Roboguru

Mengapa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin?

Pertanyaan

Mengapa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin?space 

  1. Tokoh Timur Lenk mengetahui kebesaran raja-raja yang disebutkan tokoh Nasrudin.space 

  2. Tokoh Timur Lenk merasa lebih hebat dari raja-raja yang menghiasi sejarah dunia.space 

  3. Tokoh Timur Lenk senang disamakan dengan raja-raja yang menghiasi sejarah dunia.space 

  4. Tokoh Timur Lenk merasa senang termasuk ke dalam golongan orang yang mulia.space 

  5. Tokoh Timur Lenk senang mendapat pujian yang diberikan oleh tokoh Nasrudin.space 

Pembahasan Soal:

Teks anekdot bersifat humor atau lelucon, artinya teks anekdot berisikan kisah-kisah lucu atau bualan. Teks anekdot juga bersifat menggelitik, artinya teks anekdot akan membuat pembacanya merasa terhibur dengan kelucuan yang ada dalam teks.

Pada teks di atas dijelaskan bahwa tokoh Timur Lenk merasa senang mendengar jawaban dari Nasrudin karena tokoh Timur Lenk senang disamakan dengan raja-raja yang menghiasi sejarah dunia. Hal itu dijelaskan pada kalimat "lnsyaallah akan ditempatkan bersama raja-raja dan tokoh-tokoh yang telah menghiasi sejarah." Dengan wajah gembira, Timur Lenk kembali bertanya, "Betulkah itu, Nasrudin?"

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fatimah

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pertanyaan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks anekdot adalah cerita singkat lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik melalui sindiran, serta berisi pendidikan atau petuah kehidupan berdasarkan kejadian nyata atau fiksi.

Pertanyaan yang tidak sesuai dengan paragraf atau isi teks adalah pertanyaan yang jawabannya tidak ada pada paragraf atau tidak berkesesuaian dengan isi teks.

Berikut adalah analisis untuk soal di atas:

  1. Pilihan A berisi pertanyaan "Kepada siapa Mr. Fenewood meminta tolong untuk menggembalakan sapinya di padang rumput?" Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Mr. Potter, yaitu ada di kutipan "Lalu dia pergi untuk mengunjungi tetangganya, Mr. Potter, dan menawarkan untuk membayar Mr. Potter dua puluh dolar per bulan untuk menggembalakan sapinya di padang rumput Potter, kemudian Potter setuju."
  2. Pilihan B berisi pertanyaan "Berapa uang yang harus dibayar oleh Mr. Potter untuk membeli sapi Mr. Fanewood?" Jawaban dari pertanyaan tersebut tidak ada di dalam teks, karena di dalam teks dijelaskan bahwa Mr. Potter hanya perlu menggembala sapi Mr. Fanewood selama 11 bulan untuk menjadikan sapi tersebut miliknya. Hal ini terdapat pada kutipan "Telah sepuluh bulan sapimu di tempatku, jadi kamu utang $200. Saya pikir segitulah harga sapimu. Bagaimana kalau sapi itu menjadi milikku dan kita sebut lunas?" Mr. Fenewood berpikir sejenak dan berkata, "Periharalah satu bulan lagi dan terjadi kesepakatan.""
  3. Pilihan C berisi pertanyaan "Berapa jumlah uang yang seharusnya diterima Mr. Potter dari Mr. Fenewood tiap bulan?" Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dua puluh dolar, terdapat pada kutipan "menawarkan untuk membayar Mr. Potter dua puluh dolar per bulan".
  4. Pilihan D berisi pertanyaan "Berapa bulan Mr. Potter menggembala sapi Mr. Fenewood hingga sapi itu menjadi miliknya?" Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah sebelas bulan, dari kutipan "Telah sepuluh bulan sapimu di tempatku, jadi kamu utang $200. Saya pikir segitulah harga sapimu. Bagaimana kalau sapi itu menjadi milikku dan kita sebut lunas?" Mr. Fenewood berpikir sejenak dan berkata, "Periharalah satu bulan lagi dan terjadi kesepakatan.""
  5. Pilihan E berisi pertanyaan "Berapa ekor sapi yang dimiliki Mr. Potter?" Jawabannya adalah satu, dari kutipan "Mr. Fenewood mempunyai seekor sapi, ...."

Berdasarkan analisis di atas, pertanyaan yang tidak sesuai dengan isi teks anekdot di atas adalah berapa uang yang harus dibayar oleh Mr. Potter untuk membeli sapi Mr. Fanewood?


Dengan demikian, jawaban pilihan yang tepat adalah pilihan B.space 

0

Roboguru

Simpulan isi anekdot tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Simpulan merupakan pendapat terakhir berdasarkan uraian sebelumnya. Simpulan dapat diketahui berdasarkan letak gagasan pokok. Ide pokok adalah ide/gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Nama lain ide pokok adalah gagasan utama. Ide pokok terdapat di kalimat utama dan setiap satu paragraf hanya ada satu ide pokok. Kalimat utama bisa ada di kalimat pertama, bisa pada kalimat terakhir, atau bahkan kalimat pertama dan terakhir.

Ide pokok paragraf di atas terletak pada kalimat terakhir karena kalimat terakhir merupakan kalimat utama. Jadi, ide pokok paragraf di atas yaitu pihak surat kabar menuliskan berita tidak sesuai dengan kenyataan untuk melindungi kesalahan bapak pejabat. Simpulan isi anekdot tersebut adalah pihak surat kabar menuliskan kabar palsu untuk melindungi nama baik si pejabat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Topik teks anekdot tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot tidak hanya menyajikan cerita lucu, tetapi ada makna tersirat yang terkandung dalam teks tersebut yang membawa fungsi sosial untuk mengkritik dan menyindir. Untuk menentukan topik yang diangkat dalam teks anekdot, kita perlu membaca dahulu teks tersebut dengan saksama dan mencatat pokok-pokok isi teks. Pada teks anekdot di atas, diceritakan seorang pengamen yang memiliki tabungan banyak dan juga penghasilan per bulan yang besar. Oleh karena itu, topik teks anekdot tersebut adalah kesuksesan seorang pengamen.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Sasaran pembaca dalam teks anekdot tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Anekdot tidak sekadar menyajikan cerita lucu, tetapi ada makna tersirat yang terkandung yang membawa fungsi sosial dengan tujuan mengkritik atau menyindir. Kritik dan sindiran tersebut disampaikan melalui lelucon sehingga tidak terkesan menghakimi atau menyudutkan suatu pihak. Anekdot dibuat dengan sasaran pembaca tertentu sesaui dengan isi teksnya. Pada teks anekdot di atas, diceritakan bahwa saat pendakwah berceramah, semua orang tertidur karena ngantuk mendengar ceramahnya, sedangkan sopir angkot membawa kendaraan dengan ugal-ugalan. Berdasarkan hal tersebut, diharapkan pendakwah tidak memberikan ceramah yang membosankan dan sopir angkot membawa kendaraan dengan lebih hati-hati. Oleh karena itu, sasaran pembaca dalam teks anekdot tersebut adalah sopir angkot dan pendakwah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah  ....

Pembahasan Soal:

Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Teks anekdot bukan hanya menceritakan suatu cerita lucu, tetapi juga memiliki makna tersirat yang membawa fungsi sosial untuk mengkritik atau menyindir. Dalam menganalisis isi teks anekdot, kita perlu membaca atau menyimak, serta memahami anekdot dengan saksama dan mengidentifikasi unsur-unsur anekdot. Pada teks anekdot di atas, diceritakan bahwa terdapat pasangan pengusaha yang memanggil pelukis ternama untuk melukis wajah mereka , tetapi saat pelukis selesai mengerjakan tugasnya, pasangan pengusaha tidak ingin membayar Rp50.000.000 sesuai tarif yang disepakati sebelumnya kepada sang pelukis dengan alasan karyanya sangat biasa, kurang bagus, tidak natural, dan tidak mirip dengan aslinya. Oleh karena itu, pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah pasangan pengusaha menolak membayar sejumlah uang yang telah disepakati.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved