Iklan

Iklan

Pertanyaan

Mengapa bumi ini tersusun atas patahan-patahan yang membentuk lempeng?

Mengapa bumi ini tersusun atas patahan-patahan yang membentuk lempeng? 

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan mengenai bumi yang tersusun atas patahan-patahan yang membentuk lempeng erat kaitannya dengan teori perkembangan bumi, yaitu teori tektonik lempeng. Menurut teori ini, kulit bumi (kerak bumi) yang disebut litosfer terdiri dari lempengan yang mengambang di atas lapisan yang lebih padat yang disebut astenosfer. Kerak bumi menutupi seluruh permukaan bumi, namun karena adanya aliran panas dari astenosfer menyebabkan kerak bumi pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Bagian-bagian itulah yang disebut lempeng tektonik. Aliran panas itu selanjutnya menjadi sumber kekuatan terjadinya pergerakan lempeng.

Pernyataan mengenai bumi yang tersusun atas patahan-patahan yang membentuk lempeng erat kaitannya dengan teori perkembangan bumi, yaitu teori tektonik lempeng. Menurut teori ini, kulit bumi (kerak bumi) yang disebut litosfer terdiri dari lempengan yang mengambang di atas lapisan yang lebih padat yang disebut astenosfer. Kerak bumi menutupi seluruh permukaan bumi, namun karena adanya aliran panas dari astenosfer menyebabkan kerak bumi pecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Bagian-bagian itulah yang disebut lempeng tektonik. Aliran panas itu selanjutnya menjadi sumber kekuatan terjadinya pergerakan lempeng.  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pola gerakan lempeng Australia dan lempeng Eurasia yang konvergen mengakibatkan terbentuknya busur gunung api di Indonesia. Dampak fenomena tersebut bagi Indonesia adalah ..

4

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia