Roboguru

Mengapa virus Corona dapat menyebabkan gangguan pa...

Mengapa virus Corona dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan ? Lalu apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari penyakit tersebut ?  

  1. . . .  

  2. . . .  

Jawaban:

Virus merupakan agen infeksi berukuran kecil yang hanya dapat hidup dan memperbanyak diri di dalam sel inangnya. Virus akan menginfeksi sel inang dan melakukan proses perbanyakan diri yang disebut sebagai replikasi. Proses replikasi yang berlangsung diakhiri dengan kematian pada sel inang dan keluarnya virus-virus baru dari sel tersebut. Selanjutnya, virus baru tadi akan menginfeksi sel-sel lain disekitarnya. Secara umum, virus hanya menyerang bagian-bagian spesifik pada makhluk hidup atau dengan kata lain, virus tidak dapat menyerang semua jenis sel. Hal ini disebabkan karena pada bagian terluar virus terdapat protein yang dapat mengenai sel secara spesifik atau disebut sebagai protein reseptor.

Pada virus Corona, jenis reseptor yang dimiliki merupakan reseptor yang dapat mengenali sel-sel pada sistem pernapasan manusia. Saat terinfeksi, virus Corona akan masuk ke dalam sel pada sistem pernapasan dan akan bereplikasi, sehingga menyebabkan kematian pada sel-sel di saluran pernapasan. Karena itu, ketika seseorang terinfeksi oleh virus Corona maka akan terjadi gangguan pada sistem pernapasan. Gangguan yang dimaksud meliputi hidung berlendir, batuk, sesak napas, pneumonia atau paru-paru basah, hingga kematian yang disebabkan kerusakan paru-paru.

Cara yang dapat dilakukan ntuk menghindari penyebaran virus Corona dapat dilakukan dengan mencegah masuknya virus ke tubuh kita serta memperkuat sistem imun tubuh, seperti dengan :

 

  • menghindari kontak dengan pasien penderita virus corona
  • selalu menggunakan masker agar virus tidak keluar dan masuk saluran pernapasan
  • menjaga jarak dengan orang lain agar virus mati sebelum mencapai tubuh kita
  • selalu mencuci tangan sebelum memegang bagian sekitar wajah terutama setelah melakukan kontak di luar rumah
  • melakukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved