Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis?

Mengapa permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis?space 

Iklan

H. Zulaiha

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi sari-sari makanan.

permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi sari-sari makanan. space 

Iklan

Pembahasan

Epitel silindris selapis memiliki bentuk sel yang panjang seperti tabung dengan inti terletak di bagian bawah. Epitel jenis ini berfungsi untuk sekresi, absorpsi, proteksi dan pelumas. Pada umumnya, di permukkaan epitel ini terdapat silia dan lendir. Jenis epitel ini dapat ditemukan pada lambung, usus (mikrovili dan jonjot usus halus), kelenjar-kelenjar pencernaan, kantong emepdu, saluran perncernaan, sistem pernapasan bagain atas, saluran telur dan uterus (rahim). Oleh karena itu pada permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi. Jonjot usus halus berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan dan dengan adanya lipatan-lipatan dan juluran-juluran dalam dinding usus halus akan memperluas permukaan penyerapan pada organ usus halus. Jadi, permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi sari-sari makanan.

Epitel silindris selapis memiliki bentuk sel yang panjang seperti tabung dengan inti terletak di bagian bawah. Epitel jenis ini berfungsi untuk sekresi, absorpsi, proteksi dan pelumas. Pada umumnya, di permukkaan epitel ini terdapat silia dan lendir. Jenis epitel ini dapat ditemukan pada lambung, usus (mikrovili dan jonjot usus halus), kelenjar-kelenjar pencernaan, kantong emepdu, saluran perncernaan, sistem pernapasan bagain atas, saluran telur dan uterus (rahim). Oleh karena itu pada permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi. Jonjot usus halus berfungsi untuk menyerap sari-sari makanan dan dengan adanya lipatan-lipatan dan juluran-juluran dalam dinding usus halus akan memperluas permukaan penyerapan pada organ usus halus.

Jadi, permukaan vili atau jonjot usus disusun oleh epitel silindris selapis agar mempermudah proses absorpsi sari-sari makanan. space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan macam epitel selapis berdasarkan bentuknya beserta lokasi dan fungsinya masing-masing!

2

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia