Pertanyaan

Mengapa analisis overlay penting dalam memecahkan permasalahan spasial di bidang tata guna lahan?

Mengapa analisis overlay penting dalam memecahkan permasalahan spasial di bidang tata guna lahan?space 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem komputerisasi yang menghasilkan informasi dari proses penangkapan, memanipulasi, menganalisa, menyimpanserta menghasilkan informasi geografis berdasarkan suatu wilayah yang ada di permukaan bumi..Sistem informasi geografis terbagi menjadi beberapa proses analisis diantaraya adalah analisis overlay , analisis buffering, analisis klasifikasi (classify) , analisis networking , analisis interpolasi dan analisis tiga dimensi (3D). Analisis overlay merupakan proses menganalisis data dengan cara mengintegrasikan beberapa data (tumpang susun)menjadi data yang baru dan menghasilkan informasi baru. Ilustrasi analisis overlay dapat dilihat pada gambar berikut. Analisis overlay penting dalam memecahkan permasalahan spasial di bidang tata guna lahan karena analisis overlay menggunakan proses analisis yang saling tumpang tindih dan menghasilkan informasi baru yang lebih kompleks dan lebih lengkap, sehingga memudahkan mendapatkan informasi untuk merencanakan tata guna lahan sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tata guna lahan seperti faktor sosial, faktor fisik, faktor ekonomi, dan faktor institusi sertafungsi-fungsi wilayah di kawasan tersebut.

Sistem informasi geografis merupakan suatu sistem komputerisasi yang menghasilkan informasi dari proses penangkapan, memanipulasi, menganalisa, menyimpan serta menghasilkan informasi geografis berdasarkan suatu wilayah yang ada di permukaan bumi..Sistem informasi geografis terbagi menjadi beberapa proses analisis diantaraya adalah analisis overlay, analisis buffering, analisis klasifikasi (classify), analisis networking, analisis interpolasi dan analisis tiga dimensi (3D). 

Analisis overlay merupakan proses menganalisis data dengan cara mengintegrasikan beberapa data (tumpang susun) menjadi data yang baru dan menghasilkan informasi baru. Ilustrasi analisis overlay dapat dilihat pada gambar berikut.

Analisis overlay penting dalam memecahkan permasalahan spasial di bidang tata guna lahan karena analisis overlay menggunakan proses analisis yang saling tumpang tindih dan menghasilkan informasi baru yang lebih kompleks dan lebih lengkap, sehingga memudahkan mendapatkan informasi untuk merencanakan tata guna lahan sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tata guna lahan seperti faktor sosial, faktor fisik, faktor ekonomi, dan faktor institusi serta fungsi-fungsi wilayah di kawasan tersebut.

202

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Data keruangan pada peta persebaran barang tambang, peta penggunaan lahan, dan peta administrasi dapat diolah secara bersamaan melalui SIG. Identifikasilah informasi baru yang diperoleh berdasarkan pe...

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia