Roboguru

Mengapa terjadi gerhana bulan dan gerhana matahari?

Pertanyaan

Mengapa terjadi gerhana bulan dan gerhana matahari?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Gerhana disebabkan oleh pergerakan bulan mengeliling bumi, sehingga ada kalanya bulan sejajar dengan matahari dan bumi, dan posisinya bisa berada diantara bumi-matahari maupun belakang bumi. Pergerakan bulan mengelilingi bumi menghasilkan fenomena gerhana matahari, dan gerhana bulan. Proses terjadinya kedua gerhana tersebut adalah:

  • Gerhana bulan: Gerhana bulan terjadi karena bayangan Bumi menutupi sebagian atau semua permukaan Bulan. Posisi Bulan saat terjadi gerhana berada pada satu garis lurus dan dibelakang bumi. Akibatnya, cahaya matahari tidak sampai ke Bulan karena terhalang oleh Bumi.
  • Gerhana matahari: Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pada saat terjadi gerhana bulan, Bumi berada di antara matahari dan bulan. SEBAB Gerhana bulan biasanya...

Pembahasan Soal:

Pada saat terjadi gerhana bulan,bulan dalam peredarannya juga akan melalui kerucut bayangan Bumi. Bayangan Bumi dibedakan atas bayangan parsial (penumbra) dan bayangan inti (umbra). Pada waktu bulan terkena atau memasuki kerucut bayangan ini, permukaannya akan menjadi gelap. Gerhana Bulan terjadi ketika Bumi berada di antara matahari dan bulan. Gerhana bulan biasanya terjadi apabila bulan dalam kondisi penuh dan berada di dekat salah satu simpul orbitnya. Pada saat itu, bayangan atau umbra Bumi menutupi seluruh permukaan bulan sehingga terjadi gerhana bulan total.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Gerhana bulan sempurna terjadi apabila ....

Pembahasan Soal:

Gerhana bulan sempurna atau total dapat terjadi jika matahari, bumi, dan bulan berada pada posisi yang sama, sehingga sinar matahari yang ada tidak dapat sampai di permukaan bulan karena terhalang oleh  bumi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Bagaimana terjadinya gerhana bulan?

Pembahasan Soal:

Gerhana bulan adalah fenomena tertutupnya bulan oleh bayangan dari bumi sehingga bulan akan nampak terkikis hingga akhirnya hilang seperti tidak terlihat lagi. Gerhana bulan terjadi saat kedudukan matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus sehingga bayangan bumi menutupi sebagian ataupun keseluruhan bulan. Sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh matahari. Proses terjadinya gerhana bulan lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari yaitu selama beberapa menit hingga berjam lamanya.  

Roboguru

gerhana bulan sebagian  gerhana matahari cincin  gerhana matahari total  gerhana bulan cincin Fenomena yang terjadi akibat bumi dan bulan mengelilingi matahari adalah ....

Pembahasan Soal:

Bulan merupakan satelit Bumi, bergerak mengelilingi Bumi dengan lintasan berbentuk spiral. Hal ini dikarenakan bulan Bulan mengikuti Bumi mengelilingi Matahari. Pergerakan Bumi mengelilingi Matahari disebut sebagai revolusi bumi. Oleh karenanya, terkadang Bulan ada di dalam dan kadang-kadang di luar lintasan Bumi. Posisi Bulan dan Bumi selama mengelilingi Matahari menyebabkan beberapa fenomena yaitu: librasi bulan, rupa semu bulan, gerhana matahari, dan gerhana bulan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Sebutkan jenis jenis gerhana bulan?

Pembahasan Soal:

Gerhana bulan terjadi saat Bumi terletak di antara Matahari dan Bulan yang akan mengakibatkan cahaya Matahari terhalang oleh Bumi, sehingga cahayanya tidak sampai ke Bulan. Terdapat tiga jenis gerhana bulan, antara lain

  1. Gerhana bulan total, disebabkan ketika Bulan berada tepat di bayangan umbra (bagian tergelap dari bayangan itu sendiri) atau ketika Bulan sepenuhnya tertutup bayangan Bumi. Pada gerhana ini fase-fase bulan dapat diamati secara lengkap mulai dari bulan sebagian ke bulan sabit, lalu memerah karena masih ada cahaya matahari yang diteruskan ke bumi.
  2. Gerhana bulan parsial atau sebagian, gerhana terjadi hanya sebagian permukaan Bulan saja yang terhalang Bumi dan tidak mendapatkan cahaya Matahari, sebagian permukaan Bulan yang mendapatkan cahaya Matahari dan bagian itu masih dapat kita lihat dari Bumi. Karena gerhana bulan parsial yang terjadi dan hanya sebagian permukaan bulan yang mendapat cahaya Matahari, hal ini membuat bulan terlihat seperti bulan sabit atau bulan setengah.
  3. Gerhana penumbra, bulan berada di bayangan penumbra Bumi yang menyebabkan cahaya dari permukaan Bulan terlihat lebih redup. Pada gerhana ini seluruh bagian bulan masih dapat terlihat, tetapi dengan warna suram.space  

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved