Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa sejarah disebut sebagai kisah?

Mengapa sejarah disebut sebagai kisah?undefined

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

sejarah disebut sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun/disusun kembali oleh sejarawan berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

sejarah disebut sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun/disusun kembali oleh sejarawan berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Sejarah sebagai kisah memiliki makna bahwa sejarah ialah sebuah cerita yang disusun dari memori, kesan atau tafsiran, manusia terhadap kejadian-kejadian atau peristiwa yang telah terjadi atau berlangsung.Karena sejarah itu suatu cerita, sifatnya akan bergantung kepada siapa yang menceritakannya. Manusia memiliki kepribadian yangberbeda-beda, sehingga Moh. Ali menyebut bahwa sejarah serba subjek ( rerum gestarum). Meskipun sifatnya yang berupa cerita/kisah bukan berarti sejarah sama dengan novel ataupun dongeng. Peristiwa sejarahitu disusun secara ilmiah berdasarkan fakta-fakta pada masa lalu. Kemudian fakta-fakta itu ditafsirkan dan dijelaskan secara terperinci. Sehingga tersusunlah hasil penelitian sejarawan yang berupaya untuk membangun kembali peristiwa/kejadian masa lalu dengan tafsiran-tafsiran tersebutberdasarkan fakta sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan demikian sejarah disebut sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun/disusun kembali oleh sejarawan berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sejarah sebagai kisah memiliki makna bahwa sejarah ialah sebuah cerita yang disusun dari memori, kesan atau tafsiran, manusia terhadap kejadian-kejadian atau peristiwa yang telah terjadi atau berlangsung. Karena sejarah itu suatu cerita, sifatnya akan bergantung kepada siapa yang menceritakannya. Manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda, sehingga Moh. Ali menyebut bahwa sejarah serba subjek (rerum gestarum). Meskipun sifatnya yang berupa cerita/kisah bukan berarti sejarah sama dengan novel ataupun dongeng. Peristiwa sejarah itu disusun secara ilmiah berdasarkan fakta-fakta pada masa lalu. Kemudian fakta-fakta itu ditafsirkan dan dijelaskan secara terperinci. Sehingga tersusunlah hasil penelitian sejarawan yang berupaya untuk membangun kembali peristiwa/kejadian masa lalu dengan tafsiran-tafsiran tersebut berdasarkan fakta sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan. 


Dengan demikian sejarah disebut sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun/disusun kembali oleh sejarawan berdasarkan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sejarah sebagai kisah memiliki pengertian bahwa peristiwa yang benar-benar terjadi tersebut mengalami...

31

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia