Roboguru

Mengapa revolusi industri di lnggris menjadi tonggak penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia modern?

Pertanyaan

Mengapa revolusi industri di lnggris menjadi tonggak penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia modern? 

Pembahasan Soal:

Revolusi industri di lnggris abad XVIII menjadi tonggak penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia modern. Atas terjadinya Revolusi Industri, berbagai inovasi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi muncul. Beberapa teknologi yang dihasilkan, seperti spinning jenny karya James Hargreaves, mesin pemintal bertenaga air karya Sir Richard Arkwright, hingga ditemukannya mesin uap oleh James Watt. Dengan adanya penemuan-penemuan tersebut kerja industri menjadi lebih efektif dan efisien.

Dengan demikian, Revolusi Industri menjadi tonggak penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini yang bukan merupakan dampak Revolusi Industri di bidang ekonomi, adalah ...

Pembahasan Soal:

Berkembangnya berbagai temuan teknologi yang terjadi pada revolusi industri telah mendorong perkembangan pesat industri di Eropa yang membawa dampak besar baik secara politik, sosial maupun ekonomi. Dalam bidang ekonomi terdapat beberapa dampak, di antaranya adalah.

  • Lahirnya Industri Besar, tumbuh industri secara besar-besaran dengan proses mekanisasi.Revolusi industri telah memicu terjadinya revolusi dalam sistem perekonomian, yaitu dari agraris ke ekonomi industri.
  • Berkembangnya kapitalisme, sistem ekonomi yang terjadi saat sarana-sarana produksi dimiliki secara pribadi oleh pemilik modal. Kapitalisme juag menyebabkan banyak buruh yang tidak dapat menikmati kehidupan yang layak, sementara para kapitalis semakin kaya raya.
  • Industri kecil gulung tikar, karena tidak bisa bersaing dengan industri-industri besar yang biaya produksinya tinggi.
  • Perdagangan makin berkembang, berkat alat perhubungan yang modern, cepat dan murah, produksi lokal berubah menjadi produksi internasional. Pelayaran dan perdagangan internasional makin mengembang pesat.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Berikut ini yang bukan pengaruh perkembangan kolonialisme dan imperialisme di kawasan Asia Afrika adalah...

Pembahasan Soal:

Kolonialisme adalah upaya yang dilakukan negara-negara penguasa dalam rangka menguasai suatu daerah/ wilayah untuk mendapatkan sumber daya alam. Imperialisme adalah suatu sistem politik yang bertujuan untuk menguasai negara lain dalam memperoleh kekuasaan atau keuntungan dari negara yang dikuasainya.

Pengaruh perkembangan kolonialisme dan imperialisme di kawasan Asia Afrika adalah :

  1. Merkantilisme. Semangat renaisans dan humanisme ini menekankan ke kebebasan individu. Hal ini jadi pondasi bagi lahirnya sekularisme di Eropa. Sekularisme?, Yaitu gerakan yang mendorong dihapusnya agama dari ruang publik, karena agama itu urusan masing-masing individu. Dengan semangat Renaisans ini masyarakat Eropa menjadi berkembang dalam ilmu pengetahuan dan perdagangan yang melahirkan paham Merkantilisme. (Abad 16-18). Paham Merkantilisme mengatakan kesejahteraan suatu negara itu ditentukan dengan banyaknya aset atau modal yang dimiliki dan juga besarnya volume perdagangan global suatu negara. Karena itu negara-negara Eropa berlomba untuk menjelajah samudera diantaranya Portugis dan Spanyol berdagang rempah ke Indonesia. Paham inilah secara tidak langsung berpengaruh ke lahirnya kolonialisme dan imperialisme.
  2. Reformasi Gereja. Selain berdampak di bidang ekonomi, gerakan renaisans juga berdampak terhadap agama. Adanya praktek jual-beli surat pengakuan dosa atau indulgensi yang menyimpang dari agama,  Gereja mendapatkan kritik dan kecaman yang masif. Seorang Tokoh yang gencar mengkritik praktik ini adalah Martin Luther, seorang teolog dari Jerman. Ia menempelkan 95 dalil di depan pintu Gereja Wittenberg yang berisi kepercayaan, doktrin, dan praktik dalam Gereja Katolik Roma yang mendesak buat di reformasi.  Di 95 dalil itu, ada daftar kebobrokan moral pejabat gereja. Ide Luther mulai tersebar ke seluruh Eropa. Luther dipanggil pihak gereja untuk mempertanggung jawabkan dalilnya. Kegigihannya untuk mengkritik gereja katolik roma itu disebut dengan Reformasi Protestan atau Reformasi Gereja. Dengan adanya reformasi ini, maka lahirlah ajaran kristen protestan yang kita kenal hingga sekarang.
  3. Revolusi Industri terjadi antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia.  Bermula dari Eropa menyebar ke seluruh dunia. dimana terjadinya peralihan dalam penggunaan Tenaga Kerja di Inggris dari tenaga hewan dan manusia menjadi mesin yang berbasis manufaktur. Periode awal dimulai dengan dilakukannya mekanisasi terhadap industri tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batubara. Ekspansi Perdagangan, perbaikan dan pembangunan infrastruktur.
  4. Kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri baik dari segi wilayah maupun rakyatnya di wilayah tersebut, biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya, tenaga kerja dan pasar (ekonomi) dari wilayah tersebut.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Revolusi industri tidak hanya memberikan dampak positif melainkan juga dampak negatif, khususnya dalam bidang sosial. SEBAB Revolusi industri mengakibatkan munculnya Black Country dan banyak petani ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan Betul. Revolusi industri adalah perubahan cara pembuatan barang-barang industri yang semula dikerjakan dengan tenaga manusia diganti dengan tenaga mesin. Saat ini, dunia telah masuk dalam revolusi industry 4.0 dimana otomisasi mesin menjadi kunci sehingga negara yang menguasai teknologi dengan baik akan mampu bertahan dan mengikuti perkembangan.Berkembangnya berbagai temuan teknologi telah mendorong perkembangan yang cukup pesat di industri Eropa. Perkembangan tersebut bukan hanya berdampak positif tetapi tentu juga berdampak negatif. Seperti, Revolusi Industri yang akhirnya melahirkan imperialisme modern yang mengakibatkan negara-negara Eropa saling berebut tanah jajahan untuk dijadikan daerah pemasaran hasil industri maupun daerah penghasil bahan baku industri. 

Alasan betul. Dampak negatif yang lahir dari adanya Revolusi Industri ini adalah adanya peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan arus urbanisasi ke kota besar. Banyak petani yang kehilangan mata pencahariannya datang ke kota untuk mencari pekerjaan di pabrik atau sentra industri lainnya. Selain itu Pengaruh adanya Revolusi Industri juga mengakibatkan munculnya kawasan industri yang kerap kali dijuluki sebagai "Black Country" . Sebutan Black Country disebabkan karena banyaknya pusat industri yang mengeluarkan limbah berupa asap sehingga membuat udara menjadi hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak.

Hubungan Sebab Akibat. Perkembangan Revousi Industri tersebut bukan hanya berdampak positif tetapi juga berdampak negatif sebab akhirnya adanya peningkatan laju pertumbuhan penduduk dan arus urbanisasi ke kota besar. Banyak petani yang kehilangan mata pencahariannya datang ke kota untuk mencari pekerjaan di pabrik atau sentra industri lainnya. Serta munculnya kawasan industri yang kerap kali dijuluki sebagai "Black Country". Sebutan Black Country disebabkan karena banyaknya pusat industri yang mengeluarkan limbah berupa asap sehingga membuat udara menjadi hitam akibat tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah A. 

Roboguru

Berkembangnya Revolusi Industri di Eropa, ternyata juga memberikan pengaruh negatif kepada Indonesia pada saat itu, seperti...

Pembahasan Soal:

Berkembangnya Revolusi Industri di Eropa juga berdampak pada Indonesia atau saat itu Hindia-Belanda. Sebagai negara jajahan Belanda, wilayah Indonesia dimanfaatkan untuk dieksploitasi hasil mineral yang nantinya menjadi bahan mentah untuk keperluan industri. Rakyat Indonesia pada saat itu hanya merasakan penderitaannya saja karena banyak dipekerjakan sebagai buruh kasar dengan upah yang rendah

Roboguru

Jelaskan dampak Revolusi lndustri yang terjadi di Eropa dan Amerika dalam bidang sosial, ekonomi, dan politik!

Pembahasan Soal:

Revolusi industri adalah perubahan cara pembuatan barang-barang industri yang semula dikerjakan dengan tenaga manusia diganti dengan tenaga mesin. Penemuan mesin menggantikan tenaga manusia merupakan inti revolusi industri. Revolusi industri dipicu oleh adanya revolusi agraria dalam penyediaan bahan baku wol yang mendorong penemuan mesin-mesin dalam industry tekstil. Revolusi industri ini terjadi di Inggris sekitar pada tahun 1750 (abad XVIII), lalu berkembang dengan cepat keseluruh Eropa, seperti Prancis, Jerman, dan Belanda, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Jepang.

Dalam perkembangannya, penggunaan mesin untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan tidak hanya terjadi pada bidang manufaktur, tetapi juga dalam bidang pertanian, pertambangan dan transportasi. Berkembangnya berbagai temuan teknologi telah mendorong perkembangan pesat industri di Eropa yang membawa dampak besar baik secara ekonomi, sosial, maupun politik.

  • Bidang Ekonomi
  1. Lahirnya Industri Besar, tumbuh industri secara besar-besaran dengan proses mekanisasi.
  2. Berkembangnya kapitalisme, sistem ekonomi yang terjadi saat sarana-sarana produksi dimiliki secara pribadi oleh pemilik modal.
  3. Industri kecil gulung tikar, karena tidak bisa bersaing dengan industri-industri besar yang biaya produksinya tinggi
  • Bidang Sosial
  1. Arus Urbanisasi semakin tinggi, karena industri menciptakan lapangan kerja sehingga menarik minat penduduk desa untuk ke kota.
  2. Kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, banyak buruh yang tidak menikmati kehidupan dengan layak sementara para kapitalis menjadi semakin kaya.
  3. Lahirnya kelas buruh, rasa senasib sepenanggungan mendorong para buruh untuk bersatu.
  4. Munculnya revolusi sosial, terdapat gerakan sosial yang menuntut perbaikan nasib para buruh yang terjadi pada tahun 1980-an di Inggris.
  5. Polusi di banyak tempat, pembangunan pabrik menyebabkan oencemaran udara dan limbah yang tidak terkendali sehingga menyebabkan kehidupan kota menjadi tidak sehat dan kotor.
  6. munculnya individualisme, akibat revolusi industi membuat orang semakin mementingkan dirinya sendiri dan lupa akan kepentingan orang lain.
  • Bidang Politik
  1. Munculnya paham sosialisme, para buruh bergerak untuk memperbaiki nasib dan kemudian membentuk organisasi yang disebut gerakan sosialis.
  2. Munculny partai politik, para buruh dan tokoh sosialis membentuk partai  politik yakni Labour Party.
  3. Timbulnya imperialisme modern, untuk mendapatkan bahan mentah, pasar dan tempat investasi di tanah jajahan.

Dengan demikian dampak revolusi industri pada bidang ekonomi adalah lahirnya industri besar, berkembangnya kapitalisme, dan Industri kecil gulung tikar. Dalam bidang sosial adalah arus urbanisasi semakin tinggi, kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, lahirnya kelas buruh, munculnya revolusi sosial, polusi di banyak tempat, dan munculnya individualisme. Dalam bidang politik adalah munculnya paham sosialisme, munculnya partai politik, dan timbulnya imperialisme modern.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved