Roboguru

Mengapa Thailand dijuluki sebagai "Lumbung Padi Asia" ?

Pertanyaan

Mengapa Thailand dijuluki sebagai "Lumbung Padi Asia" ?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Thailand dijuluki sebagai "Lumbung Padi Asia" karena faktor sebagai berikut :

  1. Negara Thailand menjadi penghasil padi dan beras terbesar di Asia Tenggara.
  2. Hasil pertanian ini menjadi komoditas ekspor tertinggi bagi negara Thailand.
  3. Iklim tropis yang menjadikan hasil pertanian lebih banyak.
  4. Memiliki lembah subur, sehingga hasil pertanian dapat tumbuh dengan subur, salah satunya pada lembah Sungai Chao-Phraya yang mengalir ke Teluk Thailand. 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia ?

Pembahasan Soal:

Thailand dijuluki sebagai lumbung padi Asia karena negara Thailand menjadi penghasil padi dan beras terbesar di wilayah Asia Tenggara. Selain padi, hasil pertanian di Thailand juga banyak, seperti karet, jagung, kopra, tebu, ketela pohon, dan tembakau. Hasil pertanian ini menjadi komoditas ekspor tertinggi negara Thailand. Kondisi ini didukung oleh iklim tropis negara Thailand dengan suhu rata-rata di daerah Selatan sekira 27° C, dan bagian utara 15° C. Musim hujan di Thailand berlangsung pada bulan Mei hingga September. Curah hujan rata-rata di Thailand sekira 2.000 hingga 3.000 mm. Sementara itu, musim kemarau terjadi pada bulan November hingga Februari. Selain itu, negara Thailand memiliki kondisi keruangan yang beranekaragam dengan didominasi daerah yang subur, salah satunya yaitu lembah Sungai Chao Phraya yang mengalir ke Teluk Thailand.

0

Roboguru

Tuliskan empat negara kawasan ASEAN yang memiliki sumber daya tambang batu bara !

Pembahasan Soal:

Batu bara adalah salah satu bahan bakar fosil. Pengertian umumnya adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya adalah sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur-unsur utamanya terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen. Batu bara juga adalah batuan organik yang memiliki sifat-sifat fisika dan kimia yang kompleks yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Batu bara banyak terdapat di negara ASEAN. Negara di kawasan ASEAN yang memiliki sumber daya tambang batu bara antara lain Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. 

0

Roboguru

Hasil pertambangan di Thailand yang digunakan sebagai bahan baku komponen dalam lampu neon yaitu ….

Pembahasan Soal:

Beberapa hasil tambang yang dihasilkan di Thailand antara lain timah, minyak bumi, gas alam, wolfram, dan tungsten. Tungsten dapat membentuk persenyawaan dengan kalsium dan magnesium yang bersifat menghasilkan cahaya, sehingga cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat lampu neon. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Di bagian utara negara Thailand banyak menghasilkan kayu-kayu yang bernilai jual tinggi seperti kayu jati yang dipengaruhi karena ...

Pembahasan Soal:

Secara astronomis Thailand berada pada 5 degree LU space minus space 21 degree LU space dan space 97 degree BT space minus space 106 degree BT.
Berdasarkan pembagian iklim berdasarkan garis lintang, negara Thailand masuk pada kategori iklim tropis (0 degree space minus space 23 comma 5 degree LU divided by LS).
Iklim tropis memiliki beberapa karakteristik diantaranya : curah hujan cukup tinggi, kelembapan udara cukup tinggi, dan memiliki 2 musim sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Pada kawasan Thailand bagian utara, wilayahnya didominasi oleh pegunungan dan hutan hujan tropis sehingga produksi kayu cukup melimpah pada daerah tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Hasil utama pertanian Thailand adalah....

Pembahasan Soal:

Sekitar 60% dari seluruh angkatan kerja Thailand dipekerjakan di bidang pertanian. Beras/padi adalah hasil pertanian yang paling penting. Komoditi pertanian lainnya yang dihasilkan dengan jumlah yang cukup besar adalah ikan dan produk-produk perikanan lainnya, tapioka, karet, biji-bijian, dan gula.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved