Roboguru

Mengapa kelompok antiglobalisasi dapat terbentuk? Jelaskan pendapat Anda!

Pertanyaan

Mengapa kelompok antiglobalisasi dapat terbentuk? Jelaskan pendapat Anda!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kelompok yang menentang globalisasi disebut kelompok antiglobalisasi. Kelompok ini meyakini bahwa globalisasi hanya akan mengubah pola pikir masyarakat yang berorientasi pada modal. Masyarakat terus berupaya mengeksploitasi alam dan menjadikannya sebagai objek. Orietasi utama yang dikejar adalah menghasilkan dan menjual barang demi keuntungan pribadi. Selain sumber daya alam, globalisasi berpotensi mengeksploitasi manusia. Manusia cenderung dinilai dan dihargai sebatas pekerjaan tanpa memandang hakikat manusia sebagai manusia. Fenomena tersebut dapat dilihat pada fenomena buruh pabrik, tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, dan kasus perdagangan manusia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Globalisasi merupakan proses masuknya ke ruang lingkup global. Jadi globalisasi ini terjadi akibat meluasnya pengaruh ilmu pengetahuan ataupun kebudayaan ke seluruh penjuru dunia. Dapat diilustrasikan pada era saat ini semua menjadi mudah dan juga efisien. Kemudahan berkomunikasi semakin canggih akibat perkembangan teknologi. IPTEK berkontribusi besar membuat segala aspek kehidupan semakin mudah.space space

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan globalisasi?

Pembahasan Soal:

Istilah globalisasi diambil dari kata globalize atau global yang berarti umum atau universal, atau dalam bahasa inggrisnya globalization dari kata globe yang berarti dunia atau bumi.

Dan ization (dalam inggris) yang berarti proses atau sasi yang berarti proses sehingga ketika dua kata ini digabungkan maka diperoleh arti proses mendunia atau proses sesuatu yang mendunia.

Bisa diartikan juga sebagai proses penyebaran unsur baru baik berupa gaya hidup, informasi, pemikiran, maupun teknologi secara mendunia.

Menurut Drucker, globalisasi adalah sebuah istilah menyeluruh untuk berbagai proses yang berada di jantung ekonomi global, yaitu penyebaran komunikasi global secara instan, pertumbuhan perdagangan internasional yang cepat, dan pasar uang global (pasar perusahaan global)

Oleh karena itu, disimpulkan bahwa Globalisasi adalah proses mendunianya suatu hal sebagai proses penyebaran unsur baru di dunia.

0

Roboguru

Kata globalisasi, secara etimologis berasal dari kata...

Pembahasan Soal:

Secara etimologi, globalisasi berasal dari kata globe yang berarti bola dunia. Globalisasi artinya proses mendunia atau menuju satu dunia. Globalisasi merupakan gerakan mendunia, yaitu suatu perkembangan pembentukan sistem dan nilai-nilai kehidupan yang bersifat global.

Jadi, jawabannya adalah A globespace 

0

Roboguru

Batik merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia yang eksistensinya mulai dikenal dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan batik yang mulai digunakan oleh beberapa tokoh dunia. Batik yang mulai diken...

Pembahasan Soal:

Anthony Giddens, seorang profesor sosiologi dari Amerika Serikat dalam bukunya yang berjudul The Consequences of Globalization 1991, menjelaskan globalisasi merupakan intensifikasi hubungan sosial dunia yang menghubungkan tempat-tempat jauh sehingga peristiwa di suatu tempat dapat dipengaruhi oleh peristiwa yang terjadi di tempat lain sekian kilometer jauhnya dan sebaliknya.  Contohnya seperti budaya batik Indonesia yang mampu menarik dan mempengaruhi minat di mancanegara. Salah satunya seperti Nelson Mandela yang selalu menggunakan batik Indonesia pada acara-acara dunia, dan ada juga salah satu aktor hollywood yaitu Tom Cruise yang menggunakan batik Indonesia pada salah satu filmnya.

0

Roboguru

Pembaruan yang sudah tidak tampak lagi batas-batasnya disebut ....

Pembahasan Soal:

Globalisasi adalah suatu integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia. Fenomena ini melibatkan integrasi ekonomi, budaya, kebijakan pemerintah, teknologi, ilmu pengetahuan dan gerakan politik di seluruh dunia. Ini merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan aktivitas ekonomi dan budaya. Globalisasi sendiri berarti arus global yang bersifat mendunia, tanpa dihalangi oleh batas wilayah.

Dengan demikian, Pembaruan yang sudah tidak tampak lagi batas-batasnya disebut dengan globalisasi.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved