Roboguru

Mengapa pada bulan Oktober sampai Maret di Indonesia mengalami musim hujan?

Pertanyaan

Mengapa pada bulan Oktober sampai Maret di Indonesia mengalami musim hujan?undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia berada di lintang tropis. Angin yang memengaruhi iklim di lintang tersebut adalah angin musim, yaitu angin regional yang bertiup di daerah tropis tetapi terbatas pada letak astronomis tertentu saja dan Indonesia berada di dalam cakupan wilayahnya. Angin musim atau angin monsun adalah angin yang berganti arah setiap setengah tahun sekali, yaitu monsun barat dan monsun timur.

Pada periode Oktober sampai Maret berhembus angin monsun barat, matahari berada di belahan bumi selatan, Benua Australia mengalami pemanasan maksimal dibanding Benua Asia. Akibatnya, tekanan udara di Benua Australia rendah, sedangkan tekanan udara di benua Asia lebih tinggi. Oleh karena itu, angin bertiup dari Benua Asia menuju Benua Australia. Angin ini melalui wilayah lautan yang luas dan membawa banyak uap air sehingga pada periode ini wilayah Indonesia mengalami musim penghujan.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

​​​​​Perhatikan nama-nama daerah berikut ini! Jawa Tengah Kalimantan Barat Nusa Tenggara Timur Riau Sulawesi Utara Kalimantan Utara  Daerah-daerah yang memiliki tipe pola hujan monsunal ditu...

Pembahasan Soal:

Perhatikan peta berikut ini!

 

sumber: BMKG

Peta tersebut menunjukkan pola persebaran curah hujan di Indonesia. Berdasarkan peta tersebut, wilayah yang memiliki pola curah hujan monsunal disimbolkan dengan warna kuning. Beberapa wilayah dengan curah hujan monsunal adalah Riau, Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Pulau Jawa, Kepulauan Nusa Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan lain-lain.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Arah angin pada peta yang berlangsung pada bulan Oktober sampai April, mengakibatkan musim penghujan di wilayah......

Pembahasan Soal:

Daerah yang mengalami musim hujan sesuai dengan arah angin yakni Munson Barat pada periode Oktober-April adalah Sumatera dan Kalimantan. Angin Munson seperti yang terlihat pada gambar bergerak dari arah utara Indonesia (Benua Asia) dengan karakter membawa banyak uap air. Pada wilayah-wilayah yang dilewati angin secara langsung akan berdampak pada adanya musim hujan pada wilayah-wilayah tersebut. Sehingga wilayah yang mengalami musim hujan adalah A. Sumatera dan Kalimantan.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia yang mengalami musim hujan sesuai arah angin (April-Oktober) seperti gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar yang ada pada soal menunjukkan gambar angin muson Timur. Angin muson Timur bertiup pada bulan April – Oktober dari Benua Australia menuju ke Benua Asia. Pada saat angin muson Timur bertiup, maka di Indonesia mengalami musim kemarau. Tetapi ada beberapa wilayah yang mengalami musim hujan yaitu Nusa Tenggara dan Bali.

Wilayah tersebut mengalami musim hujan karena hujan jatuh dekat dengan arah datang tiupan angin muson, sehingga air hujan dibawa oleh angin yang bertiup sampai ke daerah tersebut.

0

Roboguru

Daerah yang mengalami musim kemarau sesuai peta mata arah angin seperti gambar adalah ...

Pembahasan Soal:

Angin Muson Barat Bertiup pada  bulan Oktober sampai April, yaitu pada saat posisi semu matahari di berada  belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah  Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Pada perjalan dari Asia ke Australia Angin melewati samudra Hindia sehingga angin tersebut mengandung banyak uap air yang menyebabkan pada bulan Oktober sampai bulan April di Indonesia bagian barat terjadi musim hujan.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia yang mengalami musim penghujan sesuai arah angin (Oktober-April) pada peta di ...

Pembahasan Soal:

Angin Muson Barat Bertiup pada  bulan Oktober sampai April ,yaitu pada saat posisi semu matahari di berada  belahan bumi selatan. Posisi inilah yang menyebabkan tekanan udara yang tinggi di Asia dan tekanan udara yang rendah di wilayah  Australia membuat angin bertiup dari benua Asia ke benua Australia. Pada perjalan dari Asia ke Australia Angin melewati samudra Hindia sehingga angin tersebut mengandung banyak uap air yang menyebabkan pada bulan Oktober sampai bulan Maret di Indonesia terjadi musim hujan. Karena angin bertiup dari barat maka wilayah yang pertama kali hujan adalah di Sumatra dan Kalimantan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved