Pertanyaan

Mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti kita?

Mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti kita? 

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti "kita" adalah karena dengan kata tersebut diharapkan daya bujuk terhadap pembaca akan lebih kuat.

mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti "kita" adalah karena dengan kata tersebut diharapkan daya bujuk terhadap pembaca akan lebih kuat.space

Pembahasan

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis. Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks persuasi adalah kata ganti, yaitu kata yang digunakan sebagai pengganti subyek atau obyek yang berupa orang dan benda. Kata ganti memiliki fungsi untuk efisiensi dan juga efektifitas kalimat dalam wacana atau paragraf. Dengan kata ganti, maka tidak harus menuliskan nama orang atau nama benda secara terus-menerus atau berulang-ulang. Salah satu contoh kata ganti yang digunakan penulis dalam teks persuasi adalah kata "kita" dengan alasan agar pembaca lebih terbujuk serta tidak ada pembeda atau batasan antara penulis dan pembaca. Sehingga, seolah-olah kepentingan pembaca merupakan kepentingan penulis juga. Akibatnya, daya bujuknya lebih kuat. Dengan demikian, mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti "kita" adalah karena dengan kata tersebut diharapkan daya bujuk terhadap pembaca akan lebih kuat.

Teks persuasi merupakan sebuah teks yang bertujuan untuk mengajak, menyuruh, atau membujuk pembacanya melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh penulis.

Salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks persuasi adalah kata ganti, yaitu kata yang digunakan sebagai pengganti subyek atau obyek yang berupa orang dan benda. Kata ganti memiliki fungsi untuk efisiensi dan juga efektifitas kalimat dalam wacana atau paragraf. Dengan kata ganti, maka tidak harus menuliskan nama orang atau nama benda secara terus-menerus atau berulang-ulang.

Salah satu contoh kata ganti yang digunakan penulis dalam teks persuasi adalah kata "kita" dengan alasan agar pembaca lebih terbujuk serta tidak ada pembeda atau batasan antara penulis dan pembaca. Sehingga, seolah-olah kepentingan pembaca merupakan kepentingan penulis juga. Akibatnya, daya bujuknya lebih kuat.


Dengan demikian, mengapa dalam teks persuasi diperlukan kata ganti "kita" adalah karena dengan kata tersebut diharapkan daya bujuk terhadap pembaca akan lebih kuat.space

1rb+

Dede Andreas Setriyana

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️ Bantu banget Mudah dimengerti

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan kebahasaan teks persuasi!

43

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia