Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa organisasi Indische Partij merupakan pergerakan nasional yang cukup meresahkan pemerintah Belanda?

Mengapa organisasi Indische Partij merupakan pergerakan nasional yang cukup meresahkan pemerintah Belanda? space space

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang cukup meresahkan bagi pemerintah kolonial karena aktivitas serta tulisan-tulisannya yang berupa kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda.

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang cukup meresahkan bagi pemerintah kolonial karena aktivitas serta tulisan-tulisannya yang berupa kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang dibentuk pada 25 Desember 1912 oleh tiga serangkai, yakni E.F.E. Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hadjar Dewantara). Tujuan pendirian Indische Partij adalah untuk mempersatukan semua Indiers sebagai persiapan menuju kehidupan bangsa yang merdeka. Cita-cita Indische Partij tersebut selanjutnya disebarluaskan melalui media surat kabar De Express. Pengurus Indische Partiij dalam perkembangannya banyak melakukan kritikan terhadap sejumlah kebijakan pemerintah kolonial dengan menulis artikel di sejumlah surat kabar atau majalah. Salah satu kritikan terhadap kebijakan pemerintah kolonial dilakukan oleh Ki Hajar Dewantaradengan menulis artikel berjudul " Als ik eens Nederlanderwas " (Seandainya aku seorang Belanda). Artikel tersebut berisi sindiran terhadap pemerintah Hindia Belanda yang mengajak bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan Belanda yang ke-100. Karena kegiatan-kegiatan dan tulisan Indische Partij dianggap merugikan pemerintah, pada bulan Agustus 1913, pemerintah Belanda menangkap ketiga pemimpin Indische Partij. Dengan demikian, Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang cukup meresahkan bagi pemerintah kolonial karena aktivitas serta tulisan-tulisannya yang berupa kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda.

Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang dibentuk pada 25 Desember 1912 oleh tiga serangkai, yakni E.F.E. Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hadjar Dewantara). Tujuan pendirian Indische Partij adalah untuk mempersatukan semua Indiers sebagai persiapan menuju kehidupan bangsa yang merdeka. Cita-cita Indische Partij tersebut selanjutnya disebarluaskan melalui media surat kabar De Express. Pengurus Indische Partiij dalam perkembangannya banyak melakukan kritikan terhadap sejumlah kebijakan pemerintah kolonial dengan menulis artikel di sejumlah surat kabar atau majalah. Salah satu kritikan terhadap kebijakan pemerintah kolonial dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara dengan menulis artikel berjudul "Als ik eens Nederlander was" (Seandainya aku seorang Belanda). Artikel tersebut berisi sindiran terhadap pemerintah Hindia Belanda yang mengajak bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan Belanda yang ke-100. Karena kegiatan-kegiatan dan tulisan Indische Partij dianggap merugikan pemerintah, pada bulan Agustus 1913, pemerintah Belanda menangkap ketiga pemimpin Indische Partij. 

Dengan demikian, Indische Partij merupakan organisasi pergerakan nasional yang cukup meresahkan bagi pemerintah kolonial karena aktivitas serta tulisan-tulisannya yang berupa kritik terhadap pemerintah Hindia Belanda.

519

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan peta berikut! Salah satu tokoh Indische Partij yaitu Suwardi Suryaningrat diasingkan ke lokasi yang ditunjukkan oleh angka....

354

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia