Roboguru

Mengapa Australia mendesak Amerika Serikat untuk membentuk pakta pertahanan di Asia Pasifik?

Pertanyaan

Mengapa Australia mendesak Amerika Serikat untuk membentuk pakta pertahanan di Asia Pasifik? 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Alasan Australia mendesak Amerika Serikat membentuk aliansi militer di kawasan Pasifik adalah untuk mengupayakan atau mencegah penyebaran paham komunis di kawasan Pasifik. Selanjutnya Amerika Serikat membentuk aliansi militer bernama ANZUZ (Australia New Zealand United States Security Treaty) yang beranggotakan Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia. Tujuan utama dalam pembentukan ANZUZ adalah mencegah penyebaran komunis di kawasan Pasifik serta menjaga militer dan keamanan di wilayah Pasifik.

Jadi, alasan Australia mendesak Amerika Serikat membentuk aliansi militer di wilayah Pasifik adalah mencegah penyebaran komunisme.space 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kapan Australia, New Zealand, United States Security Treaty (ANZUS) dibentuk?

Pembahasan Soal:

Pesatnya penyebaran ideologi komunisme di kawasan Asia Pasifik yang dilakukan oleh Tiongkok semakin memberikan kekhawatiran bagi Australia dan Selandia Baru sebagai negara demokratis liberal yang secara geografis berdekatan dengan kawasan Asia Pasifik. Inisiatif dari Australia dan Selandia Baru akhirnya mendapatkan respon positif dari Amerika Serikat. Pada 1 September 1951 di San Fransisco, Amerika Serikat akhirnya Australia, New Zealand, United States Security Treaty (ANZUS) dideklarasikan dan ditandatangani oleh masing-masing perwakilan, Australia mengirimkan perwakilannya yaitu Percy Spender, Selandia Baru diwakili oleh C.A. Berendson, dan Amerika Serikat diwakili oleh Dean Acheson, John Foster Dulles, Alexander Willey dan John J. Sparkman.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Upaya Amerika Serikat mencegah komunisme di dunia adalah dengan mengeluarkan kebijakan Containment Policy...

Pembahasan Soal:

Kebijakan Containment Policy atau dikenal sebagai politik pembendungan adalah upaya Amerika Serikat untuk mencegah upaya penyebaran komunis di dunia. Amerika Serikat membagi dunia menjadi dua, yaitu dunia yang pro terhadap komunis maupun kontra terhadap komunis. Perjanjian keamanan Anzuz adalah perjanjian keamanan militer yang beranggotakan Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. Anzuz atau di kenal sebagai Anzuz Treaty merupakan perjanjian yang awalnya dibentuk untuk mencegah ancaman komunis di kawasan Pasifik pada masa Perang Dingin. Dari pernyataan diatas, disimpulkan bahwa pernyataan dan alasan benar dan keduanya memiliki hubungan sebab-akibat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. space 

0

Roboguru

Berikut yang merupakan alasan Selandia Baru keluar dari keanggotaan Australia, New Zealand, United States Security Treaty (ANZUS) adalah .....

Pembahasan Soal:

Dalam perkembangannya, Selandia Baru kemudian mengundurkan diri sebagai anggota ANZUS. Hal ini terjadi karena penolakan Selandia baru terhadap kedatangan kapal-kapal perang Amerika Serikat yang membawa senjata nuklir di pelabuhan Selandia Baru pada tahun 1985. Namun pada tahun 2010, Selandia Baru dan Amerika Serikat pun akhirnya menandatangani Deklarasi Wellington sehingga perselisihan tersebut pun berakhir. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Jelaskan latar belakang didirikan/dibentuk organisasi global dan regional!

Pembahasan Soal:

Organisasi global adalah organisasi yang ruang lingkupnya merupakan seluruh wilayah di dunia ini. Sedangkan, organisasi regional adalah organisasi yang terletak pada satu kawasan yang sama. Negara-negara yang tergabung dalam organisasi tersebut memiliki visi misi yang sama. Beberapa contoh organisasi-organisasi baik global atau regional adalah MEE, ASEAN, ANZUS, AFTA, dan sebagainya. Dengan demikian, latar belakang dibentuknya organisasi global atau regional adalah untuk tujuan kerjasama demi tercapainya visi dan misi tertentu serta memiliki ketentuan yang disepakati setiap anggota organisasi.

0

Roboguru

Negara Selandia Baru dalam perjanjian pembentukan pakta pertahanan ANZUS, diwakili oleh ....

Pembahasan Soal:

Perjanjian keamanan antara Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat atau yang dikenal dengan perjanjian ANZUS, ditanda tangani pada tahun 1951. Dalam pembentukan perjanjuan ANZUS tersebur Selandia Baru diwakili oleh C. A. Berendsen.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved