Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa larutan suatu garam ada yang bersifat asam, basa, atau netral? Jelaskan!

Mengapa larutan suatu garam ada yang bersifat asam, basa, atau netral? Jelaskan!space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Garam dapat bersifat asam, basa, atau netral bergantung pada jenis asam-basa penyusunnya. Reaksi asam-basa pada umumnya akan menghasilkan garam dan air. Sifat garam bergantung pada jenis asam-basa penyusunnya. Sifat asam-basa garam berkaitan dengan reaksi ion-ion penyusunnya dengan air yang disebut dengan reaksi hidrolisis garam. 1. Garam netral Garam netral terbuat dari campuran asam kuat dan basa kuat (garam yang tidak terhidrolisis) , atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total) , dengan syarat K a ​ = K b ​ . Larutan garam netral memiliki pH = 7. 2. Garam asam Garam asam terbuat dari campuran asam kuat dan basa lemah (garam terhidrolisis sebagian) , atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total), dengan syarat K a ​ > K b ​ . Larutan garam asam memiliki pH < 7. 3. Garam basa Garam basa terbuat dari campuran asam lemah dan basa kuat (garam terhidrolisis sebagian) , atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total), dengan syarat K a ​ < K b ​ . Larutan garam basa memiliki pH > 7.

Garam dapat bersifat asam, basa, atau netral bergantung pada jenis asam-basa penyusunnya.

Reaksi asam-basa pada umumnya akan menghasilkan garam dan air. Sifat garam bergantung pada jenis asam-basa penyusunnya. Sifat asam-basa garam berkaitan dengan reaksi ion-ion penyusunnya dengan air yang disebut dengan reaksi hidrolisis garam.

1. Garam netral

Garam netral terbuat dari campuran asam kuat dan basa kuat (garam yang tidak terhidrolisis), atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total), dengan syarat . Larutan garam netral memiliki pH = 7.

2. Garam asam

Garam asam terbuat dari campuran asam kuat dan basa lemah (garam terhidrolisis sebagian), atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total), dengan syarat . Larutan garam asam memiliki pH < 7.

3. Garam basa

Garam basa terbuat dari campuran asam lemah dan basa kuat (garam terhidrolisis sebagian), atau campuran asam lemah dan basa lemah (garam terhidrolisis total), dengan syarat . Larutan garam basa memiliki pH > 7.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

297

rini prihestiyani

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini adalah data hasil pengujian beberapa garam yang dilakukan oleh seorang peserta didik dalam suatu praktikum tentang sifat hidrolisis garam Data yang benar adalah data nomor...

15

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia