Pertanyaan

Mengapa humor dalam pidato persuasif tidak boleh berlebihan? Jelaskan!

Mengapa humor dalam pidato persuasif tidak boleh berlebihan? Jelaskan!space 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

berdasarkan penjelasan tersebut, humor tidak boleh berlebihan karena akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar.

berdasarkan penjelasan tersebut, humor tidak boleh berlebihan karena akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar.space 

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Namun, ada tujuan lain dalam pidato persuasif. Selain mengajak, pidato persuasif juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi, meyakinkan, menghibur, dan menggerakkan pendengar. a. Menyampaikan Informasi kepada Pendengar Pidato persuasif dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Informasi pada pidato persuasif menguatkan argumen pembicara. Informasi disajikan agar pendengar memahami masalah yang disampaikan. Dengan demikian, mereka akan dapat memahami lebih jelas maksud tujuan utama pembicara, yakni ajakan atau imbauan. b. Meyakinkan Pendengar Pidato persuasif bertujuan meyakinkan pendengar. Pembicara menyampaikan argumen untuk meyakinkan pendengar. Agar dapat meyakinkan pendengar, isi dan penyampaian pidato harus menarik. Menarik berarti dapat memancing perhatian pendengar. Selain menarik, isi pidato tersebut harus benar. Benar berarti memuat data sesuai dengan tema dan tujuan pidato yang disampaikan. c. Menghibur Pendengar Pidato persuasif juga dapat sebagai sarana menghibur pendengar. Humor dan lelucon sederhana dapat dimasukkan dalam pidato persuasif. Namun, jangan sering-sering memasukkan humor dalam pidato persuasif. Humor yang berlebihan akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar. d. Menggerakkan Pendengar Pidato persuasif bertujuan menggerakkan pendengar. Dengan berbagai macam argumen dan ajakan, diharapkan pendengar melakukan yang dimaui pembicara. Menggerakkan pendengar merupakan tujuan akhir pidato persuasif. Jika pendengar tergerak, berarti pembicara mampu membujuk, mengajak, dan memengaruhi Iewat kata-katanya. Dengan demikian, berdasarkan penjelasan tersebut, humor tidak boleh berlebihan karena akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar.

Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan mengajak, membujuk, dan memengaruhi pendengar. lsi pidato persuasif menghadirkan berbagai macam argumen dari sudut pandang pembicara. Namun, ada tujuan lain dalam pidato persuasif. Selain mengajak, pidato persuasif juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi, meyakinkan, menghibur, dan menggerakkan pendengar.

a. Menyampaikan Informasi kepada Pendengar

Pidato persuasif dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Informasi pada pidato persuasif menguatkan argumen pembicara. Informasi disajikan agar pendengar memahami masalah yang disampaikan. Dengan demikian, mereka akan dapat memahami lebih jelas maksud tujuan utama pembicara, yakni ajakan atau imbauan.

b. Meyakinkan Pendengar

Pidato persuasif bertujuan meyakinkan pendengar. Pembicara menyampaikan argumen untuk meyakinkan pendengar. Agar dapat meyakinkan pendengar, isi dan penyampaian pidato harus menarik. Menarik berarti dapat memancing perhatian pendengar. Selain menarik, isi pidato tersebut harus benar. Benar berarti memuat data sesuai dengan tema dan tujuan pidato yang disampaikan.

c. Menghibur Pendengar

Pidato persuasif juga dapat sebagai sarana menghibur pendengar. Humor dan lelucon sederhana dapat dimasukkan dalam pidato persuasif. Namun, jangan sering-sering memasukkan humor dalam pidato persuasif. Humor yang berlebihan akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar.

d. Menggerakkan Pendengar

Pidato persuasif bertujuan menggerakkan pendengar. Dengan berbagai macam argumen dan ajakan, diharapkan pendengar melakukan yang dimaui pembicara. Menggerakkan pendengar merupakan tujuan akhir pidato persuasif. Jika pendengar tergerak, berarti pembicara mampu membujuk, mengajak, dan memengaruhi Iewat kata-katanya.

Dengan demikian, berdasarkan penjelasan tersebut, humor tidak boleh berlebihan karena akan mengalihkan tujuan awal pidato persuasif, yakni membujuk, mengajak, dan menggerakkan pendengar.space 

68

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Pidato yang baik akan memotivasi .....

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia