Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa dalam tanya jawab secara lisan, seorang pewawancara harus memperhatikan penampilan?

Mengapa dalam tanya jawab secara lisan, seorang pewawancara harus memperhatikan penampilan?space space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Poin soal menanyakan alasan dalam tanya jawab secara lisan, seorang pewawancara harus memperhatikan penampilan. Topik yang dibahas pada soal ini adalah penelitian sosial. Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut. Dalam penelitian, selalu digunakan teknik pengumpulan data yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Kesesuaian data dengan teknik bergantung pada tipe, jenis, dan kondisi penelitian. Untuk itu, peranan alat pengumpul data sangat penting karena alat ini digunakan sebagai pedoman atau pegangan selama pengumpulan data itu berlangsung. Wawancara atau interview (tanya jawab lisan) merupakan salah satu bagian yang terpenting setiap penelitian. Tanpa wawancara, peneliti akan kehilangan informasi yang hanya didapat langsung melalui wawancara dengan responden.Pewawancara merupakan kunci keberhasilan perolehan data yang diperlukan. Sikap pada waktu datang, sikap duduk, kecerahan wajah, tutur kata, keramahan, serta keseluruhan penampilan akan sangat berpengaruh terhadap isi jawaban responden. Dengan memperhatikan penampilan ketika wawancara akan meningkatkan kepercayaan responden terhadap penelitian yang dilakukan, selain itu penampilan juga menimbulkan ketertarikan dari responden sehingga mau memberikan informasi yang diperlukan.

Poin soal menanyakan alasan dalam tanya jawab secara lisan, seorang pewawancara harus memperhatikan penampilan.

Topik yang dibahas pada soal ini adalah penelitian sosial. Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan atau masalah guna mencari pemecahan terhadap masalah tersebut.

Dalam penelitian, selalu digunakan teknik pengumpulan data yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Kesesuaian data dengan teknik bergantung pada tipe, jenis, dan kondisi penelitian. Untuk itu, peranan alat pengumpul data sangat penting karena alat ini digunakan sebagai pedoman atau pegangan selama pengumpulan data itu berlangsung.

Wawancara atau interview (tanya jawab lisan) merupakan salah satu bagian yang terpenting setiap penelitian. Tanpa wawancara, peneliti akan kehilangan informasi yang hanya didapat langsung melalui wawancara dengan responden. Pewawancara merupakan kunci keberhasilan perolehan data yang diperlukan. Sikap pada waktu datang, sikap duduk, kecerahan wajah, tutur kata, keramahan, serta keseluruhan penampilan akan sangat berpengaruh terhadap isi jawaban responden. Dengan memperhatikan penampilan ketika wawancara akan meningkatkan kepercayaan responden terhadap penelitian yang dilakukan, selain itu penampilan juga menimbulkan ketertarikan dari responden sehingga mau memberikan informasi yang diperlukan.space space 

Latihan Bab

Pengantar Penelitian Kualitatif

Karakteristik Metode Penelitian Kualitatif

Strategi Penelitian Kualitatif

Teori dalam Penelitian Kualitatif

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

66

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Agar menghasilkan data sesuai dengan yang diinginkan dan tanya jawab lisan tidak keluar jalur penelitian, diperlukan adanya ….

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia