Pertanyaan

Menurut Alfred Wagener, saat benua yang menyatukan seluruh daratan terpecah menjadi dua bagian, sebelah utaranya disebut dengan ….

Menurut Alfred Wagener, saat benua yang menyatukan seluruh daratan terpecah menjadi dua bagian, sebelah utaranya disebut dengan …. 

  1. Eurasiaundefined 

  2. Laurasiaundefined 

  3. Gondwanaundefined 

  4. Eropaundefined 

  5. Amerikaundefined 

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Pembahasan

Di tahun 1915 Alfred Wagener menulis buku berjudul The Origins of Continents and Oceans (Asal Mula Benua dan Samudera) . Di buku inilah ia menjelaskan garis besar hipotesis teorinya. Teori inimenantang anggapan lama bahwa benua benua dan cekungan samudera memiliki posisi tetap. Ia mengungkapkan bahwa dulu hanya ada satu daratan atau satu benua superbesar yang disebut Pangea . Lalu, sekitar 200 juta tahun si Pangea ini kemudian pecah membentuk 2 bagian besar, yang utara disebut Laurasia , dan yang selatan disebut Gondwana. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Di tahun 1915 Alfred Wagener menulis buku berjudul The Origins of Continents and Oceans (Asal Mula Benua dan Samudera). Di buku inilah ia menjelaskan garis besar hipotesis teorinya. Teori ini menantang anggapan lama bahwa benua benua dan cekungan samudera memiliki posisi tetap. Ia mengungkapkan bahwa dulu hanya ada satu daratan atau satu benua superbesar yang disebut Pangea. Lalu, sekitar 200 juta tahun si Pangea ini kemudian pecah membentuk 2 bagian besar, yang utara disebut Laurasia, dan yang selatan disebut Gondwana.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

127

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada masa lalu dinyatakan dalam teori apungan benua bahwa seluruh daratan di bumi merupakan satu kesatuan yang dikenal dengan nama ….

59

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia