Roboguru

Mengapa manusia bertambah tua?

Pertanyaan

Mengapa manusia bertambah tua?undefined

Pembahasan Soal:

Manusia menjadi bertambah tua karena manusia mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan seperti halnya makhluk hidup lain. Tahap tersebut dimulai dari bayi-anak-anak-remaja-dewasa-lanjut usia atau tua. Pada masa tua, tubuh mulai mengalami penurunan kemampuan fungsional sel, pemakaian dan kelebihan usaha dan stress menyebabkan sel-sel tubuh lelah. Rata-rata sel otot jantung dan susunan sel saraf pada orang lanjut usia fungsinya mengalami gangguan karena adanya pigmen lipofuchine. Pengumpulan dari pigmen atau lemak dalam tubuh yang disebut teori akumulasi dari produk sisa.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh faktor dibawah ini, kecuali....

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada manusia diantaranya ada faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri, diataranya gen dan hormon. Sedangkan, faktor eksternal diantaranya nutrisi dan aktivitas fisik. Jadi, hari kelahiran bukan merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.
 

0

Roboguru

Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak masa...

Pembahasan Soal:

Pertumbuhan artinya bertambahnya ukuran berat badan dan tinggi badan. Pertumbuhan manusia terjadi sejak dalam masa kandungan hingga dewasa. Pertumbuhan dapat diukur (bersifat kuantitatif), misalnya saat bayi 65 cm setelah berumur 3 tahun menjadi 185 cm. Pertumbuhan manusia akan berhenti saat dewasa. Pertumbuhan manusia dipengaruhi oleh faktor makanan, kebiasaan berolahraga serta gen dari orangtua. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih, sehar, dan bergizi.

Sedangkan perkembangan adalah perubahan kecakapan, kematangan fisik, emosi dan pikiran menuju dewasa. Pertumbuhan manusia akan berhenti saat dewasa, namun perkembangan emosi dan pikiran manusia akan terus berkembang. Perkembangan tidak bisa diukur (bersifat kualitatif).

Jadi, Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak masa dari dalam kandungan yaitu sejak usia janin hingga lahir dan menjadi dewasa. 

0

Roboguru

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan berikut yang merupakan faktor internal adalah …

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan  dapat dibedakan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri atas gen dan hormon. Gen merupakan substansi pembawa sifat yang diturunkan dari induk ke generasi selanjutnya. Hormon merupakan zat yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Ciri-ciri pertumbuhan sekunder pria yang terjadi pada masa pubertas adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada fase pubertas remaja putra akan mengalami perubahan sekunder yang ditandai dengan perubahan fisik, seperti tumbuhnya jakun, tumbuhnya rambut-rambut halus di sekitar kemaluan, dada, dan ketiak, serta mulai tumbuhnya jenggot, kumis, atau jambang. Sedangkan saat mengalami perubahan primer, remaja putra akan mengalami perubahan hormon, khususnya hormon seksual seperti testosteron, dan perkembangan fungsi alat reproduksi yang memungkinkannya untuk mampu bereproduksi.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas munculnya bagian yang ditandai X tersebut menunjukkan bahwa tumbuhan memiliki ciri....

Pembahasan Soal:

Huruf X pada soal merujuk kepada munculnya mahkota bunga. Munculnya mahkota bunga ini menandai bahwa tumbuhan memiliki ciri tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan adalah proses kenaikan massa, tinggi dan volume pada tumbuhan, sedangkan perkembangan adalah proses menuju tercapainya kedewasaan atau tingkat yang lebih sempurna. Tumbuhan pada awalnya hanya memiliki tiga organ utama yaitu akar, batang, dan daun. Namun, seiring pertumbuhan dan perkembangan, tumbuhan akan memiliki bunga dan beberapa bagian lainnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved