Roboguru

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya kepunahan spesies?

Pertanyaan

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya kepunahan spesies?

  1. . . . 

  2. . . .

Pembahasan Soal:

Pemanasan global (global warming) adalah suatu bentuk ketidakseimbangan ekosistem di bumi akibat terjadinya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan di bumi. Pemanasan global diperkirakan telah menyebabkan perubahan-perubahan sistem terhadap ekosistem di bumi, antara lain; perubahan iklim yang ekstrim, mencairnya es sehingga permukaan air laut naik, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Adanya perubahan sistem dalam ekosistem ini telah memberi dampak pada kehidupan di bumi seperti terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser dan punahnya berbagai jenis hewan (fauna) dan tumbuhan (flora).

Punahnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan dikarenakan hewan dan tumbuhan memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembaban, kadar air dan sumber makanan. Kenaikan suhu global menyebabkan terganggunya siklus air, kelembaban udara dan berdampak pada pertumbuhan tumbuhan sehingga menghambat laju produktivitas primer. Kondisi ini pun memberikan pengaruh terhadap terganggunya habitat dan kehidupan hewan yang dapat mengakibatkan kepunahan hewan. 

Jadi, pemanasan global dapat menyebabkan terjadinya kepunahan spesies karena spesies memiliki batas toleransi terhadap suhu, kelembaban, kadar air dan sumber makanan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Rachmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Pemanasan global yang melanda bumi menjadikan suhu atmosfer bumi semakin panas berakibat pada perubahan iklim di bumi. Perubahan iklim ini menyebabkan dampak berikut:

  1. Beberapa spesies akan punah karena tidak dapat menyesuaikan diri, terutama spesies yang mempunyai kisaran toleransi yang rendah terhadap fluktuasi suhu.
  2. Banyaknya perubahan siklus hidup beberapa hama dan penyakit, sehingga akan terjadi wabah penyakit mengakibatkan kepunahan.
  3. Habitat menjadi rusak seperti pada mencairnya es di kutub dapat mengakibatkan terganggunya hidup beruang kutub, pinguin dan beberapa mikroorganisme tertentu.undefined 
Roboguru

Perhatikan dampak pemanasan global berikut! cuaca sulit diprediksi pemutihan terumbu karang peningkatan suhu rata-rata air angin puting beliung, banjir, dan kekeringan   Ekosistem laut akan me...

Pembahasan Soal:

Ekosistem laut akan berubah jika terjadi peningkatan suhu rata-rata air laut dan berdampak pada pemutihan karang. Pemutihan karang disebabkan oleh alga yang bersimbiosis dengan terumbu karang mengalami gangguan, sehingga alga-alga tersebut pergi meninggalkan karang. Gangguan yang diberikan pada alga diantaranya berupa perubahan suhu air laut. Alga yang pergi dari karang akan menyebabkan karang memutih dan berakhir pada kematian terumbu karang. Padahal karang merupakan komponen ekosistem yang berperan sangat penting dalam pelestarian laut. Karang akan berfungsi sebagai penahan gelombang, tempat berpijah ikan, penghasil oksigen, produsen, dan sebagainya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Meningkatnya suhu bumi secara drastis mengakibatkan daratan menjadi lebih panas daripada lautan. Peristiwa yang terjadi pada hewan-hewan migrasi akibat perubahan suhu tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Meningkatnya suhu bumi berdampak kepada seluruh makhluk hidup yang ada, seperti halnya pada hewan. Hewan secara alami mencari tempat tinggal yang nyaman untuk hidupnya. Jika wilayah mereka sudah tidak nyaman untuk ditinggali karena meningkatnya suhu bumi, maka hewan-hewan tersebut akan pindah ke tempat yang lebih dinigin atau yang lebih nyaman. Seperti halnya ikan yang merupakan hewan berdarah dingin. Jika peningkatan suhu bumi berdampak pada meningkatnya suhu air laut maka ikan-ikan akan mencari tempat yang lebih dingin agar membuat fungsi tubuhnya berjalan dengan normal.space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

Roboguru

Gas-gas pencemar udara menimbulkan pemanasan global                                       Sebab Pemanasan global dapat menyebabkan kenaikan permukaan air laut Tentukan pilihan yang tepat mengenai d...

Pembahasan Soal:

Pemanasan global dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang tidak lain berasal dari aktivitas manusia. Mulai dari aktivitas pembakaran bahan bakar fosil industri maupun transportasi, tindakan penggundulan hutan, serta aktivitas pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Beberapa aktivitas manusia ini ternyata menghasilkan emisi karbon. Senyawa karbon ini tidak lain adalah gas karbondioksida (CO2), gas metana (CH4), dan gas dinitrogen oksida (N2O). Gas karbon ini yang menyebabkan udara di lingkungan menjadi tercemar dan emisi dari zat karbon inilah yang menyebabkan efek rumah kaca. 

Jadi pernyataan yang menyatakan gas-gas pencemar udara menimbulkan pemanasan global adalah benar

Beberapa dampak yang terjadi karena adanya pemanasan global secara tidak langsung akan memberikan pengaruh ke berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Mulai dari naiknya permukaan air laut, terjadinya berbagai peristiwa cuaca ekstrem, hingga meningkatnya suhu dan keasaman air laut.

Alasan yang menyatakan pemanasan global dapat menyebabkan kenaikan permukaan air laut adalah benar

Dengan demikian pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya tidak mempunyai hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan akibat pemanasan global: gempa bumi dan gunung meletus menurunkan permukaan air laut es di kutub semakin menebal iklim dan cuaca berubah  Dampak yang...

Pembahasan Soal:

Pemanasan global yang disebabkan oleh efek rumah kaca dapat menimbulkan berbagai permasalahan, diantaranya:

  • Dapat menyebabkan perubahan cuaca dan iklim,
  • Menyebabkan kenaikan permukaan air laut karena mencairnya es,
  • Memengaruhi keseimbangan ekosistem, baik ekosistem laut dan darat
  • Menurunkan produktivitas pertanian sebagai dampak iklim, serta
  • Dapat mempengaruhi kesehatan manusiaundefined 

Berdasarkan informasi tersebut, maka iklim dan cuaca berubah merupakan jawaban yang tepat. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved