Roboguru

Pertanyaan

Menjadi penadah barang hasil curian kendaraan bermotor yang melibatkan oknum aparat, merupakan tindakan yang tidak bisa ditoleransi oleh masyarakat. Hal ini merupakan contoh perilaku menyimpang ....

  1. primer

  2. sekunder

  3. individu

  4. sistematis

  5. situasional

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Bila ditinjau dari bisa tidaknya masyarakat menoleransi perbuatannya, perilaku menyimpang bisa dibedakan menjadi dua, yaitu penyimpangan primer dan sekunder.

Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang bersifat sementara yang pertama kali dilakukan individu di mana tingah laku lainnya bersifat konformis (sesuai aturan atau norma) sehingga sifatnya dapat ditolerir.

Sedangkan, penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang dilakukan berulang kali sementara tingkah laku lainnya juga tidak bersifat konformis sehingga sifatnya tidak dapat ditolerir.

Pada kasus soal ini, digambarkan bahwa penadah hasil barang curian tidak bisa ditoleransi masyarakat, artinya ini adalah bentuk dari perilaku penyimpangan sekunder (opsi B).

10

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dewasa ini tingginya perilaku kejahatan yang dilakukan pada saat usia remaja seperti penggunaan obat terlarang dan minuman keras cukup memprihatinkan. Perilaku tersebut menunjukkan bentuk penyimpangan...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia