Roboguru

Mengapa seorang akuntan perlu memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya?

Pertanyaan

Mengapa seorang akuntan perlu memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya?  

Pembahasan Soal:

Akuntan adalah ahli akuntansi yang bertugas menyusun, membimbing, mengawasi, menginspeksi, dan memperbaiki tata buku serta administrasi perusahaan atau instansi pemerintah. Tugas akuntan memonitor dan mencatat aliran keuangan yang ada dalam sebuah bisnis atau organisasi dan memverifikasi keakuratan dan memastikan keabsahan semua transaksi dan memonitor transaksi tersebut agar sesuai dengan ketentuan perusahaan. Karena profesional kerja dan tanggungjawab yang tinggi dalam pekerjaan tersebut, maka seorang akuntan senantiasa menggunakan pertimbangan moral dan profesional terhadap kegiatan yang dilaksanakan. 

Oleh karena itu, akuntan perlu memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan kode etik yang telah diatur dalam profesi akuntan sebab memiliki tanggung jawab kepada pemakai jasa mereka dan tanggung jawab untuk bekerja sama dengan sesama anggota demi mengembangkan profesi akuntansi serta memelihara kepercayaan masyarakat.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang akuntan perlu menjunjung tinggi kode etik profesinya agar dapat bertindak objektif. Pernyataan tersebut ditunjukkan oleh pilihan ....

Pembahasan Soal:

Salah satu etika profesi akuntan yang tepat dengan jawaban dari soal tersebut adalah objektivitas. Objektivitas adalah setiap akuntan yang harus mempertahankan integritas dan objektivitas dalam melaksanakan tugas. Akuntan yang memiliki objektivitas akan bertindak adil dengan mengabaikan tekanan atau permintaan pihak tertentu, maupun kepentingan pribadinya. Pernyataan yang berhubungan dengan hal tersebut adalah Arimbi sebagai akuntan bertindak adil tanpa dipengaruhi tekanan, permintaan pihak tertentu, maupun kepentingan pribadi.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C. 

Roboguru

Amati pernyataan berikut.   Menghindari pelanggaran etika sekecil apa pun. Memiliki kontinuitas masa mendatang. Menekankan reputasi jangka panjang. Siap menghadapi konsekuensi yang kurang baik a...

Pembahasan Soal:

Etika profesi akuntan adalah suatu pedoman bagi para akuntan. Akuntan memiliki tanggung jawab profesi untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak dengan beragam kepentingan. Berikut tiga prinsip dasar perilaku etis bagi akuntan:

  1. Menghindari pelanggaran etika sekecil apapun.
  2. Menekankan pada reputasi jangka panjang.
  3. Siap menghadapi konsekuensi yang kurang baik bila berpegang pada perilaku etis.

Berdasarkan soal tersebut, maka pernyataan yang merupakan prinsip dasar perilaku etis akuntan ditunjukkan oleh nomor 1, 3, dan 4.
 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Bagaimana etika kerja seorang akuntan dalam bekerja?

Pembahasan Soal:

Dalam Kode Etika Akuntansi Indonesia tahun 1998, disebutkan delapan prinsip etika profesi akuntan, yaitu sebagai berikut.

  1. Tanggung Jawab Profesi
    Dalam melakukan kegiatan, setiap anggota wajib menggunakan pertimbangan moral dan bettindak perofesional.
  2. Kepentingan Publik
    Setiap anggota dalam pelayanan publik, harus menghormati kepercayaan publik, dan wajib menunjukkan komitmen dan profesionalitasnya.
  3. Integritas
    Setiap anggota wajib meningkatkan kualitas kerja dan integritasnya dengan  meningkatkan kualitas kerjanya, serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.
  4. Objektivitas
    Setiap anggota harus memegang teguh prinsip objektivitas dengan tidak memihak, jujur, adil, serta bebas dari kepentingan dan pengaruh dari pihak manapun.
  5. Kompetensi dan kehati-hatian professional
    Dalam melaksanakan jasa profesionalnya harus dengan penuh kehati-hatian, ketekunan, serta mempertahankan pengetahuan dan keterampilan dengan kompetensi secara professional.
  6. Kerahasiaan
    Setiap anggota wajib menjaga segala informasi yang diperoleh dan tidak boleh mengungkap informasi tersebut tanpa persetujuan pemakai jasa.
  7. Perilaku profesional
    Setiap anggota wajib dan harus menghindari tindakan-tindakan yang berusaha mendiskreditkan atau mengurangi tingkat profesi, seperti perwujudan tanggung jawab kepada penerima jasa, pihak ketiga, pemberi kerja, dan masyarakat.
  8. Standar teknis
    Setiap anggota wajib melaksanakan kegiatan secara professional yang sesuai dengan standar teknis dan standar professional yang ditetapkan dan dikeluarkan oleh IAI, Internatonal Federation of Accountants (IFAC), badan pengatur, dan peraturan perundang-undangan.

Oleh karena itu, etika profesi mutlak dimiliki oleh seorang akuntan. Hal ini diperlukan agar tidak ada penerima informasi yang diuntungkan dan dirugikan. space space 

Roboguru

Sebutkan kode etik yang dimiliki seorang teknisi akuntansi!

Pembahasan Soal:

Teknisi akuntansi merupakan kegiatan seseorang untuk melakukan penginputan pada sebuah bidang jasa usaha karena seseorang tersebut terampil dalam kompetensi akuntansi baik di sektor perusahaan ataupun di sektor pemerintah. Secara umum, kode etik teknisi akuntansi terdiri atas tiga bagian, yakni prinsip etika, aturan etika, dan interpretasi aturan etika. Adapun Aturan/Kode Etik Teknisi Akuntansi, yaitu:

  1. Keterterapan, seorang teknisi akuntansi harus kompeten dalam melaksanakan proses pembukuan di dunia usaha, pemerintahan, maupun lembaga lainnya.
  2. Independensi, hal ini berarti bahwa seorang teknisi akuntansi harus selalu mempertahankan sikap mental independen pada saat memberikan jasa profesionalnya.
  3. Integritas dan Objektivitas, seorang teknisi akuntansi harus terbebas dari berbagai benturan kepentingan serta tidak boleh membiarkan begitu saja faktor kesalahan penyajian material yang diketahuinya ataupun mengalihkan pertimbangannya pada pihak lain. space 
Roboguru

Pernyataan berikut ini termasuk etika profesi akuntan, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Kode etik akuntan Indonesia memuat beberapa hal sebagai berikut:

  1. Tanggung Jawab Profesi
  2. Kepentingan Publik
  3. Integritas
  4. Objektivitas
  5. Kompetensi dan Kehati-hatian
  6. Kerahasiaan
  7. Standar teknis

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved