Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa PNI dapat terpecah menjadi Partindo dan PNI Baru?

Mengapa PNI dapat terpecah menjadi Partindo dan PNI Baru?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

PNI dapat terpecah menjadi Partindo dan PNI Baru disebabkan perbedaanpendapat mengenai kelanjutandariorganisasiPNI. Untuk lebih jelasnya, yukpahami penjelasan berikut: Pada 1929, para pemimpin PNI, termasuk Sukarno ditangkap oleh pemerintah kolonial karena dianggap kegiatannya dapat membahayakan pemerintah. Hal ini menimbulkan perbedaan pendapat mengenai kelanjutan organisasi ini. PNI pun terpecah menjadi dua kelompok. Ada kelompok yang ingin mempertahankan PNI, tetapi ada pula yang ingin membentuk organisasi baru.Kelompok yang ingin membentuk organisasi baru dipimpin oleh Sartono. Ia membentuk Partai Indonesia pada30April 1939. Sementara itu,kelompok yang ingin mempertahankan PNI mendirikan PNI Baru. Organisasi inididirikan oleh Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir.

PNI dapat terpecah menjadi Partindo dan PNI Baru disebabkan perbedaan pendapat mengenai kelanjutan dari organisasi PNI.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pada 1929, para pemimpin PNI, termasuk Sukarno ditangkap oleh pemerintah kolonial karena dianggap kegiatannya dapat membahayakan pemerintah. Hal ini menimbulkan perbedaan pendapat mengenai kelanjutan organisasi ini. PNI pun terpecah menjadi dua kelompok. Ada kelompok yang ingin mempertahankan PNI, tetapi ada pula yang ingin membentuk organisasi baru. Kelompok yang ingin membentuk organisasi baru dipimpin oleh Sartono. Ia membentuk Partai Indonesia pada 30 April 1939. Sementara itu, kelompok yang ingin mempertahankan PNI mendirikan PNI Baru. Organisasi ini didirikan oleh Mohammad Hatta dan Sutan Syahrir.

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut. Penangkapan tokoh-tokoh pergerakan. Pembatasan kegiatan organisasi pergerakan. Krisis perusahaan gula sejak tahun 1918. Kepala pemerintah kolon...

227

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia