Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa jari-jari ion Mg 2 + lebih kecil dari jari-jari atom Mg? Jelaskan!

Mengapa jari-jari ion  lebih kecil dari jari-jari atom Mg? Jelaskan!

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke kulit terluar, sedangkan jari-jari ion adalah jarak dari inti ke elektron terluar. Kecenderungan jari-jari ion terhadap atom netralnya: Ion positif memiliki jari-jari lebih kecil dari atom netral. Hal ini disebabkan ion positif memiliki jumlah elektron yang lebih sedikit dibandingkan atom netralnya, sedangkan jumlah muatan inti tetap dalam ion maupun atom netralnya. Sehingga gaya tarik inti terhadap jumlah elektron yang sedikit (ion positif) lebih kuat dibandingkan gaya tarik terhadap jumlah elektron yang banyak (atom netralnya). Semakin kuat gaya tarik, maka jari-jarinya akan semakin pendek. Ion negatif memiliki jari-jari lebih besar dari atom netral Hal ini disebabkan ion negatif memiliki jumlah elektron yang lebih banyak dibandingkan atom netralnya, sedangkan jumlah muatan inti tetap dalam ion maupun atom netralnya. Sehingga gaya tarik inti terhadap jumlah elektron yang sedikit (atom netralnya) lebih kuat dibandingkan gaya tarik terhadap jumlah elektron yang banyak (ion negatif). Semakin kuat gaya tarik, maka jari-jarinya akan semakin pendek. Unsur Mg telah melepas 2elektron membentuk ion Mg 2 + . Sehingga jari-jari ion Mg 2 + lebih kecil dari pada jari-jari atom Mg.

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke kulit terluar, sedangkan jari-jari ion adalah jarak dari inti ke elektron terluar.

Kecenderungan jari-jari ion terhadap atom netralnya:

  1. Ion positif memiliki jari-jari lebih kecil dari atom netral. Hal ini disebabkan ion positif memiliki jumlah elektron yang lebih sedikit dibandingkan atom netralnya, sedangkan jumlah muatan inti tetap dalam ion maupun atom netralnya. Sehingga gaya tarik inti terhadap jumlah elektron yang sedikit (ion positif) lebih kuat dibandingkan gaya tarik terhadap jumlah elektron yang banyak (atom netralnya). Semakin kuat gaya tarik, maka jari-jarinya akan semakin pendek.
  2. Ion negatif memiliki jari-jari lebih besar dari atom netral
    Hal ini disebabkan ion negatif memiliki jumlah elektron yang lebih banyak dibandingkan atom netralnya, sedangkan jumlah muatan inti tetap dalam ion maupun atom netralnya. Sehingga gaya tarik inti terhadap jumlah elektron yang sedikit (atom netralnya) lebih kuat dibandingkan gaya tarik terhadap jumlah elektron yang banyak (ion negatif). Semakin kuat gaya tarik, maka jari-jarinya akan semakin pendek.

Unsur Mg telah melepas 2 elektron membentuk ion . Sehingga jari-jari ion  lebih kecil dari pada jari-jari atom Mg.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Atom atau ion berikut yang memiliki jari-jari paling kecil adalah . . . .

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia