yaitu yang berasal dari dalam masyarakat dan dari luar masyarakat. Faktor endogen perubahan sosial adalah faktor - faktor yang berasal dari dalam masyarakat yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial. Ada beberapa faktor penyebab perubahan sosial secara internal dalam masyarakat, antara lain:

  1. Perubahan penduduk: Perubahan penduduk yang ditandai dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk pada suatu daerah akan mengakibatkan keramahtamahan semakin menurun, kelompok sekunder akan bertambah banyak, struktur kelembagaan menjadi lebih rumit, dan bentuk-bentuk perubahan yang lainnya.
  2. Penemuan Baru: Adanya penemuan baru juga dapat memengaruhi terjadinya perubahan sosial. Penemuan baru ini bisa berupa alat, gagasan, atau rangkaian ciptaan. Penemuan yang benar-benar baru disebut discovery. Sedangkan penemuan baru apabila telah diterima dan diakui masyarakat disebut invention.

  3. Konflik dalam masyarakat: Konflik yang terjadi di dalam masyarakat dapat terjadi antarindividu, antarkelompok, antar individu dengan kelompok, dan antargenerasi. Sebagai proses sosial, konflik memang merupakan proses disosiatif, namun munculnya konflik ini tidak selalu berakibat negatif.

Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut maka jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved