Roboguru

Mengapa Rengasdengklok dipilih sebagai tempat mengamankan Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta?

Pertanyaan

Mengapa Rengasdengklok dipilih sebagai tempat mengamankan Ir. Soekarno dan Muhammad Hatta?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa penculikan yang dilakukan oleh sejumlah pemuda dari perkumpulan "Menteng31" terhadap Soekarno dan Hatta. Rengasdengklok dipilih sebagai tempat pengasingan Ir. Soekarno dan Drs.Moh Hatta karena berdasarkan pertimbangan militer wilayah Rengasdengklok berada di kawasan kekuasaan PETA yang letaknya terpencil sehingga dapat terdeteksi apabila ada gerakan jepang menuju Rengasdengkok. 

Dengan demikian alasan dipilihnya Rengasdengklok sebagai tempat pengasingan Ir. Soekarno dan Drs.Moh Hatta karena letaknya terpencil sehingga dapat terdeteksi apabila ada gerakan jepang menuju Rengasdengkok.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Palembang ...

Pembahasan Soal:

Berita Proklamasi Kemerdekaan ketika sampai di Palembang membuat dr. Adnan Kapau Gani bersama tokoh-tokoh Sumatera Selatan pada tanggal 18 Agustus 1945 membicarakan tentang penyambutan berita proklamasi. Dilanjutkan pada tanggal 20 Agustus pengibaran bendera di Masjid Agung. Dan puncaknya tanggal 23 Agustus 1945 membentuk pemerintahan bangsa Indonesia Karesidenan Palembang dan dr. A.K Gan sebagi residennya yang disahkan oleh Gubernur Sumatera.

Dengan demikian reaksi spontan terhadap Aksi Menteng 31 di Palembang adalah  tanggal 20 Agustus 1945 pengibaran bendera merah putih di Masjid Agung dan dilanjutkan tanggal 23 Agustus 1945 membentuk pemerintahan bangsa Indonesia Karesidenan Palembang dan dr. A.K Gani sebagi residennya yang disahkan oleh Gubernur Sumatera.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia bukan merupakan hadiah dari Jepang. SEBAB Tujuan golongan...

Pembahasan Soal:

Kemerdekaan yang dicapai oleh bangsa Indonesia bukan merupakan hadiah dari Jepang. Pernyataan ini benar karena kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan tokoh-tokoh nasional. Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan saat kondisi bangsa Indonesia dalam keadaan kekosongan kekuasaan karena Jepang sudah kalah terhadap sekutu dan kondisi ini lah yang dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh nasional untuk memproklamasikan kemerdekaan IndonesiaTujuan golongan pemuda membawa Sukarno dan Hatta untuk menghindarkannya dari pengaruh Jepang. Pernyataan ini benar, pada malam hari, 15 Agustus 1945 Sukarno dan Hatta telah dibawa oleh para pemuda ke Rengasdengklok (sebuah kota kecil yang terletak di Karawang, Jawa Barat). Mereka dibawa ke tempat tersebut dengan alasan untuk menyelamatkan dari pengaruh Jepang. Sukarno dan Hatta sadar bahwa para pemuda ini sebenarnya bermaksud untuk memaksa kedua tokoh ini menyatakan kemerdekaan Indonesia dan unmk mendahului pelaksanaan janji Jepang.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pada masa awal pemulihan kondisi ekonomi setelah kemerdekaan, pemerintah RI untuk sementara waktu mengakui mata uang yang berlaku, yaitu....

Pembahasan Soal:

Lahirnya mata uang Indonesia berawal setelah Indonesia meraih kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Kala itu perekonomian Indonesia masih porak-poranda, dimana inflasi masih melambung tinggi. Hal itu disebabkan karena adanya tiga buah mata uang yang berlaku, yakni mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia Belanda, dan mata uang pendudukan Jepang.undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Mengapa proklamasi dianggap sebagai puncak perjuangan kemerdekaan?

Pembahasan Soal:

Penjajahan  yang dialami oleh rakyat Indonesia telah menyebabkan penderitaan yang besar. Bangsa Indonesia mengalami keterbelakangan diakibatkan oleh penjajajahan yang dilakukan oleh bangsa lain. Hal ini bertolakbelakang dengan kondisi sebelum adanya penjajahan bangsa lain dimana masyarakat Nusantara memiliki peradaban yang tinggi ketika masa kerajaan-kerajaan baik itu m.asa Kerajaan Hindu maupun Kerajaan Islam. Penderitaan dari rakyat Indonesia yang dirasakan selama ratusan tahun pada akhirnya berakhir ketika adanya proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tujuan kemerdekaan Indonesia adalah untuk membebaskan dari pengaruh asing dan bisa berdiri sebagai sebuah bangsa yang mandiri dan beradab. Kemerdekaan Indonesia dapat dianggap sebagai puncak perjuangan bagsa Indonesia dalam usahanya melawan penjajahan bangsa asing. Setelah mengalami kegagalan selama bertahun-tahun pada akhirnya usaha Indonesia dalam mengusir penjajah mencapai momennya ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, proklamasi Indonesia dianggap puncak perjuangan bangsa Indonesia karena usahanya mengusir penjajah selama  bertahun-tahun dapat berhasil.
 

0

Roboguru

Tanggal berapa Pancasila di resmikan?

Pembahasan Soal:

Pancasila lahir tanggal 1 Juni 1945 dalam pidato Ir. Soekarno. Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI. Kemudian disahkan dan dinyatakan sah sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh PPKI.

Dengan demikian Pancasila diresmikan secara sah sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved