Roboguru

Mengapa wilayah di Bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu ?

Pertanyaan

Mengapa wilayah di Bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu ?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Wilayah di Bumi dibagi menjadi 24 daerah waktu dikarenakan bumi melakukan perputaran penuh dalam porosnya (rotasi bumi) selama 24 jam dalam sehari, sehingga wilayah bumi dibagi menjadi 24 zona yg memiliki perbedaan waktu tertentu. Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Simaklah gambar berikut ini! Fenomena apa yang dapat kamu jelaskan berdasarkan gambar tersebut?

Pembahasan Soal:

Bumi berputar pada porosnya dengan kemiringan sumbu 23,5° yang disebut rotasi. Bumi berotasi dari barat ke timur. Dalam satu putaran memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4,09 detik (sehari semalam). Rotasi bumi berpengaruh bagi kehidupan di bumi, antara lain sebagai berikut.

  1. Gerak Semu Harian Matahari
    Setiap hari kita menyaksikan matahari terbit dari timur dan terbenam di barat. Hal itu seolah-olah matahari bergerak terhadap bumi, padahal sesungguhnya bumi berputar sehingga·sinar matahari selalu bergeser dari timur ke barat.
  2. Pembelokan arah angin
    Pembelokan Arah Angin Rotasi bumi mengakibatkan aliran udara dari kutub menuju khatulistiwa mengalami pembelokan arah. Hal ini sesuai dengan hukum Buys Ballot yang menyatakan bahwa udara mengalir dari daerah bertekanan maksimum ke daerah bertekanan minimum.
  3. Adanya Siang dan Malam
    Saat bumi berputar pada porosnya, daerah yang terkena sinar matahari menjadi terang disebut siang dan daerah yang tidak terkena sinar matahari menjadi gelap disebut malam. Hal ini terjadi secara bergantian dengan panjang waktu siang dan malam rata-rata adalah 12 jam. 
Roboguru

Amatilah peta wilayah Indonesia berikut ! Temukan informasi mengenai hubungan antara perbedaan waktu tersebut dengan peristiwa rotasi bumi !

Pembahasan Soal:

Akibat rotasi Bumi pada orbitnya ini, terjadi perbedaan waktu, dimana bagian timur Bumi mengalami matahari terbit terlebih dahulu. Perbedaan ini menyebabkan terjadinya zona waktu. Rotasi Bumi adalah pergerakan Bumi pada porosnya, menggerakkan Bumi dari barat ke timur. Waktu yang diperlukan oleh Bumi untuk melakukan 1 kali rotasi adalah sekitar 24 jam. Bumi dibagi dalam 360° dalam garis-garis imajiner (khayalan) yang membentang secara vertikal di Bumi, yang disebut garis bujur. Garis ini dimulai dari 0° yang berlokasi di Greenwich, London, Inggris Raya, ke arah timur sebanyak 180° Bujur Timur, dan kearah barat sebanyak 180° Bujur Barat. Pertemuan 180° Bujur Timur dan 180° Bujur Barat berada di Samudera Pasifik.

Karena terdapat 360° garis bujur, sementara rotasi Bumi memerlukan 24 jam, maka dalam satu jam, Bumi menempuh :

1 jam = 360/24            

          = 15° garis bujur

Sehingga, perbedaan 15° garis bujur akan menyebabkan perbedaan waktu lokal sebesar 1 jam.

Roboguru

Perhatikan fenomena-fenomena berikut. Peristiwa siang dan malam Gerak semu harian benda langit. Pembagian daerah waktu dunia. Pergantian musim. Pembagian daerah waktu dunia. Perubahan semu tah...

Pembahasan Soal:

Peristiwa rotasi bumi adalah proses bumi berputar pada porosnya. Kemudian, dampak dari akibat rotasi bumi bagi kehidupan sehari-hari adalah terjadinya siang dan malam, gerak semua harian benda langit, pembagian daerah waktu dunia, dan pembelokan arah arus laut. Oleh karena itu, jawaban yang benar pada soal ini adalah opsi a atau 1,2,3. Sedangkan point 5 dan 6 adalah dampak dari revolusi.

Roboguru

Daerah mana yang menjadi standar waktu dunia ?

Pembahasan Soal:

Standar waktu dunia terdapat di Kota Greenwich. Greenwich adalah kota yang terletak di Inggris dan berdekatan dengan London.

Roboguru

Perhatikan fenomena berikut. terjadinya siang dan malam. terjadinya pergantian musim. gerak semu harian benda langit. perubahan semu tahunan matahari. perbedaan daerah waktu dunia. Fenomena y...

Pembahasan Soal:

Rotasi planet bumi merupakan proses perputaran bumi pada porosnya yang arah putarannya dari barat ke timur. Berikut beberapa fenomena alami akibat terjadinya rotasi Bumi.

  • terjadinya siang dan malam.
  • terjadinya gerak semua harian benda langit.
  • adanya perbedaan dan zonasi waktu dunia.
  • efek coriolis/pembelokan arah angin.
  • perbedaan gravitasi dipermukaan bumi

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved