Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa ion-ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna?

Mengapa ion-ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna?space space space

Iklan

N. Agnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna akibat perpindahan elektron ke tingkat yang lebih tinggi (eksitasi) dapat menyerap sinar tampak, dan memancarkannya ketika kembali ke keadaan dasar.

ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna akibat perpindahan elektron ke tingkat yang lebih tinggi (eksitasi) dapat menyerap sinar tampak, dan memancarkannya ketika kembali ke keadaan dasar.space space space

Iklan

Pembahasan

Unsur-unsur transisi merupakan unsur yang elektron valensinya terdapat pada orbital/subkulit d atau f . Unsur-unsur transisi memiliki tingkat energi yang hampir sama. Elektron memiliki kemampuan berpindah dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi. Perpindahan elektron akan mengabsorpsi sinar tampak. Pada golongan transisi, subkulit d atau f yang belum terisi penuh menyebabkan elektron pada subkulit itu menyerap energi cahaya, sehingga elektronnya tereksitasi dan memancarkan energi cahaya dengan warna yang sesuai dengan warna cahaya yang dapat dipantulkan pada saat kembali ke keadaan dasar. Jadi, ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna akibat perpindahan elektron ke tingkat yang lebih tinggi (eksitasi) dapat menyerap sinar tampak, dan memancarkannya ketika kembali ke keadaan dasar.

Unsur-unsur transisi merupakan unsur yang elektron valensinya terdapat pada orbital/subkulit d atau f. Unsur-unsur transisi memiliki tingkat energi yang hampir sama.

Elektron memiliki kemampuan berpindah dari tingkat yang rendah ke tingkat yang tinggi. Perpindahan elektron akan mengabsorpsi sinar tampak. 

Pada golongan transisi, subkulit d atau f yang belum terisi penuh menyebabkan elektron pada subkulit itu menyerap energi cahaya, sehingga elektronnya tereksitasi dan memancarkan energi cahaya dengan warna yang sesuai dengan warna cahaya yang dapat dipantulkan pada saat kembali ke keadaan dasar.


Jadi, ion logam transisi mempunyai berbagai macam warna akibat perpindahan elektron ke tingkat yang lebih tinggi (eksitasi) dapat menyerap sinar tampak, dan memancarkannya ketika kembali ke keadaan dasar.space space space

Latihan Bab

Logam Transisi Periode ke-4

Senyawa dan Ion Kompleks

Unsur Penting Lainnya

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini beberapa sifat unsur: (1) Titik leleh dan titik didihnya tinggi; (2) umumnya senyawanya berwarna (3) membentuk molekul diatomik; dan (4) bereaksi dengan air membentuk larutan a...

76

2.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia