Roboguru

Mengapa pencemaran udara dapat mempengaruhi daur air?

Pertanyaan

Mengapa pencemaran udara dapat mempengaruhi daur air?undefined 

Pembahasan Soal:

Pencemaran udara berupa zat asam seperti sulfur, dapat menguap dan terlarut oleh uap air. Ketika terjadi presipitasi (hujan), zat kimia asam yang terlarut akan ikut turun dan menyebabkan terjadinya hujan asam. Zat asam bersifat korosif terhadap logam, sehingga dapat merusak bangunan, tiang listrik, jembatan, dan struktur lain, menimbulkan kematian tanaman, serta menimbulkan iritasi jika terkena kulit.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Hindarto

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa peningkatan CO, di udara dapat mengakibatkan sesak napas?

Pembahasan Soal:

Sesak napas terjadi karena adanya gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan tubuh. Penyebabnya adalah hemoglobin (Hb) darah dapat mengikat komponen selain oksigen seperti karbon monoksida. Karena daya ikat Hb lebih tinggi terhadap CO, maka CO akan lebih berpotensi untuk masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian dada menjadi sesak nafas mengindikasikan kekurangan oksigen.spaceundefined 

0

Roboguru

Gas berikut yang memiliki daya afinitas yang tinggi terhadap Hb dan dapat menyebabkan keracunan adalah…

Pembahasan Soal:

Gas yang memiliki daya afinitas yang tinggi terhadap Hb dan dapat menyebabkan keracunan adalah karbondioksida. Hal ini karena Karbon Monoksida memiliki afinitas yang tinggi terhadap Hemoglobin (Hb) sehingga apabila terikat dengan gas karbon monoksida akan menghasilkan HbC O yang apabila masuk terlalu banyak ke dalam peredaran darah dapat menyebabkan kematian.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Adanya CO2​ yang berlebih di udara dapat mengakibatkan terjadinya …

Pembahasan Soal:

Karbon dioksida (undefined)  adalah salah satu gas pencemar udara yang paling banyak. Biasa dihasilkan dari sisa pembakaran bahan bakar fosil. Apabila kandungan undefined terlalu banyak di atmosfer, dapat menyebabkan pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena lapisan ozon yang berlubang menyebabkan sinar UV secara langsung akan mengenai permukaan bumi, sinar UV tersebut akan dipantulkan oleh permukaan bumi ke ruang angkasa, namun terperangkap kembali ke permukaan bumi diakibatkan karena adanya lapisan atmosfer bumi. Hal itu menyebabkan meningkatnya suhu dari permukaan bumi. Peningkatan suhu bumi dapat mengakibatkan efek buruk bagi kelangsungan ekosistem yang ada di bumi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan akibat pencemaran udara yang merugikan aktivitas alami!

Pembahasan Soal:

Berikut ini akibat pencemaran udara yang merugikan aktivitas alami:

1. Masalah kesehatan

Efek polusi udara mengkhawatirkan sebab memengaruhi pernafasan, jantung bahkan menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Anak-anak di daerah yang terpapar polutan udara dapat menderita pneumonia dan asma.

2. Pemanasan global

Dampak langsung polusi udara adalah perubahan langsung yang dialami seluruh dunia karena pemanasan global. Meningkatnya suhu di seluruh dunia, meningkatkan permukaan laut dan menyebabkan pencairan es di daerah yang lebih dingin dan gunung es. Akibatnya terjadi perpindahan bahkan hilangnya habitat bagi sebagian spesies hewan. Spesies tanaman di daratan maupun perairan juga ikut terkena dampak khususnya terhadap perubahan suhu.

3. Hujan asam

Gas berbahaya seperti Nitrogen Oksida dan Sulfur Oksida dilepaskan ke atmosfer selama pembakaran bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batu bara. Saat hujan, tetesan air bergabung dengan polutan udara ini menjadi asam dan kemudian jatuh ke tanah dalam bentuk hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan kerusakan besar pada manusia, hewan dan tanaman.

4. Eutrofikasi

Eutrofikasi adalah kondisi di mana sejumlah besar nitrogen dalam beberapa polutan bahan kimia berkembang di permukaan laut. Akibatnya, muncul ganggang yang berdampak buruk pada spesies ikan, tanaman dan hewan.

5. Efek negatif pada satwa liar

Sama seperti manusia, hewan juga terkena dampak buruk akibat polusi udara. Bahan kimia beracun di udara memaksa spesies satwa liar pindah ke tempat baru. Polutan beracun mengendap di atas permukaan air dan juga dapat memengaruhi hewan laut.

6. Penipisan lapisan ozon

Ozon ada di stratosfer bumi dan berfungsi melindungi manusia dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya. Lapisan ozon yang menipis berakibat tembusnya sinar UV ke bumi dan menyebabkan masalah kulit dan mata.

0

Roboguru

Bagaimana dampak polusi udara pada sistem pernapasan?

Pembahasan Soal:

Pencemaran udara dapat terjadi karena gas buangan asap kendaran, asap dan partikel hasil pembakaran sampah, hingga kebakaran hutan. Dampak yang ditimbulkan antara lain:

  1. Menurunnya kadar oksigen dalam tubuh hingga kerusakan saluran pernapasan, seperti asma.
  2. Terhirupnya zat karsinogenik seperti timbal pada asap kendaran bermotor berisiko menimbukan kanker.
  3. Particulate matter (PM) atau kumpulan partikel padat atau cair yang ditemukan di udaraspacejika dihirup terus menerus dapat berisiko menimbulkan bronkitis.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved