Roboguru

Menentukan lokasi industri perlu pertimbangan yang baik. Industri yang sebaiknya didirikan di daerah pemasaran, antara lain industri ....

Pertanyaan

Menentukan lokasi industri perlu pertimbangan yang baik. Industri yang sebaiknya didirikan di daerah pemasaran, antara lain industri ....space 

  1. Makanan

  2. Air minum

  3. Semen

  4. Tekstil

  5. Garmen

Pembahasan Soal:

Industri adalah suatu kegiatan manusia yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Berdasarkan pada pemilihan lokasi atau orientasi industrinya, industri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Orientasi bahan baku (supply oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan sumber bahan baku. Contohnya adalah industri semen yang memiliki berat bahan baku lebih besar dibandingkan berat barang jadi.
  2. Orientasi tenaga kerja (employee oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan lokasi tenaga kerja. Contohnya adalah industri rokok dan tekstil yang memerlukan tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
  3. Orientasi pasar (market oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan pasar. Contohnya adalah industri makanan dan minuman.

Berdasarkan pernyataan diatas yang termasuk industri berorientasi pada pasar adalah industri makanan atau minuman.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

lokasi Q sesuai gambar tepat untuk lokasi pabrik makanan dan minuman karena....

Pembahasan Soal:

Pada gambar sudah terlihat bahwa daerah Q adalah pemukiman penduduk, Oleh karena itu hal ini sangat cocok dijadikan tempat pemasaran hasil industri. Apalagi hasil industrinya berupa makanan dan minuman. Gambar yang lain hanya menunjukan kenampakan alam berupa persawahan, tegalan, hutan, dan perkebunan. Lalu apa gunanya apabila industri makanan dan minuman dibangun didaerah tersebut.

0

Roboguru

Lokasi kegiatan industri konveksi lebih tepat seperti gambar adalah di daerah ....

Pembahasan Soal:

Industri konveksi butuh tenaga kerja banyak, Oleh karena itu dalam penyebarannya biasanya industri konveksi mendekati pemukiman penduduk, demi mencari tenaga kerja, sekaligus dekat dengan daerah pemasaran dan pusat perdagangan yang banyak. Contohnya: KBN di Jakarta Utara.

0

Roboguru

Lokasi kegiatan konveksi lebih tepat seperti gambar adalah di daerah ...

Pembahasan Soal:

Mengapa jawabannya Pemukiman, karena Industri Konveksi butuh tenaga kerja banyak, oleh karena itu dalam penyebarannya biasanya industri Konveksi mendekati pemukiman penduduk, demi mencari tenaga kerja yang banyak, bukan hanya itu jika dekat dengan pemukiman semakin mendekati daerah pemasaran dan menjadikan lokasi tersebut untuk menjadi pusat perdagangan.

0

Roboguru

Salah satu ciri-ciri industri yang berorientasi pada pasar pada umumnya ….

Pembahasan Soal:

Industri adalah suatu kegiatan manusia yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Berdasarkan pada pemilihan lokasi atau orientasi industri nya, industri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Industri berorientasi bahan baku (supply oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan sumber bahan baku. Contohnya adalah industri semen yang memiliki berat bahan baku lebih besar dibandingkan berat barang jadi.
  • Industri berorientasi tenaga kerja (employee oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan lokasi tenaga kerja. Contohnya adalah industri rokok dan tekstil yang memerlukan tenaga kerja dalam jumlah yang besar.
  • Industri berorientasi pasar (market oriented industry), yaitu industri yang berlokasi dekat dengan pasar. Contohnya adalah industri makanan dan minuman.

Ciri-ciri industri berorientasi pasar antara lain: hasil produksinya mudah rusak, hasil produksinya cepat berubah, dan mementingkan sifat gengsi konsumen. Hal ini dikarenakan lokasi industri dekat dengan permukiman barangnya cenderung rusak. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Contoh industri yang berorientasi pada pasar adalah ….

Pembahasan Soal:

Industri yang berorientasi pasar (market oriented industry) adalah industri yang dibangun dengan tujuan lebih mendekatkan kepada konsumen atau pelanggan. Jarak lokasi industri dengan konsumen menjadi salah satu pertimbangan dalam membangun industri. Selain itu, kualitas barang hasil industri, yang terkait dengan mutu, model, keawetan, dan kegunaan barang berpengaruh pada banyak sedikitnya konsumen barang hasil industri tersebut. Contoh industri ini adalah industri yang sering  ditemukan di sekitar kita, seperti industri makanan dan juga minuman. Dari jawaban pilihan, industri yang mendekati untuk dikonsumsi adalah industri rokok.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved