Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa suhu udara di daerah ekuator lebih tinggi jika dibandingkan didaerah lintang tinggi ?

Mengapa suhu udara di daerah ekuator lebih tinggi jika dibandingkan di daerah lintang tinggi ?space 

Iklan

H. Argi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar pada soal ini adalah karena pada daerah equator posisi matahari tegak lurus dan mengalami penyinaran matahari yang lama di bandingkan dengan daerah lintang tinggi. Berikut adalah penjelasannya. Suhu udara merupakan panas dinginnya suhu di suatu tempat pada permukaan bumi. Faktor yang mempengaruhi tingginyasuhu udara adalah sebagai berikut. Sudut datang sinar matahari, merupakan posisi arah matahari yang menyinari permukaan bumi. Daerah equator merupakan daerah yang selalu disinari oleh matahari karena posisi matahari tegak lurus, sehingga memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan di daerah lintang tinggi. Lamanya waktu penyinaran matahari, durasi penyinaran matahari mempengaruhi suhu udara. Pada wilayah equator, durasi penyinaran matahari lebih lama, sehingga memiliki suhu udara yang lebih tinggi. Ketinggian tempat, pada wilayah yang tinggi memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan wilayah rendah. Hal ini dikarenakan daerah pegunungan jauh dari laut. Keadaan wilayah, lautan memiliki karakteristik yang sulit menyerap radiasi sinar matahari dan memantulkan panas matahari, sehingga memiliki suhu yang lebih tinggi. Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa daerah ekuator memiliki suhu tinggi dibandingkan daerah lintang tinggi karena sudut datang matahari dan lamanya waktu penyinaran matahari.

Jawaban yang benar pada soal ini adalah karena pada daerah equator posisi matahari tegak lurus dan mengalami penyinaran matahari yang lama di bandingkan dengan daerah lintang tinggi.

Berikut adalah penjelasannya.

Suhu udara merupakan panas dinginnya suhu di suatu tempat pada permukaan bumi. Faktor yang mempengaruhi tingginya suhu udara adalah sebagai berikut.

  • Sudut datang sinar matahari, merupakan posisi arah matahari yang menyinari permukaan bumi. Daerah equator merupakan daerah yang selalu disinari oleh matahari karena posisi matahari tegak lurus, sehingga memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan dengan di daerah lintang tinggi.
  • Lamanya waktu penyinaran matahari, durasi penyinaran matahari mempengaruhi suhu udara. Pada wilayah equator, durasi penyinaran matahari lebih lama, sehingga memiliki suhu udara yang lebih tinggi.
  • Ketinggian tempat, pada wilayah yang tinggi memiliki suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan wilayah rendah. Hal ini dikarenakan daerah pegunungan jauh dari laut.
  • Keadaan wilayah, lautan memiliki karakteristik yang sulit menyerap radiasi sinar matahari dan memantulkan panas matahari, sehingga memiliki suhu yang lebih tinggi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa daerah ekuator memiliki suhu tinggi dibandingkan daerah lintang tinggi karena sudut datang matahari dan lamanya waktu penyinaran matahari.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30

Thania Choba Rambu Hamu

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan suhu udara satu daerah dengan daerah lain!

231

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia