Mengapa kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah kolonial pada masa tanam paksa di namakan "Trilogi Van De Venter" jelaskan ?

Pertanyaan

Mengapa kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah kolonial pada masa tanam paksa di namakan "Trilogi Van De Venter" jelaskan ? space space

S. Anugrah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Atma Jaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Trilogi Van Deventer merupakan suatu kebijakan politik etis yang diajukan oleh Van Deventer sebagai upaya balas budi guna menjamin kesejahteraan bangsa Indonesia dikarenakan bangsa Indonesia telah membantu meningkatkan kesejahteraan pemerintahan Belanda melalui sistem tanam paksa.

Berikut adalah isi dari Trilogi Van Deventer:

  • Irigasi (pengairan), yaitu pemerintah Belanda berusaha melakukan pembangunan maupun menjaga sistem irigasi untuk mengairi sawah-sawah milik penduduk guna membantu peningkatan kesejahteraan penduduk.
  • Edukasi (pendidikan), yaitu pemerintah Belanda menyelenggarakan pendidikan bagi masyarakat pribumi agar mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik.
  • Migrasi (perpindahan penduduk),yaitu pemerintah Belanda mengusulkan perpindahan penduduk dari daerah yang padat penduduknya, khususnya di pulau Jawa ke daerah lain yang jarang penduduknya agar kependudukan lebih merata di Indonesia.

Dinamakan sebagai Trilogi Van Deventer karena politik ini disebut sebagai politik etis atau politik balas budi. space space

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan interaksi antarruang berikut! setiap wilayah atau negara dapat mengenal dan mempelajari budaya dari daerah lain tenaga kerja asing meningkat terjadinya akulturasi budaya produktivitas...

91

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia