Roboguru

Mengapa sol  jika dialiri gas  membentuk koloid yang stabil dan tidak mudahterkoagulasi?

Pertanyaan

Mengapa sol As subscript 2 S subscript 3 jika dialiri gas H subscript 2 S membentuk koloid yang stabil dan tidak mudahspaceterkoagulasi?

Pembahasan Soal:

Partikel koloid memiliki kemampuan menyerap ion atau muatan listrik pada permukaannya. Oleh karena itu, partikel koloid menjadi bermuatan listrik. Penyerapan pada permukaan ini disebut adsorpsi (jika penyerapan sampai ke bawah permukaan disebut absorpsi). Sebagai contoh,  sol As subscript 2 S subscript 3 mengadsorpsi ion negatif sehingga bermuatan negatif jika dialiri gas H subscript 2 S.

Muatan koloid juga merupakan faktor yang menstabilkan koloid, di samping gerak Brown. Oleh karena bermuatan sejenis maka partikel-partikel koloid saling tolak-menolak, sehingga terhindar dari pengelompokan antarsesama partikel koloid itu (jika partikel koloid itu saling bertumbukan dan kemudian bersatu, maka lama-kelamaan dapat terbentuk partikel yang cukup besar dan akhirnyaspacemengendap).

Jadi,  sol As subscript 2 S subscript 3 mengadsorpsi ion negatif sehingga bermuatan negatif jika dialiri gas H subscript 2 S membentuk koloid yang stabil dan tidak mudahspaceterkoagulasi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved