Roboguru

Mengapa Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi?

Pertanyaan

Mengapa Laksamana Maeda mengijinkan rumahnya dipergunakan sebagai tempat perumusan teks proklamasi?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Rumah perwira tinggi Angkatan Laut Jepang di Indonesia, Laksamana Tadashi Maeda, yang berada di Jalan Meiji Dori (sekarang Jalan Imam Bonjol Nomor 1), Jakarta Pusat, dipilih sebagai lokasi perumusan naskah teks proklamasi pada dini hari, 17 Agustus 1945. Kisahnya, tokoh pergerakan saat itu, Achmad Soebardjo, memiliki kedekatan dengan Laksamana Maeda. Kedekatan ini membuat Maeda lebih lunak terhadap keinginan Indonesia untuk merdeka. Soebardjo diketahui aktif di organisasi Jong Java dan Persatuan Mahassiwa Indonesia saat di Belanda. Pada masa pergerakan, ia menjadi wakil Indonesia bersama Moh Hatta dalam "Liga Menentang Imperialisme dan Penindasan Penjajah" pertama di Brussels dan Jerman. Ketika kembali ke Indonesia, Soebardjo aktif menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dan kemudian Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Laksamana Maeda sudah kenal dengan Pelajar Indonesia saat menjadi Atase di Den Haag dan Berlin pada 1930. Dari sinilah komunikasinya terjalin dengan Ahmad Soebardjo dan Hatta. Setelah menjadi Atase di Den Haag dan Berlin, Maeda pindah tugas ke Indonesia, sebagai Kepala Penghubung Kaigun (Angkatan Laut Jepang). Saat itu, ia mempekerjakan Ahmad Soebardjo yang dikenalnya sejak lama di Belanda. Dalam buku Kilas Balik Revolusi karya Abu Bakar Loebis disebutkan Achmad Soebardjo menjemput Soekarno-Hatta dari Rengasdengklok setelah berhasil meyakinkan Sukarni untuk membawa kedua pemimpin tersebut ke Jakarta. Akhirnya, mereka berhenti di rumah Laksamana Maeda. Di sinilah akan dirumuskan naskah proklamasi kemerdekaan. Jatuhnya pilihan pada rumah Laksamana Maeda karena rumah tersebut punya hak imunitas terhadap Angkatan Darat Jepang sehingga kedua pemimpin itu tetap aman. Di ruang makan Laksamana Maeda dirumuskan naskah proklamasi kemerdekaan yang merupakan pemikiran tiga tokoh, yaitu Soekarno, M. Hatta, dan Achmad Soebardjo. Hatta dan Achmad Soebardjo menyampaikan pemikirannya secara lisan, sedangkan Soekarno bertindak sebagai penulis konsep naskah proklamasi tersebut. Proses penyusunan naskah ini juga disaksikan golongan muda yang diwakili oleh Sukarni, Sudiro, dan BM Diah. Sementara, dari pihak Jepang ada S. Miyoshi dan S. Nishijima. Pemilihan rumah tersebut didasarkan kepada alasan keamanan dan menghindari kecurigaan dari pihak Jepang yang kala itu sudah menyerah kalah kepada pasukan sekutu. Alasan lainnya, karena Laksamada Maeda bersimpati kepada perjuangan bangsa Indonesia sehingga dengan sukarela menyediakan tempat untuk rapat perumusan teks proklamasi.

Dengan demikian, berikut ini alasan rumah Laksamana Maeda dipilih sebagai tempat untuk menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan yaitu:

  1. Rumahnya berada diantara rengasdengklok dan Jakarta.
  2. Beliau adalah Orang Jepang yang Pro akan Kemerdekaan Indonesia.
  3. Beliau adalah seorang perwira militer Jepang dengan pangkat yang tinggi.
  4. Rumah beliau dekat dengan pangkalan PETA.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perumusan naskah proklamasi malam hari tanggal 16 Agustus 1945 bertempat di rumah kediaman Laksamana Maeda persisnya di ....

Pembahasan Soal:

Setelah pulang dari pengasingan di Rengasdengklok, Karawang malam hari tanggal 16 Agustus 1945 Soekarno Hatta didampingi oleh Achmad Soebardjo kemudian langsung menuju rumah kediaman Laksamana Maeda yang berada di Jl. Imam Bonjol No. 1 Menteng, Jakarta Pusat. Malam itu mereka berembuk merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan di ruang makan rumah Maeda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. space 

0

Roboguru

Rapat penyusunan teks proklamasi dilaksanakan di rumah Laksamana Maeda dengan pertimbangan ….

Pembahasan Soal:

Sekurang-kurangnya ada dua alasan mengapa penyusunan teks naskah proklamasi dilakukan di rumah Laksamana Maeda Tadashi di Jalan Imam Bonjol No. 1 Jakarta, yakni:

  1. Laksamana Maeda Tadashi mendukung perjuangan Indonesia untuk merdeka dari penjajahan Belanda meskipun ia adalah perwira tinggi Angkatan Laut Jepang.
  2. Laksamana Maeda bersedia menjamin keamanan bagi tokoh tokoh proklamasi Indonesia mengingat angkatan laut memiliki hak prerogatif untuk tidak dapat diganggu gugat kekuasaan wilayah militernya oleh angkatan darat. Karena alasan ini mengapa rumah Laksamana Maeda dianggap paling aman.

Jaminan keamanan oleh Laksamana Maeda Tadashi disampaikan kepada Ahmad Soebardjo yang merupakan salah satu pekerja di kantor Maeda. Saat rumusan naskan proklamasi sedang dibuat, Laksamana Maeda sebagai tuan rumah tidak mencampuri apapun dan memilih berada di lantai atas rumah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Penulisan rumusan teks proklamasi kemerdekaan berlangsung di salah satu kediaman perwira militer Jepang yang mendukung terhadap kemerdekaan Indonesia, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Setelah Soekarno-Hatta bertemu dengan Jenderal Yamamoto yang merupakan komandan militer di Jawa, Soekarno-Hatta semakin yakin bahwa Jepang telah kalah pada sekutu. Maka dari itu, pada pada dini hari tanggal 17 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta beserta anggota PPKI lainnya berkumpul di rumah Laksamana Tadashi Maeda yang merupakan seorang perwira tinggi Angkatan Laut Jepang di Indonesia. Laksamana Maeda sendiri memahami cita-cita bangsa Indonesia yang menginginkan kemerdekaan, dan terbebas dari segala macam bentuk penjajahan dan yakin bahwa bangsa Indonesia dapat merdeka tanpa bantuan dari Jepang. Pemilihan rumah Laksamana Maeda sebagai lokasi perumusan teks proklamasi juga dikarenakan kedekatan beliau dengan Ahmad Soebardjo serta Mohammad Hatta, dan jika mempertimbangkan keamanan saat itu, rumah Laksamana Maeda dianggap sebagai tempat yang paling aman untuk mengadakan pertemuan tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut!   Peran tokoh di atas dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar di atas adalah sosok Laksamana Maeda, seorang perwira tinggi Angkatan Laut  Kekaisaran Jepang di Hindia Belanda pada masa Perang Pasifik. Selama pendudukan Jepang di Indonesia, Laksama Maeda menjabat sebagai Kepala Penghubung Angkatan Laut dan Angkatan Darat Tentara Kekaisaran Jepang. Proklamasi kemerdekaan Indonesia tdak lepas dari peran dan kontribusi seorang Laksama Maeda. Peran vitalnya adalah mempersilakan kediamannya yang kini berada di Jl. Imam Bonjol No 1 Jakarta Pusat sebagai tempat penyusunan naskah proklamasi pada malam hari tanggal 16 Agustus 1945. Alhasil, tiga tokoh bangsa yaitu Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Achmad Soebardjo dengan leluasa berhasil menyusun naskah proklamasi untuk dibacakan keesokan harinya.

1

Roboguru

Tokoh yang menyarankan rumah Laksamana Maeda sebagai tempat perumusan naskah proklamasi adalah....

Pembahasan Soal:

Tokoh yang menyarankan rumah Laksamana Maeda sebagai tempat perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah Ahmad Soebardjo. Alasan dipilihnya rumah Maeda karena tempat tersebut dianggap aman dari gangguan tentara Jepang. Ahmad Soebardjo juga memiliki kedekatan hubungan dengan Laksamana Maeda yang mendukung kemerdekaan Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved