Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa teori atom yang diajukan oleh Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik?

Mengapa teori atom yang diajukan oleh Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik? space

Iklan

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teori Rutherford tersebut dapat menyebabkan energi elektron habis dan jatuh bergabung dengan inti atom. Namun kenyataannya elektron stabil dan tidak jatuh ke dalam inti atom. Hal tersebut menyebabkan teori atom Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik .

teori Rutherford tersebut dapat menyebabkan energi elektron habis dan jatuh bergabung dengan inti atom. Namun kenyataannya elektron stabil dan tidak jatuh ke dalam inti atom. Hal tersebut menyebabkan teori atom Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik.space space

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah karena teori Rutherfod tidak dapat menjelaskan kestabilan elektron dan inti atom. Teori Atom Rutherford mengatakan bahwa atom terdiri dari nukleus yang berisi partikel bermuatan positif. Rutherford menyebut partikel bermuatan positif pada inti sebagai “proton”. Inti ini dikelilingi kulit yang tersusun atas "elektron" bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom dan berlawanan dengan muatan positif. Berdasarkan teori elektromagnetik, seharusnya proton dan elektron tarik menarik, memancarkan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Sehingga teori Rutherford tersebut dapat menyebabkan energi elektron habis dan jatuh bergabung dengan inti atom. Namun kenyataannya elektron stabil dan tidak jatuh ke dalam inti atom. Hal tersebut menyebabkan teori atom Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik .

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah karena teori Rutherfod tidak dapat menjelaskan kestabilan elektron dan inti atom.

Teori Atom Rutherford mengatakan bahwa atom terdiri dari nukleus yang berisi partikel bermuatan positif.  Rutherford menyebut partikel bermuatan positif pada inti sebagai “proton”. Inti ini dikelilingi kulit yang tersusun atas "elektron" bermuatan negatif yang mengelilingi inti atom dan berlawanan dengan muatan positif.

Berdasarkan teori elektromagnetik, seharusnya proton dan elektron tarik menarik, memancarkan energi dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Sehingga teori Rutherford tersebut dapat menyebabkan energi elektron habis dan jatuh bergabung dengan inti atom. Namun kenyataannya elektron stabil dan tidak jatuh ke dalam inti atom. Hal tersebut menyebabkan teori atom Rutherford bertentangan dengan teori gelombang elektromagnetik.space space

Latihan Bab

Model Atom

Inti Atom

Radioaktivitas dan Peluruhan

Radioisotop

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

241

Lisna Hartati Tampubolon

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Target yang digunakan oleh Rutherford sangat tipis. Apa keuntungan dari target tipis terhadap target tebal dalam eksperimen ini?

14

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia