Roboguru

Mengapa para pejuang yang berada di kota Bandung m...

Mengapa para pejuang yang berada di kota Bandung membumihanguskan kota Bandung dan meninggalkan Bandung dalam keadaan rusak parah?

Jawaban:

Pasukan Brigade Mac Donald tiba di Bandung ketika pejuang sedang merebut seluruh senjata dari tentara Jepang. Hubungan pemerintah Indonesia dan tentara sekutu pada saat itu juga tidak baik sehingga sekutu mengeluarkan ultimatum untuk semua rakyat termasuk TKR dan polisi agar menyerahkan senjata yang didapat dari Belanda pada sekutu meski mereka baru datang dan langsung memberi perintah untuk menyerahkan senjata hasil pelucutan dari tentara Jepang. Tuntutan tersebut dipertegas lewat ultimatum yang disampaikan sekutu. Dalam ultimatum tersebut dikatakan jika senjata hasil rampasan dari tentara Jepang harus diserahkan pada mereka. Sekutu juga memberikan perintah pada masyarakat Indonesia untuk keluar dari Bandung maksimal pada tanggal 29 November 1945 dengan alasan untuk keamanan rakyat. Sebelum peristiwa tersebut, sudah terjadi bentrokan senjata tentara Inggris dengan TKR pada malam hari tanggal 21 November 1945. TKR adalah bagian dari badan perjuangan rakyat yang kemudian melakukan penyerangan di beberapa markas Inggris di Bandung utara seperti Hotel Homann dan juga Hotel Preanger yang dipakai musuh sebagai markas sehingga memicu serangan. Tiga hari sesudah penyerangan oleh pejuang, Mac Donald mengeluarkan ultimatum pada Gubernur Jawa Barat yang berisi agar Bandung Utara segera dikosongkan termasuk juga oleh polisi dan tentara namun tidak ditanggapi oleh rakyat dan akhirnya memicu pertempuran sekutu dengan pejuang tanggal 16 Desember 1945. 

Dalam kondisi tersebut, sekutu kemudian membagi Bandung menjadi dua yakni Bandung Utara dan Bandung Selatan. Sekutu lalu memerintahkan rakyat untuk segera mengosongkan Bandung Utara yang semakin membuat kondisi Kota Bandung semakin mencekam.Banyak orang yang mulai panik dan bahkan pejuang juga bingung untuk mengikuti perintah yang berbeda beda dari Jakarta dan Yogyakarta. Sampai akhirnya, pejuang Indonesia membuat keputusan untuk menyerang secara besar besaran pada tentara sekutu tanggal 24 Maret 1946. Pejuang Indonesia kemudian menyerang pos pos sekutu dan melakukan pembakaran seluruh rumah beserta harta yang ada didalamnya di Bandung Utara. Sesudah berhasil membakar dan menghanguskan Bandung Utara, seluruh rakyat kemudian berbondong bondong pergi meninggalkan Bandung. Peristiwa pembakaran ini dilakukan sekitar 200 ribu orang dalam waktu 7 jam yang kemudian membuat Bandung dipenuhi dengan kobaran api seperti Lautan Api sehingga peristiwa ini dikenal dengan sebutan Peristiwa Bandung Lautan Api. 

Ada beberapa alasan yang menyebabkan pejuang lebih memilih membakar Kota Bandung kemudian pergi meninggalkan kota tersebut. Ini semua dilakukan untuk mencegah sekutu memanfaatkan Bandung sebagai markas militer. Rencana pembakaran kota Bandung tersebut dinamakan dengan operasi Bumi Hangus lewat musyawarah Madjelis Persatoean Perdjoangan Priangan. Dari hasil musyawarah tersebut adalah pengambilan keputusan untuk membumihanguskan Kota Bandung.vMusyawarah dilakukan di hadapan seluruh elemen perjuangan kemerdekaan Indonesia tanggal 23 Maret 1946. Dalam musyawara tersebut juga didapat kesepakatan jika Kolonel Abdul Harus Nasution menjabat sebagai Komandan Divisi III TRI. Ia kemudian memerintahkan rakyat Bandung untuk mengosongkan kota Bandung yang membuat semua massyarakat mulai berbondong bondong keluar dari tempat tinggalnya.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah untuk mencegah sekutu memanfaatkan Bandung sebagai markas militer.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved