Iklan

Iklan

Pertanyaan

Meningkatnya kasus korupsi dipengaruhi adanya modernisasi yang dapat menurunkan dorongan berprestasi dalam diri seseorang. Sebagian masyarakat ingin memeroleh prestasi melalui cara yang mudah dan cepat untuk meraih kekuasaan, wewenang atau kekayaan. Tindak korupsi yang sering terjadi termasuk jenis masalah . . ..

Meningkatnya kasus korupsi dipengaruhi adanya modernisasi yang dapat menurunkan dorongan berprestasi dalam diri seseorang. Sebagian masyarakat ingin memeroleh prestasi melalui cara yang mudah dan cepat untuk meraih kekuasaan, wewenang atau kekayaan. Tindak korupsi yang sering terjadi termasuk jenis masalah . . ..space space  
 

  1. agamaspace space  

  2. ekonomispace space  

  3. sosialspace space  

  4. politikspace space  

  5. budayaspace space  

Iklan

A. Mutiara

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space space  

Iklan

Pembahasan

Pada poin ini yang ditanyakan adalah kejahatan korupsi. Soal ini berkaitan dengan konsep kejahatan kerah putih, sebab korupsi kerap terjadi di golongan kelas atas yang mempunyai banyak uang, dengan mudahnya melakukan sogokan kepada pihak lain, agar memperoleh apa yang diinginkan . Pada umumnya, korupsi atau rasuah atau mencuri adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Tindakan kejahatan korupsi ini lebih identik kepada kejahatan karena faktor ekonomi. Pihak yang menerima dana suap tergiur karena kebutuhan ekonominya, sedangkan pihak yang melakukan penyuapan bertujuan agar memperoleh kekuasaan dan kekayaan dengan jalur instan, yang tujuan akhirnya adalah agar mendapat pemasukan ekonomi yang lebih besar, jika dapat menduduki posisi yang diinginkan, terlebih jika mendapatkannya dengan cara korupsi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pada poin ini yang ditanyakan adalah kejahatan korupsi. Soal ini berkaitan dengan konsep kejahatan kerah putih, sebab korupsi kerap terjadi di golongan kelas atas yang mempunyai banyak uang, dengan mudahnya melakukan sogokan kepada pihak lain, agar memperoleh apa yang diinginkan. Pada umumnya, korupsi atau rasuah atau mencuri adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Tindakan kejahatan korupsi ini lebih identik kepada kejahatan karena faktor ekonomi. Pihak yang menerima dana suap tergiur karena kebutuhan ekonominya, sedangkan pihak yang melakukan penyuapan bertujuan agar memperoleh kekuasaan dan kekayaan dengan jalur instan, yang tujuan akhirnya adalah agar mendapat pemasukan ekonomi yang lebih besar, jika dapat menduduki posisi yang diinginkan, terlebih jika mendapatkannya dengan cara korupsi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

Latihan Bab

Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Teori-teori tentang Masalah Sosial

Faktor Penyebab Terjadinya Masalah Sosial

Ketidakadilan Sebagai Masalah Sosial

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Anak jalanan yang mengemis di jalan raya menggambarkan adanya kemiskinan di daerah itu. Kadang para orang tua melibatkan anaknya untuk mengemis untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagi sebagia...

5rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia