Roboguru

Mengapa orang-orang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tidak dapat dikategorikan sebagai kemiskinan absolut?

Pertanyaan

Mengapa orang-orang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tidak dapat dikategorikan sebagai kemiskinan absolut?

Pembahasan Soal:

Kemiskinan adalah kondisi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan secara absolut ditentukan berdasarkan ketidakmampuan untuk mencukupi kebutuhan pokok minimum seperti pangan, sandang, kesehatan, perumahan dan pendidikan yang diperlukan untuk bisa hidup dan bekerja. Kebutuhan pokok minimum diterjemahkan sebagai ukuran finansial dalam bentuk uang.

Berdasarkan pengertian di atas, kemiskinan absolut adalah kondisi dimana untuk mencukupi kebutuhan pokok (primer) saja tidak bisa, sedangkan yang ditanyakan adalah orang-orang yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, yang artinya kebutuhan tersier pun masuk di dalamnya. Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau meningkatkan harga diri, prestise atau gengsi.

Oleh karena itu, orang-orang yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, tidak dapat dikategorikan sebagai kemiskinan absolut.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tahun 2011, Bank Dunia telah menetapkan nih bahwa seseorang dapat dikatakan miskin ketika pendapatannya di bawah $1,90 per hari, di mana $1.90/hari tersebut sama dengan Rp 27.445,28/hari (kurs do...

Pembahasan Soal:

BPS menjelaskan bahwa penduduk miskin adalah penduduk dengan kategori pengeluaran per kapita per bulan di bawah bentuk kemiskinan yang dialami seseorang ketika pendapatannya di bawah garis kemiskinan atau standar kebutuhan hidup minimum, dapat kita sebut sebagai kemiskinan absolut. kemiskinan absolut dapat mengacu pada standar garis kemiskinan nasional maupun standar yang ditetapkan Bank Dunia. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami kemiskinan absolut, maka dirinya sulit untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, perumahan, dan pendidikan yang diperlukan untuk bisa hidup dan bekerja 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Tuliskan bentuk - bentuk kemiskinan yang sekaligus juga faktor kemiskinan !

Pembahasan Soal:

Poin ini yang ditanyakan adalah bentuk dan faktor dari kemiskinan, Adapun bentuk - bentuk kemiskinan yaitu sebagai berikut :

  1. Kemiskinan natural, yaitu keadaan miskin dari awal sudah miskin. Menurut Baswir, kemiskinan natural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh faktor-faktor alamiah, seperti cacat, sakit, usia lanjut, atau akibat bencana alam.
  2. Kemiskinan kultural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh gaya hidup, kebiasaan hidup, dan budaya ketika masyarakat merasa hidup berkecukupan dan tidak merasa kekurangan. Menurut Baswir, seorang miskin karena faktor budaya, seperti malas, boros, dan tidak disiplin.
  3. Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh faktor - faktor buatan manusia, seperti kebijakan ekonomi yang tidak adil, distribusi produksi yang tidak merata, dan korupsi yang cenderung menguntungkan kelompok masyarakat tertentu.
  • Faktor - faktor penyebab kemiskinan sebagai berikut :
  1. Faktor pribadi, seperti penyakit dan kemiskinan, penyakit mental, kecelakaan, buta huruf, kemalasan, pemborosan, dan demoralisasi.
  2. Faktor geografis, seperti iklim dan cuaca yang kurang baik, tidak adanya sumber daya alam yang memadai, dan bencana alam.
  3. Faktor ekonomi, seperti sebab-sebab pertanian, distribusi kekayaan yang tidak merata, depresi ekonomi, pengangguran, dan penimbunan kekayaan yang tidak produktif.
  4. Faktor sosial, seperti sistem pendidikan yang kurang baik, perumahan, dan salah kelola rumah tangga.space space

1

Roboguru

Pada tahun 2011, Bank Dunia telah menetapkan bahwa seseorang dapat dikatakan miskin ketika pendapatannya di bawah $1,90 per hari, di mana $1,90/hari tersebut sama dengan Rp27.445,28/hari (kurs dolar R...

Pembahasan Soal:

BPS menjelaskan bahwa penduduk yang kategori pengeluaran per kapita per bulan di bawah garis kemiskinan atau standar kebutuhan hidup minimum dapat disebut sebagai bentuk kemiskinan absolut. Kemiskinan absolut dapat mengacu pada standar garis kemiskinan nasional maupun standar yang ditetapkan Bank Dunia. Oleh karena itu, ketika seseorang mengalami kemiskinan absolut, dirinya sulit untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, perumahan, dan pendidikan yang diperlukan untuk bisa hidup dan bekerja. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kurangnya sumber daya yang diperlukan untuk kesejahteraan seperti makanan, air, perumahan, sanitasi, pendidikan, dan perawatan kesehatan adalah penyebab dari kemiskinan ....

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan faktor penyebab kemiskinan. Kemiskinan secara absolut ditentukan berdasarkan ketidakmampuan untuk mencukupi kebutuhan pokok minimum seperti pangan, sandang, kesehatan, perumahan dan pendidikan yang diperlukan untuk hidup dan bekerja. Kebutuhan pokok minimum diterjemahkan sebagai ukuran finansial dalam bentuk uang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Ketika individu atau keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan minimum untuk makanan dan tempat tinggal dapat dikategorikan sebagai kemiskinan . . ..

Pembahasan Soal:

Pengangguran dapat dikelompokkan menjadi beberapa jika dilihat berdasarkan sifat atau penyebab mengapa dia bisa menganggur, berikut ini adalah pengelompokkannya.

Pengangguran berdasarkan penyebabnya. 

  1. Pengangguran Struktural/absolut : Perkembangan ekonomi dan kebutuhan manusia biasanya diikuti oleh perubahan struktur serta corak ekonomi. Biasanya perubahan ini memerlukan keterampilan-keterampilan baru untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Pengangguran jenis ini terjadi ketika para tenaga kerja tidak dapat mengikuti keterampilan yang diminta karena adanya perubahan struktur ekonomi. Karena itu disebut dengan pengangguran struktural.
  2. Pengangguran Konjungtur: Pengangguran konjungtur adalah pengangguran yang terkena dampak perubahan dalam perekonomian, utamanya adalah dampak dari permintaan-penawaran terhadap suatu barang. Mereka adalah pekerja yang harus dikurangi pada saat produksi menurun karena berkurangnya permintaan, hal ini dilakukan untuk mencegah kerugian yang lebih besar.
  3. Pengangguran Friksional: Pengangguran ini terjadi karena adanya sebuah kesulitan, yaitu mempertemukan pencari kerja dengan lowongan pekerjaan. Hal ini terjadi karena banyak hal, tetapi biasanya letak geografis dan kekurangan informasi menjadi penyebab utamanya. Selain itu, pencari kerja yang berhenti karena mencari kesempatan yang lebih baik juga termasuk dalam golongan ini.
  4. Pengangguran Musiman: Pengangguran ini terjadi karena adanya perubahan musim. Misalnya petani, mereka hanya akan bekerja pada saat musim tanam dan musim panen, tetapi setelah itu mereka akan menganggur, inilah yang disebut pengangguran musiman.
  5. Pengangguran Teknologi: Pengangguran ini terjadi karena bidang-bidang produksi yang dulunya dikerjakan dengan tenaga manusia, sekarang bisa menjadi lebih mudah jika dikerjakan dengan teknologi. Hal inilah yang membuat posisi manusia tergusur dan digantikan oleh mesin.
  6. Pengangguran Voluntary: Pengangguran ini agak lucu sebenarnya, golongan ini adalah orang-orang yang menganggur dengan sukarela, mereka sebenarnya bisa mendapatkan kerja, tetapi tidak mau/sukarela tidak bekerja. Biasanya hal ini terjadi karena orang tersebut dapat warisan atau faktor lain yang menyebabkan dia tidak perlu bekerja (kaya mendadak).

Jadi, jawabannya adalah C absolut 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved