Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa Psilophyta disebut paku purba atau paku telanjang?

Mengapa Psilophyta disebut paku purba atau paku telanjang?  space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Psilophyta (Psilotopsida) disebut paku purba atau paku telanjang karena ebagian besar anggotanya sudah punah dan memiliki struktur tubuh paling sederhana karena tidak memiliki daun. Dalam taksonomi tumbuhan, tumbuhan paku dibagi menjadi empat kelas berdasarkan struktur tubuhnya, yaitu Lycopsida, Psilotopsida, Sphenopsida dan Pteropsida. Salah satu kelompok tumbuhan paku yaitu Psilotopsida. Psilotopsida dapat disebut sebagai paku purba karena sebagian besar anggotanya telah punah. Psilotopsida disebut juga sebagai paku telanjang dengan alasan struktur tubuhnya paling sederhana karena tidak memiliki daun. Apabila terdapat daun, daun-daun tersebut berukuran kecil (mikrofil) dan belum terdiferensiasi. Beberapa anggotanya juga belurn memiliki akar sejati. Meskipun begitu, batang paku purba sudah memiliki berkas pengangkut. Paku purba merupakan paku homospora. Contoh paku purba adalah Psilotum nudum .

Psilophyta (Psilotopsida) disebut paku purba atau paku telanjang karena ebagian besar anggotanya sudah  punah dan memiliki struktur tubuh paling sederhana karena tidak memiliki daun.

Dalam taksonomi tumbuhan, tumbuhan paku dibagi menjadi empat kelas berdasarkan struktur tubuhnya, yaitu Lycopsida, Psilotopsida, Sphenopsida dan Pteropsida. Salah satu kelompok tumbuhan paku yaitu Psilotopsida. Psilotopsida dapat disebut sebagai paku purba karena sebagian besar anggotanya telah punah. Psilotopsida disebut juga sebagai paku telanjang dengan alasan struktur tubuhnya paling sederhana karena tidak memiliki daun. Apabila terdapat daun, daun-daun tersebut berukuran kecil (mikrofil) dan belum terdiferensiasi. Beberapa anggotanya juga belurn memiliki akar sejati. Meskipun begitu, batang paku purba sudah memiliki berkas pengangkut. Paku purba merupakan paku homospora. Contoh paku purba adalah  Psilotum  nudum.space 

Latihan Bab

Apa itu Plantae?

Lumut (Bryophyta)

Paku (Pteridophyta)

Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tumbuhan paku yang tergolong dalam kelas Psilophytinae mempunyai ciri-ciri yaitu ....

3rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia